7 Tanda Haid akan Datang

Dipublish tanggal: Mei 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
7 Tanda Haid akan Datang

Wanita tentunya tidak merasa asing dengan tamu yang tidak diundang yaitu haid. Wanita akan dikatakan normal jika mengalami haid setiap bulannya. Apabila menstruasi akan datang, ada beberapa gejala yang bisa Anda rasakan, khususnya pada bagian fisik Anda. 

Oleh karena itu, wanita tidak akan secara langsung mengeluarkan darah menstruasi nya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Melalui tanda-tanda fisik sebelum menstruasi itulah yang akan memberitahukan kepada wanita kapan dirinya akan menstruasi. Namun gejala yang dialami oleh setiap wanita tidaklah sama, ada yang mengalami gejala atau tanda-tanda, namun ada pula wanita yang tidak memiliki tanda maupun gejala-gejala.

Melalui tanda-tanda atau gejala inilah yang akan memberikan persiapan secara matang dalam menyambut tamu tak diundang.

Berikut ini adalah tanda-tanda jika Anda akan bertemu dengan tamu tak diundang atau haid, diantaranya:

1. Kemunculan jerawat pada bagian wajah

Jerawat wajah yang muncul tidak hanya bersumber dari stres atau depresi saja, akan tetapi jerawat dapat dijadikan sebagai tanda bahwa Anda akan segera menstruasi. Tanda inilah yang lebih mudah dikenali oleh hampir semua wanita. 

Kemunculan jerawat bisa dikarenakan kadar hormon dalam tubuh yang mengalami peningkatan, sehingga produksi minyak juga semakin banyak.

2. Kram perut sebagai tanda yang paling khas

Tanda paling khas yang memperlihatkan bahwa Anda akan mengalami haid yaitu mengalami kram pada bagian perut. Kram perut dapat muncul 1 hingga 2 hari sebelum menstruasi. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Akan tetapi kram pada perut tidak akan berlangsung lama, karena saat Anda memasuki hari menstruasi ke 3, kram perut akan menghilang dengan sendirinya.

3. Saat disentuh, payudara akan terasa sakit dan padat

Apabila payudara terasa nyeri, bengkak, padat dan lebih berat dari biasanya, maka hal ini bisa memberi tanda bahwa Anda akan segera haid. Perubahan pada bagian payudara dapat disebabkan karena hormon prolaktin yang meningkat, sehingga hal ini menyebabkan produksi susu juga ikut meningkat.

4. Mengalami gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan yang sering kali terjadi ketika menjelang haid yaitu diare dan sembelit. Tanda ini biasa terjadi karena darah menstruasi hormon mengalami kenaikan. Sedangkan peningkatan prostaglandin dapat memicu kontraksi, sehingga hal ini bisa menyebabkan terjadinya diare. 

Sementara untuk progesteron yang meningkat dapat memicu terjadinya sembelit.

5. Perut terasa penuh atau perut kembung

Perut kembung memang menjadi tanda bahwa Anda akan segera mengalami haid. Namun tanda ini tidak semua wanita mengalaminya, karena hanya sebagian wanita saja yang mengalaminya. 

Apabila Anda mengalami tanda ini, Anda bisa mengurangi asupan makanan yang tinggi garam serta memperbanyak sayur, buah-buahan dan melakukan olahraga teratur untuk mengatasi perut kembung.

6. Sulit tidur meskipun tubuh capek

Anda akan mengalami sulit tidur ketika akan bertemu dengan tamu tak diundang, meskipun tubuh Anda merasa capek. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon ketika menjelang menstruasi.

7. Perasaan yang jengkel dan mudah terpancing amarah

Wajar saja bila wanita menjelang menstruasi akan lebih sering uring-uringan atau terpancing amarahnya. Hal ini dikarenakan saat menjelang menstruasi, wanita lebih sensitif dari biasanya.

Itulah ke-7 tanda bahwa Anda akan segera mengalami menstruasi, sehingga Anda bisa mengantisipasi ketika Anda akan bepergian jauh. Meskipun setiap wanita memiliki tanda yang tidak sama, namun semua wanita pastinya akan mengalami tanda-tanda akan menstruasi.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
PMS, Cramps, and Irregular Periods (for Parents). Nemours KidsHealth. (Accessed via: https://kidshealth.org/en/parents/menstrual-problems.html)
Periods. NHS (National Health Service). (Accessed via: https://www.nhs.uk/conditions/periods/)
PMS vs. Pregnancy Symptoms and Signs: 15 Differences. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/pms_vs_pregnancy_differences_and_similarities/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app