Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Allopurinol Oral: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 16, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.011.387 orang

Allopurinol digunakan untuk mengobati encok dan batu ginjal jenis tertentu. Ini juga digunakan untuk mencegah peningkatan kadar asam urat pada pasien yang menjalani kemoterapi kanker

Pasien-pasien ini dapat mengalami peningkatan kadar asam urat karena pelepasan asam urat dari sel-sel kanker yang sekarat. Allopurinol bekerja dengan mengurangi jumlah asam urat yang dibuat oleh tubuh. Peningkatan kadar asam urat dapat menyebabkan masalah asam urat dan ginjal.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Cara Menggunakan Allopurinol

Minum obat ini melalui mulut, biasanya sekali sehari atau sesuai anjuran dokter. Minum obat ini setelah makan untuk mengurangi sakit perut. Jika dosis Anda lebih dari 300 miligram per hari, Anda perlu minum beberapa dosis lebih kecil pada siang hari untuk mendapatkan jumlah ini (tanyakan pada dokter Anda mengenai petunjuk meminum obat ini yang tepat).

Cara yang terbaik adalah meminum satu gelas air dengan setiap dosis dan setidaknya 8 gelas lagi (masing-masing sekitar 8 ons atau 240 ml) air dalam satu hari. Jika dokter menginstruksikan Anda untuk minum lebih sedikit cairan untuk alasan medis lainnya, konsultasikan dengan dokter untuk instruksi lebih lanjut. 

Dokter juga dapat menginstruksikan Anda tentang cara mengurangi asam dalam urin Anda (Misal: menghindari asam askorbat/vitamin C dalam jumlah besar).

Dosis ditentukan berdasarkan kondisi medis Anda dan respons terhadap perawatan. Gunakan obat ini secara teratur agar tubuh dapat menyerap manfaat dari obat ini lebih banyak. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah pada waktu yang sama setiap hari.

Untuk pengobatan asam urat, mungkin perlu beberapa minggu hingga efek obatnya terasa. Anda mungkin mengalami lebih banyak serangan gout⎯serangan akut artritis inflamatori berulang dengan gejala kemerahan, lunak yang terasa sakit dan panas pada pembengkakan sendi⎯selama beberapa bulan setelah memulai obat ini sementara tubuh mengeluarkan tambahan asam urat

Allopurinol bukan pereda nyeri. Untuk menghilangkan rasa sakit akibat asam urat, lanjutkan minum obat yang diresepkan untuk serangan asam urat (Misal: colchicine, ibuprofen, indomethacin) seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Beritahu dokter jika tidak perubahan kondisi atau bahkan menjadi lebih buruk.

Efek Samping

Sakit perut, mual, diare, atau kantuk dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini berlangsung atau bahkan memburuk, segera hubungi dokter atau apoteker.

Ingat bahwa dokter meresepkan obat ini karena menilai manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Segera hubungi dokter jika salah satu dari efek samping yang jarang tetapi sangat serius ini terjadi: mati rasa/kesemutan pada lengan/kaki, mudah berdarah/memar, tanda-tanda infeksi (misalnya, demam, sakit tenggorokan yang berlangsung lama), kelelahan yang tidak biasa, tanda-tanda masalah ginjal (seperti perubahan dalam jumlah urin, nyeri/kencing berdarah), mata/kulit menguning, sakit lambung/abdomen yang parah, mual/muntah yang terus menerus, urin gelap, penurunan berat badan yang tidak biasa, nyeri mata, perubahan penglihatan.

Umumnya obat ini dapat menyebabkan ruam yang biasanya tidak serius. Namun, Anda mungkin tidak dapat membedakannya dari ruam langka yang bisa menjadi pertanda reaksi parah. Segera hubungi bantuan medis jika Anda mengalami ruam.

Reaksi alergi yang sangat serius (bahkan fatal) terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera hubungi pertolongan medis jika Anda mendapat gejala reaksi alergi serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda menemukan efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker.

Di Amerika - Hubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke FDA di 1-800-FDA-1088 atau di www.fda.gov/medwatch.

Di Kanada - Hubungi dokter Anda untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke Health Canada di 1-866-234-2345.

Pencegahan

Sebelum mengonsumsi allopurinol, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki alergi terhadap obat ini; atau jika timbul reaksi keras pada tubuh Anda; atau jika Anda memiliki alergi lain. 

Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Diskusikan dengan apoteker untuk keterangan lebih lanjut.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat medis Anda, terutama: penyakit hati, penyakit ginjal, diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), diet yang tidak biasa (Misal: puasa).

Obat ini dapat menimbulkan kantuk. Alkohol atau ganja bisa membuat Anda lebih mengantuk. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan tinggi sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Alkohol juga dapat menurunkan efektivitas obat ini. Batasi minuman beralkohol. Diskusikan dengan dokter jika Anda menggunakan ganja.

Fungsi ginjal menurun seiring bertambahnya usia. Akibatnya obat ini akan dihilangkan oleh ginjal. Oleh karena itu, orang dewasa yang lebih tua mungkin memiliki risiko lebih besar untuk efek samping saat menggunakan obat ini.

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter.

Allopurinol dapat masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter sebelum menyusui.

Interaksi Obat

Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko terkena efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua kemungkinan interaksi obat. 

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (seperti obat resep/nonresep dan produk herbal) dan diskusikan dengan dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter.

Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini adalah: "pengencer darah" (contoh: Warfarin), didanosine.

Overdosis

Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Jika tidak, segera hubungi pusat pengendalian racun. Warga AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Warga Kanada dapat memanggil pusat kendali racun provinsi.

Catatan

Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.

Tes laboratorium dan/atau medis (contoh: kadar darah asam urat, tes fungsi hati/ginjal, jumlah darah secara keseluruhan) dapat dilakukan secara berkala untuk memantau kemajuan Anda atau memeriksa efek samping. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk perincian lebih lanjut.

Jika Anda mengonsumsi allopurinol untuk mengobati batu ginjal, Anda bisa mendapat manfaat lebih obat ini melalui diet khusus. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk perincian lebih lanjut.

Dosis terlewatkan

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum setelah Anda ingat. Jika sudah mendekati waktu dosis berikutnya,  jangan meminum dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal dosis yang biasa Anda lakukan. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar ketinggalan.

Tata Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan obat dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diinstruksikan untuk melakukannya. Buang ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat. Informasi terakhir direvisi September 2017. Hak Cipta (c) 2017 First Databank, Inc.


Referensi

Australian Rheumatology Association (2016). Patient Information on Allopurinol.

Electronic Medical Compendium (2018). Allopurinol 100 mg Tablets.

Kannagara, D. et. al. (2017). Individualising The Dose of Allopurinol in Patients with Gout. Br J Clin Pharmacol. 83(9), pp. 2015-2026.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp