Payudara Besar Sebelah Pertanda Kanker, Benarkah?

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Jan 26, 2022 Waktu baca: 3 menit
Payudara Besar Sebelah Pertanda Kanker, Benarkah?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Kebanyakan massa dan benjolan di payudara bukanlah kanker, bisa karena tumor jinak, kista, dan perubahan fibrokistik;
  • Dalam kebanyakan kasus, ukuran payudara yang asimetris merupakan kondisi yang normal selama tidak berbeda jauh;
  • Masa ovulasi dapat menyebabkan payudara terlihat lebih penuh dan sensitif sehingga tampak membesar;
  • Penyebab payudara besar sebelah bisa karena kehamilan, hiperplasia duktal atipikal, payudara hipoplastik, dan hipertrofi remaja;
  • Klik untuk mendapatkan obat kanker ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD;
  • Dapatkan paket tes darah atau medical check up dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Bila diperhatikan, ukuran dan bentuk payudara terkadang tampak berbeda. Kondisi ini umumnya wajar dan bukanlah pertanda masalah serius. Namun, ada yang bilang kalau payudara besar sebelah itu pertanda kanker. Apa benar begitu? 

Sekilas tentang anatomi payudara

Payudara, yang terletak di bagian depan dada, secara medis dikenal sebagai kelenjar susu. Kelenjar susu terdiri dari lobulus yang merupakan struktur kelenjar yang menghasilkan susu pada wanita ketika distimulasi untuk melakukannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Lobulus mengalir ke sistem saluran yang menghubungkan saluran yang mengangkut susu ke puting susu. Antara jaringan kelenjar dan saluran, payudara mengandung jaringan lemak dan jaringan ikat.

Laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki payudara. Struktur payudara pria hampir identik dengan payudara wanita, namun jaringan payudara pria tidak memiliki lobulus khusus karena tidak ada kebutuhan fisiologis untuk produksi susu oleh payudara pria. 

Pada wanita, susu keluar dari puting susu, yang dikelilingi oleh area kulit yang gelap yang disebut areola. Areola mengandung kelenjar keringat kecil yang dimodifikasi yang dikenal sebagai kelenjar Montgomery. Kelenjar ini mengeluarkan cairan yang berfungsi untuk melumasi puting susu saat menyusui.

Baca juga: Perubahan Bentuk-Bentuk Payudara dari Waktu ke Waktu

Benjolan pada payudara, apakah pertanda kanker?

Munculnya benjolan di payudara kadang bikin khawatir, takut menjadi pertanda kanker. Kabar baiknya, kebanyakan massa dan benjolan di payudara bukanlah kankerKanker payudara juga dapat terjadi pada laki-laki, tetapi hanya sebagian kecil dari semua kanker payudara.

Di antara kondisi payudara yang jinak, kista dan perubahan fibrokistik sering terjadi. Salah satu jenis tumor jinak khususnya, yang dikenal sebagai fibroadenoma, adalah kelainan umum pada wanita muda. Infeksi jaringan payudara juga dapat terjadi, terutama selama menyusui. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apakah payudara besar sebelah itu normal?

Dalam kebanyakan kasus, ukuran payudara yang asimetris merupakan kondisi yang normal. Faktanya, kedua sisi seluruh tubuh mungkin sedikit berbeda.

Namun, jika terdapat perubahan ukuran atau bentuk payudara yang membesar secara tidak normal, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Pasalnya, perbedaan ukuran atau bentuk payudara yang cukup signifikan bukanlah hal umum. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Payudara Besar

Apa yang menyebabkan pembesaran payudara sebelah?

Ukuran payudara yang tidak simetris pada dasarnya merupakan hal umum dan terjadi pada banyak wanita. Alasannya bermacam-macam, bisa karena faktor pubertas, perubahan hormon, atau trauma.

Di masa ovulasi, jaringan payudara mengalami perubahan sehingga terasa lebih penuh dan sensitif. Hal ini menyebabkan payudara terlihat lebih besar karena sebenarnya dipengaruhi oleh retensi air dan aliran darah. Namun, setelah itu, ukuran payudara akan kembali ke ukuran normal.

Penyebab payudara besar sebelah juga bisa karena juvenile hypertrophy. Meskipun jarang terjadi, kondisi ini menyebabkan salah satu payudara tumbuh lebih besar secara signifikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk mengatasinya, ukuran payudara dapat dikoreksi dengan operasi. Namun, hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah psikologis dan rasa tidak aman.

Apa saja penyebab payudara besar sebelah

Pembesaran payudara pada satu sisi tidak semuanya dipicu oleh kanker. Ada banyak hal yang jadi pemicunya dan perlu dilihat dari segi usia, siklus menstruasi, dan kebiasaan hidup.

Hal-hal yang dapat bisa menjadi penyebab payudara besar sebelah antara lain:

1. Kehamilan

Selama menyusui, ukuran payudara bisa bervariasi, terutama jika bayi lebih memilih menyusui di satu sisi. Selama anak Anda mendapatkan ASI yang cukup dan tumbuh kembangnya baik, ukuran payudara yang tidak sama tak perlu dikhawatirkan.

2. Hiperplasia duktal atipikal

Atypical ductal hyperplasia (ADH) adalah kondisi ketika terjadi pertumbuhan jaringan yang berlebihan di saluran ASI. ADH bukanlah kanker, tetapi dapat meningkatkan risiko terkena kanker di masa depan.

3. Payudara hipoplastik

Hipoplasia payudara sering kali tidak memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi, meskipun mungkin dipengaruhi oleh hormon. ondisi ini terkadang terjadi akibat cedera atau kondisi medis.  

Sebagai contoh, ada satu kasus atrofi payudara unilateral yang dilaporkan terjadi setelah perkembangan payudara normal akibat infeksi mononukleosis pada seorang gadis remaja.

4. Hipertrofi remaja

Juvenile hypertrophy adalah kondisi langka di mana satu payudara tumbuh secara signifikan lebih besar daripada yang lain. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi diyakini berhubungan dengan sensitivitas atau produksi hormon.

Kondisi ini sering terjadi selama masa pubertas dan mengikuti periode 6 bulan pembesaran payudara yang ekstrem, diikuti oleh periode yang lebih lama dari pertumbuhan payudara yang lebih lambat tetapi berkelanjutan. Hipertrofi remaja dapat dikoreksi dengan pembedahan.

Payudara besar sebelah tidak selalu pertanda kanker. Namun, jika ukuran payudara bertambah secara signifikan tanpa penyebab yang jelas dan disertai gejala lainnya, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. 

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Breast Pain. National Breast Cancer Foundation. (Accessed via: https://www.nationalbreastcancer.org/breast-pain/)
Breast Cancer Signs and Symptoms - Most Common Symptoms. American Cancer Society. (Accessed via: https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/about/breast-cancer-signs-and-symptoms.html)
When to Worry About Breast Lumps. Everyday Health. (Accessed via: https://www.everydayhealth.com/womens-health/when-to-worry-about-breast-lumps.aspx)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app