Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Cegah Tubuh Mengalami Penuaan dengan Olahraga Ini

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 647.046 orang

Olahraga memang baik untuk kesehatan dan terbukti efektif mencegah risiko beberapa penyakit mematikan seperti jantung, stroke dan diabetes. Namun sebuah studi yang dilakukan di Harvard pada 2013 lalu mengungkap fakta lainnya, bahwa olahraga ternyata juga bisa membantu mencegah tubuh mengalami penuaan dini. 

Ya, aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin ternyata dapat memengaruhi sel-sel dalam tubuh dan memberikan efek anti penuaan. Bagaimana penjelasannya?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Olahraga dapat mencegah penuaan dini

Sekelompok peneliti dari Universitas McMaster, Kanada melakukan penelitian dengan objek seekor tikus untuk membuktikan apakah olahraga benar-benar bisa memperlambat proses penuaan. 

Adapun tikus yang digunakan dalam penelitian ini sebelumnya sudah direkayasa terlebih dahulu agar mengalami penuaan lebih cepat. Tikus-tikus ini pun dilatih treadmill secara rutin selama beberapa bulan. Hasilnya, mereka tetap muda seperti tikus normal tanpa direkayasa.

Para peneliti ini juga meneliti lebih jauh pada hampir seluruh organ tubuh tikus yang diuji tersebut. Beberapa tikus mengalami perubahan positif terhadap organ tubuhnya berkat olahraga

Akhirnya disimpulkan bahwa melakukan olahraga atau latihan secara rutin memang dapat memberi perlindungan secara efektif terhadap otot-otot tubuh dan pengerutan otak, termasuk mencegah perubahan warna rambut menjadi putih.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan di Universitas Saarland, Jerman, juga memberikan kabar baik untuk orang-orang yang gemar berolahraga. Aktivitas fisik yang rutin disebut-sebut dapat mencegah pemendekan telomer. Secara alami, pemendekan telomer ini akan berlangsung sepanjang hidup manusia

Pemendekan telomer juga sering dikaitkan dengan penuaan dini karena berdampak pada semakin pendeknya DNA sehingga metabolisme tubuh menjadi kacau dan menyebabkan kerusakan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jenis olahraga untuk menunda penuaan

Bicara soal olahraga, ada banyak sekali jenis olahraga di dunia yang bisa kamu lakukan. Bahkan catur pun menjadi salah satu cabang olahraga. Akan tetapi, dalam hal untuk mencegah penuaan dini, ada dua rekomendasi olahraga yang dianggap paling efektif, yaitu:

  • Jogging

Lari-lari santai atau jogging bisa membuat kamu lebih awet muda sekaligus menjaga fungsi normal organ-organ tubuh. Melakukan jogging hingga usia lanjut bisa membuat fungsi tubuhmu akan sama seperti orang-orang berusia 20-30 tahun bahkan mengalami peningkatan. 

Hal itu telah dibuktikan oleh kelompok peneliti dari Humboldt State University dan University of Colorado. Sebaliknya, orang-orang lanjut usia yang tidak terbiasa berolahraga seperti jogging, mereka akan mengalami penuaan dan fungsi tubuhnya tidak berubah

Jadi untuk menyiasati agar tetap awet muda, mulailah rutin melakukan jogging.

  • Yoga

Olahraga lain yang juga bisa kamu lakukan adalah yoga. Meski gerakan-gerakannya seperti tidak membuat tubuh berkeringat, namun yoga dapat memberikan efek yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah membuat kamu tetap awet muda. 

Gerakan dalam yoga berguna untuk melancarkan sirkulasi darah, yang mana akhirnya akan berdampak pada aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Selain itu yoga juga akan mengajarkanmu cara menenangkan pikiran agar terhindar dari stres.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika kamu adalah orang yang amat sangat sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk sekadar melakukan aktivitas jogging atau yoga, kamu bisa mencoba jenis latihan low impact lainnya seperti jalan kaki. 

Atau jika kamu ingin melakukan olahraga dengan intensitas sedang dan beramai-ramai, lakukan senam aerobik secara rutin dengan durasi 150-300 menit per minggu

Mulai sekarang tidak ada alasan untuk tidak berolahraga secara rutin karena banyak sekali efek positif yang akan kamu dapat termasuk mencegah penuaan dini. Semoga bermanfaat.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit