Apakah Metformin Aman untuk Digunakan Selama Menyusui?

Dipublish tanggal: Agu 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 29, 2020 Waktu baca: 2 menit
Apakah Metformin Aman untuk Digunakan Selama Menyusui?

Apakah Anda seorang ibu menyusui yang menderita diabetes? Apakah Anda memiliki masalah obesitas dan Anda ingin menjadi bugar? Metformin bisa menjadi pilihan penanganannya. Namun, apakah metformin aman dikonsumsi saat sedang menyusui? Cari tahu jawabannya di ulasan ini.

Apa itu metformin?

Metformin merupakan salah satu perawatan paling efektif dan aman untuk diabetes tipe 2. Penggunaan metformin untuk diabetes juga bisa dikombinasikan dengan obat lain, seperti insulin. Metformin termasuk dalam golongan obat biguanid. Obat jenis ini akan menurunkan kadar gula darah dengan mengurangi jumlah gula yang diproduksi oleh hati. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi metformin saat menyusui.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

1. Mengatur kadar gula darah

Metformin membantu mengontrol jumlah gula dalam darah ibu yang sedang menyusui. Obat ini juga mengurangi jumlah glukosa yang Anda serap dari makanan Anda dan jumlah glukosa yang diproduksi hati Anda.  Tidak hanya itu, metformin juga dapat meningkatkan respons tubuh Anda terhadap insulin, zat kimia alami yang mengatur glukosa dalam darah Anda. 

2. Mengobati sindrom metabolik

Banyak wanita yang menderita sindrom metabolik dan masalah obesitas pasca-melahirkan. Karena obesitas menyebabkan akumulasi berat badan berlebih di perut, ibu yang menyusui dapat mengembangkan resistensi insulin. Akibatnya, para ibu mungkin menderita diabetes tipe 2. 

Metformin menurunkan resistensi insulin dan membantu wanita yang menderita sindrom metabolik menurunkan berat badan. 

3. Mencegah risiko masalah jantung dan stroke

Mengonsumsi metformin ternyata dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dan kadar kolesterol LDL pada ibu menyusui. Trigliserida rendah dan kadar kolesterol LDL memastikan kesehatan Anda dan mencegah risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Mengobati sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Wanita menyusui dengan sindrom ovarium polikistik cenderung menderita ketidakseimbangan hormon yang menghasilkan produksi kadar hormon androgen pria yang berbahaya di dalam tubuh mereka. 

Akibatnya, wanita dengan PCOS cenderung mengalami penambahan berat badan, mengalami endometriosis dan memiliki pola pertumbuhan rambut yang tidak teratur.  Jika Anda menghindari pemeriksaan kadar hormon androgen, Anda bisa berisiko tinggi terkena kanker rahim, tekanan darah tinggi, infertilitas, atau penyakit jantung. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Mengonsumsi metformin secara teratur dapat membantu mengurangi resistensi insulin, yang akan berdampak pada pengurangan kadar hormon androgen pada tubuh wanita dan mencegah bahaya kesehatan akibat PCOS.

5. Mendorong penurunan berat badan 

Mengonsumsi metformin menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida pada ibu menyusui dan mencegah penambahan berat badan. Bahkan, obat ini membantu wanita menyingkirkan obesitas dan menjaga kesehatan yang baik dan berat badan pasca-persalinan yang tepat.

Meskipun banyak manfaat kesehatan dari metformin, beberapa wanita masih takut untuk mengonsumsi metformin selama masa menyusui. 

Apakah metformin aman saat menyusui?

Metformin aman untuk ibu menyusui dan Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya dalam diet sehari-hari Anda. Namun, demi keamanan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda dan cari tahu apakah Anda memiliki alergi terhadapnya. 

Studi mengungkapkan bahwa metformin tidak menular ke bayi yang baru lahir melalui ASI dari ibu menyusui. Jadi, tidak ada efek samping menggunakan metformin saat menyusui. 

Gejala seperti kesulitan dalam menyusui, produksi ASI yang rendah, kegagalan untuk melanjutkan menyusui, atau anomali bayi cenderung terjadi karena kelahiran kembar dan bukan karena penggunaan metformin.  Konsultasikan dengan dokter Anda dan hanya mengonsumsi jumlah metformin yang ditentukan untuk mengatur kadar gula darah saat menyusui.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Daniela J. Jakubowicz, Maria J. Iuorno, Salomon Jakubowicz, Katherine A. Roberts, John E. Nestler, Effects of Metformin on Early Pregnancy Loss in the Polycystic Ovary Syndrome, The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, Volume 87, Issue 2, 1 February 2002, Pages 524–529, https://doi.org/10.1210/jcem.87.2.8207. Oxford Academic. (Accessed via: https://academic.oup.com/jcem/article/87/2/524/2846657)
Metformin Use During Pregnancy. Drugs.com. (Accessed via: https://www.drugs.com/pregnancy/metformin.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app