Kelebihan dan Kekurangan Payudara Besar

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kelebihan dan Kekurangan Payudara Besar

Sebagai seorang wanita, apakah Anda akan memilih menjadi wanita yang memiliki payudara besar atau kecil? Hal ini pasti menimbulkan dilema bagi Anda, karena kedua hal tersebut sangat penting bagi seorang wanita karena berhubungan pula dengan kepercayaan diri akan penampilan fisik Anda. 

Tetapi, dari data yang sampaikan oleh American Soeciety of Plastics Surgeons menyatakan bahwa hampir 300.000 wanita di Amerika melakukan implan payudara. Di Indonesia, implan payudara masih menjadi hal yang memiliki sedikit peminat, namun tetap mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Wanita yang memutuskan untuk melakukan implan payudara harus siap dengan konsekuensi yang akan ditanggung. Sebuah rumah sakit di Indonesia menginformasikan bahwa pasien yang ingin melakukan implan payudara harus bersiap untuk mengantri sampai dua bulan lamanya. 

Meskipun implan payudara dapat memperindah penampilan seorang wanita, tetapi tetap saja ada kelebihan dan kekurangan dari wanita yang memiliki payudara besar. 

Kelebihan memliki payudara besar

  1. Bagi Anda yang memiliki payudara besar, dada Anda akan tetap terasa hangat meskipun berada dalam cuaca yang dingin 
  2. Anda akan menjadi pusat perhatian dimanapun Anda berada - menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Nebraska, para pria lebih memusatkan fokus mereka pada area payudara dan lingkar pinggang seorang wanita dibandingkan dengan wajah
  3. Anda akan menjadi bahan pembanding bagi sesama wanita - ketika pria memfokuskan perhatian pada area dada dan lingkar pinggang dengan tujuan memprediksi potensi menghasilkan keturuna, maka wanita akan melihat kedua rea tersebut dengan tujuan untuk membandingkan dengan milik mereka sendiri

Kekurangan memiliki payudara besar

  1. Sebuah studi dalam The Journal of Plastic and Reconstructive Surgery mengemukakan bahwa wanita dengan payudara besar diprediksi berisikio mengalami pengurangan lima tahun masa hidupnya
  2. Payudara yang besar menimbulkan rasa sakit pada area punggung dan leher karena terjadi penumpukkan berat badan di area dada. Selain itu, hal ini juga membuat postur tubuh menjadi buruk karena tulang terlihat ditarik kedepan
  3. Masalah kulit juga akan dialami oleh wanita yang memiliki payudara karena bagian bawah payudara akan lebih lembap dibandingkan dengan wanita yang memiliki payudara berukuran kecil. Selain itu, payudara besar juga sangat mudah terkena infeksi jamur yang membuat kulit menjadi mudah gatal, warna yang berbeda-beda, dan mudah luka
  4. Seringkali wanita yang memiliki payudara besar mendapatkan komentar negatif dari lingkungan disekitarnya. Banyak yang mengalami penurunan rasa percaya diri sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada suasana hati
  5. Wanita yang memiliki payudara besar terkadang susah mendapatkan baju yang sesuai dengan bentuk tubuh 
  6. Seorang peneliti bernama Chamnida Sellahewa menyatakan bahwa wanita yang memliki ukuran payudara besar sangat rentan terkena kanker payudara. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada 120 pasien yang terkena kanker payudara. Ditemukan bahwa pasien yang memliki ukuran payudara lebih dari 800 gram memiliki tumor yang lebih besar dibandingkan pasien dengan berat payudara yang kurang dari 800 gram 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan memiliki payudara besar, bagaimana cara merawatnya agar tetap sehat? 

Payudara seorang wanita membesar karena adanya asupan kalori yang tinggi. Seperti yang diketahui bahwa kalori akan berakhir menjadi lemak, lemak inilah yang akan mempengaruhi bertambahnya berat payudara seorang wanita. 

Selain lemak, beberapa faktor lain seperti kadar hormon estrogen yang tinggi, penggunaan jenis kontrasepsi hormonal, keadaan hamil atau menyusui, dan radiasi bahan kimia tertentu juga menjadi penyebab bertambahnya berat payudara.  

Tindakan medis yang biasa dilakukan untuk menangani payudara besar adalah reduksi atau pengecilan payudara. Meskipun tindakan inni dapat mengecilkan payudara, reduksi payudara tidak disarankan bagi wanit menyusui karena berpengaruh pada produksi volume air susu. 

Apabila Anda memiliki payudara dengan ukuran yang besar, sebaiknya segera periksakan ke dokter karena telah diuraikan bahwa payudara besar dapat memicu terjadinya kanker payudara. 

Terutama jika Anda menemukan benjolan dan muncul rasa gatal serta hangat diarea payudara Anda. Apabila Anda adalah seorang perokok, untuk menghindari terjadinya kanker payudara, Anda sebaiknya mengontrol kebiasaan mengonsumsi rokok maupun alkohol.

42 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Touraine P, et al. (2005). Breast inflammatory gigantomastia in a context of immune-mediated diseases. DOI: (https://doi.org/10.1210/jc.2005-0642)
Sakai Y, et al. (2002). Gigantomastia induced by bucillamine. (https://insights.ovid.com/pubmed?pmid=12187348)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app