HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Alfentanil: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 20, 2019 Waktu baca: 3 menit

Apa itu obat Alfentanil?

Alfentanil adalah termasuk obat golongan obat bius opioid dan analgetik kuat yang biasa digunakan untuk keluhan nyeri dari intensitas ringan sampai sedang. Pengobatan dengan Alfentanil juga dapat diindikasikan untuk obat bius (obat tidur) saat operasi. Alfentanil sendiri dapat menyebabkan ketergantungan. Walaupun dianggap relatif aman digunakan dalam jangka waktu lama, kesalahan dosis dan cara pakai bisa mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan.

Manfaat Alfentanil

Alfentanil biasa digunakan dalam operasi sebagai obat bius umum dan regional. Alfentanil merupakan obat yang dibeli melalui resep dokter, sehingga kita pun sebagai konsumen harus bijak dalam menggunakan obat ini. Alfentanil sendiri dapat menyebabkan ketergantungan. Cara kerja Alfentanil adalah dengan mengikat reseptor stereospesifik didalam sistem saraf pusat, sehingga reseptor nyeri dapat diblok dan kita tidak akan merasakan nyeri. Alfentanil sendiri merupakan opioid short-acting yang hampir setara dengan fentanyl. Obat ini bisa digunakan baik oleh anak, dewasa atau lanjut usia.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Dosis Alfentanil

Bentuk sediaan Alfentanil adalah sediaan injeksi yang digunakan tergantung dari keluhan serta usia pemakainya.

  • Induksi anastesi
    • Dewasa: bersamaan dengan penggunaan ventilator untuk pasien yang akan menjalani operasi lebih dari 45 menit. Dosis awal 130 – 245 mcg/kg, dilanjutkan dosis maintenance 0.5 – 1.5 mcg/kg per menit
    • Anak: ≥12 tahun, dosis awal 10 – 20 mcg/kg bolus dengan suplementasi 5 – 10 mcg/kg
    • Lanjut usia: perlu dilakukan penyesuaian dosis
  • Analgesic pada pasien yang sudah bernafas spontan
    • Dewasa: Pada pasien dengan monitored anaesthesia care (MAC), dosis awal 3 – 8 mcg/kg dilanjukan dengan 3 – 5 mcg/kg setiap 5 – 20 menit; atau sebagai infusan 0.25 – 1 mcg/kg per menit
    • Anak: ≥12 tahun, dosis sama dengan dewasa
    • Lanjut usia: perlu dilakukan penyesuaian dosis
  • Maintenance dari anastesia umum
    • Dewasa:
      • Saat pasien sudah bernafas spontan; dosis awal sampai 500 mcg diberikan secara perlahan selama 30 detik dengan suplemen 250 mcg
      • Pasien yang dibantu dengan ventilator; dosis awal 30 – 50 mc/kg dengan suplemen 15 mcg/kg
      • Maintenance harus dihentikan 10 – 30 menit sebelum waktu perkiraan operasi selesai
    • Anak: maintenance 0.5 – 2 mcg/kg per menit dititrasi tergantung respon
    • Lanjut usia: perlu dilakukan penyesuaian dosis

Penggunaan obat ini harus menggunakan resep dari dokter, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter yang telah memeriksa anda secara langsung sehingga mengetahui kondisi medis anda. Saran kami, bila memang memiliki keluhan keluhan medis seperti diatas ataupun hal lainnya, segera periksakan diri anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dikarenakan bentuk sediaannya yang merupakan sediaan injeksi maka penggunaan obat ini harus dilakukan oleh seorang tenaga medis ahli dan tidak bisa dilakukan oleh penderita sendiri.

Efek samping Alfentanil

Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh Alfentanil adalah:

Tentunya tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut diatas, bila anda merasa khawatir dalam penggunaan obat ini ataupun mengalami salah satu keluhan yang telah disebutkan diatas, konsultasikan keadaan medis anda kepada tenaga medis atau dokter terdekat.

Penggunaan Alfentanil bagi ibu hamil dan menyusui

Perlu diketahui bahwa penggunaan Alfentanil untuk ibu hamil dan menyusui termasuk dalam kagetori C, yaitu studi pada binatang mengindikasikan adanya efek pada janin ataupun belum dilakukannya studi pada manusia, sehingga obat ini dapat digunakan hanya jika dirasakan bahwa manfaatnya akan lebih besar dibandingkan dengan efeknya kepada janin, saran kami hubungi dan konsultasikan kembali kepada dokter anda bila anda ingin mengkonsumsi Alfentanil dalam keadaan hamil atau menyusui.

Peringatan penggunaan Alfentanil

Dalam menggunakan Alfentanil ada beberapa hal yang perlu di waspadai, seperti:

  • Monitor penggunaan obat ini menjadi penting karena bisa menyebabkan depresi pernafasan bila penggunaan tidak sesuai dosis yang direkomendasikan.
  • Monitor tanda tanda vital, saturasi oksigen, dan tekanan darah perlu dilakukan selama penggunaan obat ini.
  • Obat ini termasuk ke dalam golongan opioid atau narkotik sehingga bisa menyebabkan kecanduan bahkan bisa disalahgunakan oleh pemakainya sehingga diharapkan dokter atau tenaga medis yang memberikan obat ini meningkatkan waspada kepada siapa dia memberikan obat ini.
  • Beritahu kepada dokter bila sedang mengonsumsi obat-obatan lain ataupun herba

Overdosis Alfentanil

Gejala overdosis bisa berupa penurunan denyut nadi, ventilasi yang kurang sampai henti nafas, rigiditas pada otot, hipovolemi, depresi pernapasan. Penanganan dengan segera dan terapi yang tepat harus dilakukan bila seseorang mengalami tanda tanda overdosis alfentanil. Segera cari bantuan medis bila anda atau kerabat anda mengalami keluhan seperti ini. 


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Alfentanil - FDA prescribing information, side effects and uses. Drugs.com. (https://www.drugs.com/pro/alfentanil.html)
Alfenta, Rapifen (alfentanil) dosing, indications, interactions, adverse effects, and more. Medscape. (https://reference.medscape.com/drug/alfenta-alfentanil-343309)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app