Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Ulkus Kaki: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.723.192 orang

Apakah ulkus kaki itu?

Ulkus kaki atau borok pada kaki merupakan luka yang tidak sembuh atau luka terbuka pada kaki. Tanpa pengobatan, jenis-jenis borok ini dapat terus berulang terjadi. Ulkus kaki paling sering disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk atau mungkin disebabkan oleh berbagai macam penyakit

Ulkus pada kaki lebih sering terjadi pada wanita, meskipun kondisi ini dapat mempengaruhi pria dan wanita dari segala usia. Jika ulkus kaki dapat diobati lebih awal, maka ulkus tersebut dapat membaik tanpa menimbulkan risiko komplikasi lebih lanjut.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pada kebanyakan orang, ulkus kaki biasanya akan mudah sembuh dalam 1-2 minggu. Namun, ketika ada masalah yang menyebabkan kulit tak kunjung sembuh dan tingkat kerusakan kulit bertambah, maka kondisi tersebut biasanya disebut dengan ulkus kaki kronis.

Mengenai ulkus kaki

Gejala ulkus kaki

Gejala ulkus kaki dapat bervariasi tergantung penyebabnya. Ulkus atau borok sering kali terasa sangat nyeri, tetapi terkadang ulkus kaki juga dapat muncul tanpa ada rasa nyeri. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kerusakan saraf akibat diabetes yang tidak terkontrol. Kurangnya rasa nyeri dapat menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang mengalami ulkus kaki parah karena telat mendapatkan pengobatan medis.

Penting untuk mengkonsultasikan ke dokter jika Anda mengalami salah satu dari gejala atau tanda berikut:

  • Luka terbuka
  • Ada nanah di daerah luka
  • Rasa nyeri pada daerah luka
  • Ukuran luka yang bertambah luas
  • Pembengkakan pada kaki
  • Pembuluh darah membesar
  • Sakit ringan atau berat pada kaki

Penyebab ulkus kaki

Peluang munculnya ulkus kaki meningkat seiring bertambahnya usia dan ulkus kaki juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Jika orang tua Anda menderita ulkus atau borok pada kaki, mungkin Anda dapat mengalaminya juga. Beberapa penyebab ulkus kaki lainnya adalah:

  • Sirkulasi darah yang buruk
  • Diabetes
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Penyakit jantung
  • Kolesterol tinggi
  • Penyakit ginjal
  • Peningkatan tekanan pada kaki
  • Kebiasaan merokok
  • Infeksi

Varises yang terlihat bengkak dan pembuluh darah yang tampak sering dikaitkan dengan ulkus pada kaki. Biasanya ulkus kaki merupakan komplikasi dari varises yang tidak diobati.

Pencegahan ulkus kaki

Sirkulasi darah yang buruk adalah salah satu penyebab paling sering dari ulkus atau borok kaki, sehingga penting untuk mengontrol kondisi yang dapat menjadi penyebab sirkulasi darah yang buruk, seperti:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Hipertensi
  • Diabetes
  • Penyakit Raynaud

Menjaga tubuh tetap sehat dengan diet yang baik dan melakukan olahraga yang teratur dapat mengurangi berat badan Anda, sehingga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya ulkus atau borok kaki. 

Mengurangi asupan sodium atau garam juga penting dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan segar serta membaca label nutrisi dan memeriksa kandungan sodium sebelum mengonsumsi.

Faktor kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya ulkus atau borok kaki sehingga ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda.

Pengobatan ulkus kaki

Mengobati ulkus atau borok pada kaki sangat penting untuk meredakan rasa nyeri, mencegah infeksi, dan menghentikan luka agar tidak bertambah besar. Jika nanah keluar dari luka, kemungkinan besar Anda mengalami suatu infeksi. 

Infeksi dapat diobati dengan pemberian obat antibiotik untuk menghindari komplikasi lebih lanjut. Perban kompresi juga dapat digunakan untuk membantu meringankan pembengkakan, menutup luka, dan mencegah infeksi. Dokter juga mungkin akan meresepkan salep untuk dioleskan ke ulkus atau borok tersebut.

Dalam kasus yang parah, dokter Anda mungkin akan meresepkan orthotic atau brace untuk membantu Anda berjalan lebih baik sambil mencegah borok baru yang mungkin muncul. Obat Pentoxifylline dapat diresepkan untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kaki dan pemberian obat aspirin untuk mencegah pembekuan darah di kaki. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pengobatan di rumah

Seiring dengan pengobatan medis, dokter dapat merekomendasikan pengobatan alami di rumah untuk meringankan rasa tidak nyaman dan membantu proses penyembuhan ulkus kaki. Pertama, penting untuk menjaga luka agar tetap bersih untuk mencegah terjadinya infeksi.

Cuci luka dengan sabun dan air setiap hari. Jangan lupa untuk mengganti perban dan pembalut luka setidaknya satu kali sehari untuk menjaga area luka tetap kering, sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan. Pengobatan rumah lainnya yang dapat membantu penyembuhan ulkus kaki termasuk:

  • Memakai sepatu dengan bahan yang nyaman
  • Berolahraga secara teratur dengan intensitas ringan hingga sedang
  • Tinggikan posisi kaki Anda selama beristirahat

Jika setelah melakukan pengobatan medis dan rumahan tidak ada perbaikan terhadap ulkus atau borok di kaki Anda, segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Referensi

Dansinger, M. (2017). Webmd.com. High Blood Sugar and Diabetes

Drugs.com Foot ulcers

Drugs.com. Diabetic Foot Ulcers

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini