Aphanizomenon Flos-Aquae: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 834.570 orang

Apa Anda pernah mendengar kata aphanizomenon flos-aquae? Atau apakah Anda mengetahui apa itu aphanizomenon flos-aquae? Bagi sebagian orang mungkin aphanizomenon flos-aquae sudah tidak asing lagi karena digunakan sebagai suplemen maupun pengobatan. 

Akan tetapi, bagi Anda yang tidak tahu, sangatlah penting untuk mengetahui karakteristik aphanizomenon flos-aquae. Jadi, mari simak detil aphanizomenon flos-aquae di bawah ini.

Mengenai Aphanizomenon Flos-Aquae

Aphanizomenon flos-aquae adalah nama lain dari ganggang biru hijau. Aphanizomenon flos-aquae tumbuh di air asin, dan beberapa danau air tawar besar, seperti di Hulu Danau Klamath di Oregon Selatan.

Aphanizomenon flos-aquae ditemukan di Afrika, Asia, dan Amerika Tengah. Ganggang ini dapat digunakan secara langsung oleh tubuh. Selain itu, dapat pula dijadikan sebagai suplemen atau makanan kesehatan.

Golongan

Obat atau suplemen aphanizomenon flos-aquae ini dijual bebas, namun lebih disarankan untuk mendiskusikan penggunaannya dengan dokter.

Kemasan

Aphanizomenon flos-aquae dijadikan obat atau suplemen berupa tablet, kapsul, dan minuman serbuk.

Kandungan

Aphanizomenon flos-aquae diketahui mengandung nutrisi seperti, asam lemak esensial, enzim aktif, protein, karbohidrat, vitamin, asam amino, mineral, protein, dan phytochemical.

Manfaat Aphanizomenon Flos-Aquae

Aphanizomenon flos-aquae bermanfaat untuk mengoptimalkan sistem saraf, meningkatkan kadar darah asam lemak omega-3, mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan stamina, meningkatkan memori jangka pendek dan panjang, meningkatkan kreativitas, sumber glikogen, anti depresan, anti oksidan, dan anti inflamasi.

Selain itu, bermanfaat pula untuk demam, anemia, diabetes, stres, kelelahan, depresi, penurunan berat badan, PMS, menopause. Akan tetapi, masih diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas penggunaan aphanizomenon flos-aquae ini.

Efek Samping Aphanizomenon Flos-Aquae

Aphanizomenon flos-aquae aman bagi sebagian besar orang bila digunakan dalam jangka pendek. Akan tetapi, dapat pula menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, diare, ketidaknyamanan perut, kelelahan, sakit kepala, dan pusing.

Dosis Aphanizomenon Flos-Aquae

Terdapat dosis produk aphanizomenon flos-aquae yaitu, 2x sehari 1 kapsul. Selain itu, terdapat pula dosis dalam pengujian jangka pendek yaitu, 19 gram per hari hingga 2 bulan, dan 10 gram per hari hingga 6 bulan.

Dosis aphanizomenon flos-aquae yang tepat, tergantung pada beberapa faktor individu seperti usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pada label produk aphanizomenon flos-aquae, dan berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan aphanizomenon flos-aquae.

Interaksi Aphanizomenon Flos-Aquae

Berhati-hatilah dengan kombinasi obat ini:

Aphanizomenon Flos-Aquae dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang mengurangi sistem kekebalan tubuh, seperti azathioprine (Imuran), basiliximab (Simulect), cyclosporine (Neoral, Sandimmune), daclizumab (Zenapax), muromonab-CD3 (OKT3, Orthoclone OKT3), mycophenolate (CellCept), tacrolimus (FK506, Prograf), sirolimus (Rapamune), prednisone (Deltasone, Oracoxic), corticosteroid, dan lainnya. 

Mengonsumsi bupleurum bersama dengan obat-obatan yang mengurangi sistem kekebalan tubuh dapat menurunkan efektivitas obat-obatan tersebut karena bupleurum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Aphanizomenon flos-aquae juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang memperlambat pembekuan darah, seperti aspirin, clopidogrel (Plavix), diclofenac (Voltaren, Cataflam), ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Anaprox, Naproxen), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox), heparin, warfarin (Coumadin), dan lainnya. Mengonsumsi aphanizomenon flos-aquae bersama dengan obat-obatan yang juga memperlambat pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan memar, dan pendarahan.

Perhatian

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan aphanizomenon flos-aquae.

Aphanizomenon flos-aquae tidak aman bagi anak-anak karena anak-anak lebih sensitif terkontaminasi. Bila terkontaminasi maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan hati, sakit perut, mual, muntah, lemas, haus, detak jantung cepat, syok bahkan kematian.

Aphanizomenon flos-aquae juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif sehingga dapat meningkatkan gejala penyakit autoimun. Jika Anda memiliki penyakit autoimun, hindarilah penggunaan aphanizomenon flos-aquae.

Aphanizomenon flos-aquae dikhawatirkan dapat memperlambat pembekuan darah. Mengonsumsi aphanizomenon flos-aquae dapat membuat gangguan pendarahan semakin parah. Hindarilah bila Anda mengalami gangguan perdarahan, menderita diabetes atau akan melakukan pembedahan.

Demikian berbagai hal mengenai aphanizomenon flos-aquae yang dapat Anda ketahui. Bila Anda tertarik atau memerlukan pengobatan dengan aphanizomenon flos-aquae, konsultasikanlah pada dokter Anda. Hal tersebut dilakukan agar kondisi Anda selalu terpantau, dan Anda bisa mendapatkan manfaat penuh dari ganggang ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp