Makanan dan Diet Sehat

Makanan Yang Mengandung Tinggi Kalsium

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 4, 2020 Tinjau pada Jun 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Makanan Yang Mengandung Tinggi Kalsium

Kalsium adalah nutrisi penting yang menunjang banyak fungsi tubuh untuk bekerja dengan normal sehingga setiap hari tubuh kita membutuhkan makanan yang mengandung kalsium, baik dari sumber hewani maupun nabati tentunya sebisa mungkin kita manfaatkan sumber makanan di sekitar kita yang sebenarnya tinggi kalsium.

Kalsium diperlukan tubuh untuk menunjang fungsi saraf, membantu kontraksi otot-otot dan untuk membantu pembekuan darah normal. Kalsium lebih dikenal karena perannya dalam membangun dan memelihara gigi dan tulang yang kuat. Manfaat kalsium lainnya juga untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Memastikan tubuh selalu terpenuhi kebutuhan kalsium nya akan membantu mempertahankan kekuatan tulang. Kalsium adalah mineral yang paling berlimpah di dalam tubuh, dan karena kalsium tidak bisa kita buat dalam tubuh, maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi sesuai kebutuhan.

Mengapa Vitamin D penting?

Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium secara efektif. Tidak seperti vitamin lain, kita tidak perlu untuk mendapatkan vitamin D dari makanan, karena sumber utama vitamin D dibuat oleh tubuh kita sendiri. Vaitamin D dibuat di kulit akibat paparan sinar matahari. Ini adalah hal yang baik karena sebagian besar makanan tidak mengandung, atau sangat sedikit, vitamin D secara alami. 

Makanan yang mengandung vitamin D antara lain: Ikan berlemak, makanan yang diperkaya margarin, beberapa sereal, dan susu formula. Lebih lanjut silahkan baca di sini: Sumber Vitamin D Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi, karena pilihannya begitu banyak dan tidak mungkin tidak ada yang disuka.

Berapa banyak kalsium yang kita butuhkan?

Orang dewasa di atas usia 18 tahun membutuhkan sekitar 700 mg kalsium per hari. Di samping itu ada situasi lain di mana tubuh membutuhkan lebih banyak kalsium, yaitu:

  • Ibu menyusui (1250 mg).
  • Penyakit celiac (1000-1500 mg).
  • Pasca menopause (1200 mg).
  • Tulang keropos ( osteoporosis ) (1000 mg).
  • Ibu menyusui (1250 mg).
  • Penyakit celiac (1000-1500 mg).
  • Pasca menopause (1200 mg).
  • Tulang keropos ( osteoporosis ) (1475 mg).

Terkadang seseorang ketahuan bahwa kalsium dalam tubuhnya rendah setelah melakukan pemeriksaan darah, sehingga dalam kondisi hipokalsemia (kadar kalsium yang rendah dalam darah), makaperlu asupan kalsium yang banyak sesuai berat ringannya. Penggunaan obat steroid dalam jangka panjang (selama tiga bulan atau lebih) juga menyebabkan banyaknya kalsium yang hilang (resiko osteoporosis) sehingga membutuhkan asupan makanan makanan tinggi kalsium.

Makanan Sumber Kalsium

Salah satu jenis sumber makanan yang mengandung kalsium yang cukup terkenal adalah susu dan produk susu. Namun, selain itu, kalsium juga banyak ditemukan dalam makanan lainnya, seperti ikan dengan tulang yang dapat dimakan, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan.

Beberapa produsen makanan juga memperkaya produk makanan dengan kalsium dengan menambahkannya ke makanan tertentu - misalnya, dalam susu kedelai, jus jeruk, sereal dan roti.

Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium (Susu)

Makanan Ukuran porsi Kandungan Kalsium
Susu (semua jenis) 200 ml 240 mg
Susu kental manis 125 g 200 mg
 Keju cheddar 30 g 216 mg
 Keju segitiga lembut 15 g 100 mg
 Es krim 60 g (satu sendok) 78 mg

Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium Selain Susu

Selain susu, masih banyak sumber makanan tinggi kalsium lainnya, seperti pada tabel di bawah ini yang tentunya mudah didapat di Indonesia.

 Makanan Ukuran (porsi) Kandungan Kalsium
 Ikan Sarden 100 g (4 ekor) 410 mg
 Ikan Salmon 100 g 28 mg
 Kacang panggang 220 g 100 mg
 Susu Kedelai 200 ml 240 mg
 Jus Jeruk 250 ml 300 mg
 Tahu 100 g 500 mg
 Sayuran Keciwis 1 cangkir 268 mg
 Bayam 100 g 150 mg
 Selada Air 50 g 75 mg
 Brokoli 50 g 30 mg
 Okra 50 g 130 mg
 Sayuran Kale 50 g 65 mg
 Kacang Arab 100 g 45 mg
 Kacang Almon 15 g 35 mg
 Kacang Brazil 15 g 26 mg
 Biji wijen Satu Sendok 160 mg
 Roti yang diperkaya 80 g 300 mg
 Kismis 100 g 93 mg

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Top 15 Calcium-Rich Foods (Many Are Non-Dairy) (https://www.healthline.com/nutrition/15-calcium-rich-foods#section2)
Vitamins and minerals - Calcium - NHS (https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/calcium/)
Genetics of Osteogenesis Imperfecta Treatment & Management: Medical Care, Surgical Care, Consultations (https://emedicine.medscape.com/article/947588-treatment#d6)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app