Perawatan Wajah

7 Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Cokelat di Wajah (Freckles)

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah bintik-bintik cokelat di wajah:
Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Cokelat di Wajah (Freckles)

Penampilan menjadi hal penting yang harus dijaga. Tidak sedikit yang melakukan berbagai cara untuk menyempurnakan penampilan. Masalah penampilan yang biasanya muncul dan paling dikhawatirkan adalah yang timbul di wajah. 

Salah satu masalah di wajah adalah bintik-bintik cokelat yang sering disebut dengan freckles. Bintik cokelat ini bisa disebabkan karena faktor keturunan dan efek dari terpapar dengan sinar matahari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Freckles ini berbeda dengan tahi lalat karena biasanya freckles sama rata dengan permukaan sekitar wajah. 

Untuk sebagian orang, bintik cokelat tentu menjadi masalah. Tidak heran bila mereka melakukan banyak hal untuk menghilangkan bintik tersebut. 

Meskipun bintik ini tidak berbahaya ataupun tidak terasa nyeri ketika disentuh, namun tetap saja masalah bintik cokelat tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan mengurangi kesempurnaan dalam penampilan.

Berbagai cara menghilangkan bintik di wajah (freckles)

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah bintik-bintik cokelat di wajah:

1. Tabir Surya

Anda yang ingin mengurangi bertambahnya bintik-bintik kecokelatan di wajah dapat menggunakan tabir surya. Tabir surya ini harus digunakan sepanjang hari. 

Sehingga Anda harus mengoleskan ke wajah Anda baik dalam kondisi cuaca yang panas maupun mendung. Memang tabir surya tidak bisa menghilangkan bintik kecoklatan yang sudah ada, tetapi hanya bisa mencegah timbulnya bintik kecoklatan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Ada beberapa strategi jitu yang telah diteliti oleh The American Academy of Dermatology yaitu

  1. Usahakan rutin menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih
  2. Jangan lupa gunakan tabir surya sebelum keluar ruangan  
  3. Bagi Anda yang memiliki aktivitas berlebihan sehingga menyebabkan banyak keringat, gunakan tabir surya setelah dua jam.  

2. Terapi Laser

Untuk Anda yang ingin menghilangkan bintik kecoklatan dapat menggunakan terapi laser. Terapi ini digunakan dengan cara menembakkan gelombang cahaya ke bagian wajah yang bermasalah. 

Namun perlu diketahui bahwa laser yang digunakan untuk tiap masalah di wajah berbeda-beda tergantung kebutuhan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa penggunaan laser bisa memiliki efek samping seperti berikut:

  1. Gatal 
  2. Bengkak
  3. Kemerahan
  4. Kulit mengelupas
  5. Infeksi
  6. Perubahan warna kulit

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu mengulangi terapi laser beberapa kali. Anda yang pernah sakit herpes perlu ada tips khusus agar tidak membahayakan diri. 

Maka dari itu sebelum melakukan terapi laser, perlu adanya konsultasi dengan dokter. 

3. Cryosurgery

Bagi Anda yang ingin menggunakan metode menghilangkan bintik kecokelatan dengan cepat dapat menggunakan cryosurgery. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Metode ini merupakan proses membekukan sel kulit yang tidak normal akan mudah dihancurkan dengan menggunakan nitrogen cair dengan suhu yang tinggi. 

Selain prosesnya yang tidak sakit, metode ini juga memiliki efek samping yang tidak parah sehingga masih bisa dipeulihkan dengan sendirinya. 

Proses ini juga wajib didampingi dengan orang yang sudah ahli sehingga bisa memperkecil resiko yang ditimbulkan.

4. Krim pencerah kulit

Krim pencerah kulit tentu bukan hal yang baru di dunia kecantikan. Anda dapat menjumpainya di berbagai toko kosmetik atau meminta resep dari dokter. 

Bila diamati banyak krim yang mengandung bahan hydroquinone, dimana bahan ini dimungkinkan dapat membuat wajah Anda lebih cerah. 

Namun kandungan ini belum terjamin keamanannya, sehingga untuk pemakaiannya harap dicermati. Bila menggunakan krim pemutih tentu terdapat efek samping seperti:

  1. Peradangan
  2. Kulit kering
  3. Rasa terbakar
  4. Luka lepuh
  5. Perubaan warna kulit

5. Krim retinoid

Memiliki aktivitas di luar ruangan sering meyebabkan wajah terpapar sinar matahari secara langsung. Akibatnya, wajah jadi terlihat lebih kusam. 

Maka dari itu tersedia krim retinoid dimana retinoid akan membantu untuk melindungi wajah dengan menyerap sinar UVB. Krim ini terdiri dari turunan vitamin A yang akan memperbaiki sel kulit yang telah rusak. 

Produk ini tentu juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan seperti:

  1. Kemerahan
  2. Kulit kering
  3. Iritasi kulit
  4. Kulit mengelupas’
  5. Kulit jadi lebih sensitif

6. Produk peeling

Produk peeling merupakan produk yang mengandung asam glikolik dan asam trikloroasetat. Teknik yang satu ini membantu menghilangkan bintik di wajah dengan cara mengelupas area wajah yang sudah rusak. 

Untuk pemulihannya sendiri bisa ditunggu dalam waktu seminggu. Selain itu usahakan untuk menghindar terlebih dahulu dari sinar matahari secara langsung. Produk ini tentu memiliki efek samping seperti:

  1. Rasa menyengat pada kulit
  2. Kulit mengelupas
  3. Kemerahan pada kulit
  4. Iritasi
  5. Bengkak

7. Obat alami

Bagi Anda yang tertarik menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bintik di wajah dapat menggunakan bahan seperti air lemon, bawang putih, dan lain-lain.

 Beberapa bahan tersebut terbukti dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis kulit cocok dengan bahan alami tertentu. 

Sehingga konsultasi adalah hal yang perlu dilakukan dan bila terjadi iritasi segera hentikan pemakaian.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Eye Freckles: Get the Facts About Eye Nevi. WebMD. (https://www.webmd.com/eye-health/eye-freckles)
Freckles: Causes, identification, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323471)
What Are Freckles? (for Kids). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/kids/freckles.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app