A Scabs: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Waktu baca: 3 menit

A Scabs adalah obat yang digunakan untuk pengobatan scabies (kudis). A Scabs mengandung zat aktif Permethrin yang termasuk obat synthetic pyrethroid. Berikut ini adalah informasi lengkap A Scabs yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

pabrik

HOE Pharma

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

golongan

Harus dengan resep dokter

kemasan

A Scabs dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • Botol 30 mL Lotion

kandungan

Tiap kemasan A Scabs mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Permethrin adalah obat atau bahan kimia yang secara luas digunakan sebagai insektisida, acaricide, dan obat nyamuk. Permethrin adalah obat lini pertama sebagai anti scabies bila digunakan dalam bentuk cream. Obat ini bekerja dengan cara menyebabkan kelumpuhan dan kematian pada hama dengan menghambat masuknya ion natrium melalui saluran membran sel saraf yang menyebabkan terjadinya penundaan repolarisasi.
Permethrin dalam bentuk Cream 5% atau lotion 1% adalah obat yang digunakan secara topikal (obat luar) untuk pengobatan scabies (kudis). Scabies (kudis) adalah kulit gatal yang disebabkan oleh tungau kecil yang disebut Sarcoptes scabiei. Serangan tungau/kutu ini menyebabkan rasa gatal di daerah yang terkena terutama pada malam hari. Penyakit ini sangat menular melalui kontak fisik terutama pada orang-orang yang tinggal di tempat-tempat padat.

Indikasi

A Scabs (Permethrin) diindikasikan untuk pengobatan scabies.

Kontra indikasi

  • Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada Permethrin, pyrethroid atau pyrethrin.

Efek samping A Scabs

Penyerapan sistemik obat ini sangat  kecil, oleh karena itu dianggap aman untuk digunakan secara topikal pada orang dewasa dan anak-anak di atas usia 2 bulan. Meskipun begitu obat ini tetap memiliki sejumlah efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping A Scabs (Permethrin) :

  • Penggunaan secara topikal dapat menyebabkan iritasi kulit ringan, kulit terbakar, pruritus, eritema, kesemutan, mati rasa, ruam, dan lebih peka terhadap sinar matahari. Hentikan penggunaan jika terjadi hipersensitivitas.
  • Paparan secara berlebihan dapat menyebabkan mual, sakit kepala, kelemahan otot, air liur berlebihan, sesak napas, dan kejang.

Perhatian

Hal-hal yang perlu diperhatikan pasien selama menggunakan A Scabs (Permethrin) adalah sebagai berikut :

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1
  • Pemakaian harus dihentikan jika muncul ruam kulit atau tanda lain yang menunjukkan reaksi alergi.
  • Hati-hati menggunakan obat ini untuk bayi <2 bulan, wanita hamil, dan ibu menyusui.
  • Ekskresi A Scabs (Permethrin) dalam ASI tidak diketahui, oleh karena itu ibu menyusui sebaiknya berhati-hati menggunakan obat ini. Jika benar-benar dibutuhkan, bisa diberi jarak yang cukup antara menyusui dan penggunaan obat.
  • Sacibies (kudis) sering disertai dengan pruritus, edema, dan eritema. Pengobatan dengan A Scabs (Permethrin) Cream mungkin sementara memperburuk kondisi penyakit-penyakit ini.
  • Hindari kontak dengan mata dan membran mukosa. Segera bilas dengan air bersih jika obat ini mengenai mata.
  • Sensitivitas silang dapat terjadi dengan ragweed or chrysanthemums (sejenis bunga aster).
  • Hati-hati jika anda memiliki riwayat asma.

Penggunaan oleh wanita hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan Permethrin kedalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut :

penelitian pada reproduksi hewan tidak  menunjukkan resiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin, tapi studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil tidak menunjukkan resiko pada janin di trimester berapapun.

Karena studi reproduksi hewan tidak selalu equivalen dengan hasil pada manusia, penggunaan obat ini selama kehamilan hanya jika benar-benar diperlukan.

Dosis A Scabs

A Scabs (Permethrin) diberikan dengan dosis sebagai berikut :

  • Scabies (Kudis)

Dewasa : Gunakan 1 x sehari pada malam hari. Oleskan tipis-tipis cream 5 % ke seluruh permukaan kulit dari leher sampai jari kaki. Cuci setelah 8-14 jam/pada pagi hari setelah bangun tidur. 30 g krim biasanya cukup untuk orang dewasa rata-rata.

Terkait

  • Merk-merk obat dengan kandungan zat aktif Permethrin

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
A Scabs Dosage & Drug Information. MIMS.com. (https://www.mims.com/malaysia/drug/info/a-scabs)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app