7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Kerutan, bintik hitam, warna kulit wajah belang merupakan tanda-tanda penuaan kulit yang umum terjadi pada wanita usia di atas tiga puluhan. Karena semakin tua usia, elastisitas kulit berkurang dan membutuhkan produk perawatan kulit wajah yang berbeda. Krim anti-aging adalah jenis produk yang cocok. 

Namun, apakah kandungan bahan krim anti-aging terbukti mampu mencegah penuaan kulit ? Bagaimana cara kerjanya ? Untuk itu, simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai berbagai macam bahan yang terkandung dalam krim anti-aging di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Apa itu anti-aging ?

Anti-aging adalah istilah dalam dunia kecantikan mengenai proses mencegah terjadinya penuaan di kulit wajah. Penuaan kulit terjadi karena berbagai faktor, internal maupun eksternal. Dunia kedokteran sudah lama mempelajari mengenai anti-aging, dan salah satu caranya adalah menggunakan produk/krim anti-aging.

Dengan menggunakan produk/krim anti-aging proses penuaan kulit wajah bisa diperlambat dan disamarkan. Akan tetapi, tidak semua produk anti-aging yang ada di pasaran memiliki kandungan bahan anti-aging terbaik. Untuk mengetahui apa saja bahan-bahan anti-aging terbaik, mari simak ulasannya berikut ini.

Apa sajakah bahan-bahan terbaik yang harus ada di dalam produk atau krim anti-aging ?

  • AHA & BHA

Kandungan AHA atau alpha hydroxy acid merupakan bahan yang cocok dipakai untuk jenis kulit normal ke kering, bahan ini juga mampu mengatasi kering karena paparan sinar matahari. AHA juga berperan dalam menjaga kelembaban kulit, meningkatkan produksi kolagen dan memperhalus tekstur kulit yang tidak rata.

Sedangkan BHA atau beta hydroxy acid bermanfaat bagi jenis kulit normal ke berminyak.

  • Retinol

Retinol merupakan salah satu zat turunan dari vitamin A. Manfaat dari retinol adalah menyingkirkan sel kulit mati di wajah (dengan cara mengelupaskan kulit), serta meningkatkan produksi kolagen untuk mengencangkan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Sebaiknya apabila Anda baru saja memakai retinol, Anda gunakan tabir surya atau sunblock agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari bisa menyebabkan wajah teriritasi.

Karena hal inilah, krim anti-aging dengan kandungan zat retinol ini biasanya digunakan pada malam hari atau sebagai krim malam. Karena jika terkena sinar matahari, fungsi retinol tidak dapat bekerja dengan maksimal.

  • Niacinamida

Niacinamida atau disebut juga niasin adalah jenis sel vitamin B3 yang kerap ditemukan dalam berbagai sumber makanan seperti daging, ikan, telur, susu dan berbagai sayuran hijau. Kandungan ini sudah terbukti mampu meningkatkan ceramide dan kadar bebas asam lemak pada kulit.

Selain itu, juga berfungsi untuk mencegah dehidrasi pada kulit karena paparan sinar matahari, mampu memicu sirkulasi udara di dalam jaringan sel-sel kulit serta mengurangi dan mencegah jerawat muncul di kulit wajah Anda.

Vitamin E  ini sudah terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen, terutama di kulit wajah, juga mampu mengurangi garis halus/keriput wajah, mengurangi terjadinya perubahan warna kulit wajah yang tidak rata dan menjadi lebih gelap serta efektif dalam memberikan kelembaban kulit wajah dari efek keringnya terkena paparan sinar matahari.

Vitamin C memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh Anda, termasuk bagi kulit wajah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Manfaat untuk kulit wajah Anda di antaranya adalah kemampuannya dalam membantu produksi kolagen, mencerahkan kulit wajah agar tampak lebih bercahaya serta berperan dalam proses penyembuhan jerawat, karena sifat dasar dari vitamin C yang mampu menyembuhkan luka.

  • Avobenzone

Kandungan zat avobenzone merupakan bahan yang umumnya terkandung di dalam produk atau krim anti-aging. Kandungan ini adalah salah satu bahan yang pada umumnya terdapat dalam produk tabir surya atau sunblock.

Avobenzone merupakan zat dalam krim anti-aging yang bermanfaat untuk menghalangi sinar UV A. Kandungan ini apabila dikombinasikan dengan bahan benzofenon-3 atau oxybenzone mampu memberikan perlindungan bagi kulit dari paparan sinar UV B dengan lebih optimal.

Kandungan zat antioksidan di dalam krim anti-aging merupakan zat penting karena bermanfaat untuk mencegah terjadinya garis halus/keriput, mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak, dan menangkal bahaya dari radikal bebas yang bersumber dari polusi udara di sekitar Anda.

Zat antioksidan terdapat dalam beberapa tanaman seperti dalam teh hijau serta ekstrak biji anggur.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The 10 Best Anti-Aging Ingredients. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/beauty-pictures/the-7-best-anti-aging-ingredients.aspx)
4 Great Anti-Aging Skin Cream Ingredients. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/anti-aging-skin-care-ingredients-4156927)
Skin Care Products: Best Ingredients for Aging Skin. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-product-ingredients#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Biar Suka Makan Sayur, Ini 4 Resep Masakan Olahan Sayur yang Wajib Dicoba
Biar Suka Makan Sayur, Ini 4 Resep Masakan Olahan Sayur yang Wajib Dicoba

Untuk mengatasi hal ini, pengolahan yang tepat dari beragam sayuran menjadi cara yang tepat agar anak ataupun anda lebih doyan makan sayuran. Berikut ini telah kami rangkum empat resep olahan sayuran terenak dan sederhana yang bisa anda coba di rumah.

Inilah 7 Bahan Penting dalam Krim Anti-Aging
Inilah 7 Bahan Penting dalam Krim Anti-Aging

Proses penuaan pada wajah manusia dapat diperlambat bahkan disamarkan. Tetapi tidak semua produk yang banyak dijual di pasaran memiliki kandungan bahan anti-aging terbaik. Apa saja bahan yang perlu ada di krim anti-aging? Simak penjelasan selanjutnya ya.

Buka di app