Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Kesehatan Fisik

5 Cara Jitu Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Update terakhir: DEC 7, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 904.390 orang

5 Cara Jitu Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Serangan asam urat bisa kambuh kapan saja. Jangankan untuk beraktivitas, hanya sekadar menggerakkan kaki atau tangan saja rasanya sangat nyeri dan mengganggu. Apalagi jika gejala asam urat kambuh di malam hari, Anda mungkin jadi sulit melanjutkan tidur. Lantas, bagaimana cara mencegah asam urat agar tidak gampang kambuh? Berikut tips dan triknya untuk Anda.

Cara mencegah asam urat kambuh lagi

Anda tentu tahu bahwa asam urat membuat sendi dan tulang Anda terasa nyeri, bengkak, bahkan terasa panas. Karena itulah, Anda tentu tidak ingin gejalanya kambuh terus-terusan, bukan?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tenang, ada berbagai cara mencegah asam urat kambuh yang bisa Anda lakukan di rumah, di antaranya:

1. Kendalikan berat badan

Berat badan berlebih alias obesitas dapat meningkatkan risiko terkena asam urat. Terlebih bagi Anda yang sudah terkena asam urat sebelumnya, obesitas bisa membuat gejala asam urat gampang kambuh dan makin nyeri.

Oleh karena itu, coba kendalikan berat badan Anda mulai dari sekarang. Tak hanya dengan mengatur pola makan, olahraga rutin juga penting untuk membakar kelebihan lemak dalam tubuh. Dengan begitu, gejala asam urat dapat lebih mudah dikendalikan dan mencegahnya kambuh lagi.

Baca Juga: Tak Segera Diobati, Asam Urat Bisa Picu 5 Komplikasi Ini

2. Perhatikan asupan makanan

Coba ingat-ingat lagi, seperti apa pola makan Anda akhir-akhir ini? Apakah terlalu banyak makan emping, hati sapi, atau udang? Kalau iya, berarti inilah penyebab asam urat Anda sering muncul.

Mengatur pola makan merupakan kunci penting untuk mencegah asam urat kambuh sewaktu-waktu. Hati-hati, salah pilih makan seperti tadi bisa membuat sendi dan tulang Anda terasa nyeri hingga mengganggu aktivitas.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Emping, hati sapi, atau udang termasuk jenis makanan yang mengandung tinggi purin. Purin adalah bahan kimia dalam proses metabolisme yang akan dipecah menjadi asam urat. Maka tak heran, gejala asam urat sering kambuh bila Anda kebanyakan asupan purin dalam tubuh.

Ada baiknya, ganti dengan memperbanyak makan sayur, buah, gandum utuh, dan kacang-kacangan yang lebih aman bagi kesehatan Anda. 

Baca Selengkapnya: Cara Mengatur Menu Diet untuk Asam Urat

3. Perbanyak minum air putih

Bukan cuma menjaga hidrasi tubuh, minum air putih yang banyak juga dapat membantu mencegah asam urat kambuh. Air putih mampu membilas kristal asam urat dan menurunkan risiko terjadinya batu ginjal, salah satu bentuk komplikasi asam urat yang membahayakan kesehatan.

Bisa juga dengan memperbanyak minum susu, tapi pilih yang kandungan lemaknya rendah. Susu dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat agar tidak menumpuk di dalam tubuh.

4. Hindari alkohol

Alkohol termasuk jenis minuman yang harus dihindari karena mengandung tinggi purin. Semakin banyak alkohol, semakin banyak pula purin yang dipecah menjadi asam urat. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain itu, alkohol juga menghambat proses pengeluaran asam urat dari tubuh. Hal inilah yang membuat asam urat kambuh terus-menerus dan tak kunjung membaik.

5. Minum obat asam urat teratur

Sebagai pertolongan pertama, segera minum obat asam urat ketika gejalanya kambuh. Obat colchicine, steroid, atau obat NSAID seperti ibuprofen atau naproxen sodium dapat membantu meringankan nyeri sekaligus memperpendek durasi serangan asam urat.

Pastikan untuk hanya mengonsumsi obat asam urat yang diresepkan oleh dokter. Bila gejalanya sering kambuh dan membuat Anda tidak bebas beraktivitas, segera periksakan kembali ke dokter. 

Dokter dapat mengubah dosis atau mengganti obat asam urat sesuai dengan kebutuhan Anda. Ikuti dosis dan aturan minum obat atas saran dokter guna mencegah asam urat kambuh lagi esok hari.

Baca Selengkapnya: Memilih Obat Asam Urat Generik yang Manjur

Referensi

Arhtritis Foundation. Managing a Gout Attack.

WebMD. (2019). Understanding Gout.

Healthline. (2017). Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit