6 Cara Alami Menjaga Kesehatan Tulang Agar Kuat dan Padat

Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Cara Alami Menjaga Kesehatan Tulang Agar Kuat dan Padat

Mengenai struktur tulang

Tulang adalah organ luar biasa yang melayani fungsi struktural, menyediakan mobilitas, dukungan, dan perlindungan bagi tubuh juga menjadi fungsi reservoir, sebagai gudang untuk mineral penting.

Tulang merupakan komponen komposit, terdiri dari kristal mineral yang terikat dengan protein. Ini memberikan kekuatan dan ketahanan sehingga kerangka dapat menyerap benturan tanpa putus. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Struktur yang hanya terbuat dari mineral akan lebih rapuh dan mudah patah, sedangkan struktur yang hanya terbuat dari protein akan lunak dan menekuk dengan mudah. 

Mineral tulang  terdiri dari kristal kecil yang mengandung kalsium dan fosfat, yang disebut hidroksiapatit. Mineral ini terikat ke matriks yang sebagian besar terdiri dari protein tunggal, kolagen. 

Kolagen dibuat oleh sel-sel tulang dan dirakit sebagai batang tipis panjang yang mengandung tiga rantai protein yang kemudian dibentuk menjadi serat yang lebih besar yang diperkuat oleh koneksi kimia. 

Mengenai kesehatan tulang

Tulang Anda mendukung Anda dan memungkinkan Anda untuk bergerak. Mereka melindungi otak, jantung, dan organ tubuh Anda lainnya dari cedera. 

Tulang Anda juga menyimpan mineral seperti kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga tulang Anda kuat, dan melepaskannya ke dalam tubuh ketika Anda membutuhkannya untuk beraktivitas lainnya. 

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tulang Anda sehat dan kuat. Makan makanan yang kaya kalsium dan vitamin D, banyak berolahraga, dan memiliki kebiasaan kesehatan yang baik membantu menjaga kesehatan tulang Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tetapi jika Anda tidak makan dengan benar dan tidak mendapatkan cukup jenis olahraga yang tepat, tulang Anda bisa menjadi lemah dan bahkan patah. Patah tulang (disebut patah tulang) bisa terasa sakit dan kadang-kadang perlu operasi untuk sembuh. 

Mereka juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

Bagaimana cara menjaga tulang kuat dan padat secara alami?

  • Konsumsi banyak Sayur-sayuran 

Sayur menjadi salah satu sumber vitamin C terbaik, yang merangsang produksi sel pembentuk tulang. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa efek antioksidan vitamin C dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan

Sayuran juga tampaknya meningkatkan kepadatan mineral tulang. 

Osteopenia (massa tulang rendah) dan osteoporosis (tulang rapuh) adalah kondisi yang ditandai oleh kepadatan tulang yang rendah.

Asupan sayuran hijau dan kuning yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan mineralisasi tulang selama masa kanak-kanak dan pemeliharaan massa tulang pada orang dewasa muda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Konsumsi cukup vitamin D

Vitamin D membantu Anda menyerap kalsium dalam makanan. Vitamin D didapat dari:

    • Susu
    • Minuman kedelai 
    • Jus jeruk 
    • Ikan salmon dan sarden
    • Margarin
    • Kuning telur
    • Yogurt fortifikasi

    Memang, penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak dan orang dewasa dengan kadar vitamin D rendah cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dan lebih berisiko kehilangan tulang daripada orang-orang yang mendapatkan cukup

    Anda mungkin bisa mendapatkan cukup vitamin D melalui paparan sinar matahari Namun, banyak orang perlu menambah hingga 2.000 IU vitamin D setiap hari untuk mempertahankan kadar yang optimal.

    Kolagen adalah protein utama yang ditemukan dalam tulang. Ini mengandung asam amino glisin, prolin dan lisin, yang membantu membangun tulang, otot, ligamen dan jaringan lainnya.

    Hidrolisat kolagen berasal dari hewan dan umumnya dikenal sebagai gelatin. Telah digunakan untuk meredakan nyeri sendi selama bertahun-tahun.

    • Tetap berolahraga

    Beberapa jenis olahraga untuk memperkuat tulang antara lain:

    Latihan menahan beban seperti berlari, berjalan, hiking, aerobik berdampak rendah, menari, tenis, dan golf.

    Latihan peregangan seperti yoga dan tai chi untuk membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, yang akan menurunkan risiko kelainan tulang

    Magnesium memainkan peran penting dalam mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif yang meningkatkan penyerapan kalsium.

    Magnesium terdapat pada beberapa sumber makanan yang sangat baik serta dilengkapi dengan magnesium glikinat, sitrat atau karbonat mungkin bermanfaat.

    Seng adalah mineral yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil. Ini membantu membuat bagian mineral tulang Anda.

    Sumber seng yang baik termasuk daging sapi, udang, bayam, biji rami, tiram dan biji labu.

    • Menghindari alkohol dan rokok

    Minum alkohol dapat menyebabkan keropos tulang. Jika Anda minum, minumlah tidak lebih dari 2-3 minuman per hari.

    Jika Anda merokok, Anda mungkin mengalami pengeroposan tulang yang lebih cepat dan risiko patah tulang yang lebih tinggi daripada yang bukan perokok.

    3 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    SILICON AND BONE HEALTH. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2658806/)
    10 Natural Ways to Build Healthy Bones. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/build-healthy-bones)

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Buka di app