Seks dan Hubungan

Mempercepat Datangnya Haid Dengan Alami

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Feb 28, 2020 Waktu baca: 1 menit
Mempercepat Datangnya Haid Dengan Alami

Mempercepat datangnya haid kadangkala diperlukan wanita dalam kondisi tertentu. Tanpa harus menggunakan stimulasi obat-obatan, terdapat beberapa cara alami yang dapat Anda praktikkan agar haid bisa datang sehari atau dua hari lebih awal. Dengan kombinasi berolahraga dan mengonsumsi makanan yang tepat, siklus menstruasi Anda dapat dipercepat sebagai berikut.

Mempercepat Datangnya Haid dengan Alami

1. Minum air putih

Meminum banyak air membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan menjaga kadar darah serta sirkulasi darah tetap berjalan dengan lancar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

2. Mandi air panas

Mandi dengan air panas dapat membantu mempercepat datangnya menstruasi. Lebih baik lagi jika Anda bisa berendam di dalam bak berisi air panas selama setidaknya 15 menit sehingga panasnya dapat merilekskan otot-otot perut dan menstimulasi pelebaran pembuluh darah yang ada di dalam rahim.

3. Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu cara untuk mempercepat menstruasi secara alami karena vitamin C dapat membuat progesteron dalam rahim merasa ‘lapar’ sehingga membantu merobek dinding rahim dan menyebabkan terjadinya haid. Vitamin C dapat diperoleh dalam bentuk makanan seperti buah-buahan sitrus dan minuman alami sari buah sitrus.

4. Olahraga

Melakukan olahraga secara lebih rutin jelang siklus menstruasi juga akan membantu mempercepat terjadinya haid secara alami dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

5. Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung karoten

Makanan-makanan yang mengandung beta karoten seperti wortel, pepaya dan labu juga dapat membantu mempercepat siklus menstruasi.

6. Minum teh herbal

Teh herbal memiliki kandungan yang dapat merilekskan dinding rahim, sehingga mudah meluruh menjadi menstruasi.

7. Mengonsumsi seledri

Seledri membantu Anda mempercepat datangnya siklus haid dengan mengonsumsinya mentah-mentah. Di dalam seledri, terdapat kandungan apiol yang merupakan bahan alami yang dapat menstimulasi terjadinya kontraksi pada rahim.

8. Mengonsumsi sayuran peterseli

Familiarkah Anda dengan peterseli? Peterseli yang dikonsumsi dengan jahe dapat membantu menambah panas dalam tubuh, mempercepat rahim untuk melebar dan meluruhkan dinding rahim menjadi darah haid.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Induce a Period: 12 Ways. Healthline. (https://www.healthline.com/health/womens-health/induce-period)
How to make your period come faster: Methods and myths. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324830.php)
What Your Period Says About Health Explained. WebMD. (https://www.webmd.com/women/ss/slideshow-period-related-to-health)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app