Makanan dan Diet Sehat

5 Makanan yang Membuat Miss V Basah & Tidak Kering

Dipublish tanggal: Mei 21, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Makanan yang Membuat Miss V Basah & Tidak Kering

Setelah masa menopause Anda alami, maka akan terlihat perubahan pada bagian vagina yang cenderung lebih kesat atau kering. Vagina yang kering akan membuat wanita merasa sakit ketika sedang melakukan hubungan badan dengan pasangan. 

Sehingga untuk mencari solusinya kebanyakan wanita yang sudah menginjak masa menopause menggunakan pelumas untuk memuaskan pasangannya demi mencapai klimaks.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Meskipun vagina kering menjadi hal yang umum, karena semua wanita akan mengalami masa menopause. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengatasi vagina kering agar lebih terasa lebih lembab dan tidak terasa sakit ketika melakukan hubungan seksual. 

Selain karena sudah menginjak masa menopause, ternyata vagina yang kering disebabkan karena adanya masalah fisik, gaya hidup yang tidak baik, maupun diakibatkan karena penggunaan produk untuk perawatan daerah kewanitaan.

Penggunaan cairan pelumas memang menjadi salah satu solusi yang sering kali dilakukan oleh wanita. Namun mengingat, pelumas vagina mengandung bahan kimia, sehingga untuk jenis kulit sensitif dirasa akan berbahaya karena mudah mengalami iritasi. 

Selain menggunakan pelumas, ternyata dari segi makanan dapat menghindarkan Anda dari vagina kering. Berikut ini 5 jenis makanan yang tidak akan membuat vagina Anda mengering:

1. Biji rami, makanan yang memiliki banyak kandungan fitoestrogen

Makanan yang mengandung bahan berupa fitoestrogen seperti biji rami, memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Biji rami memiliki peran dalam meningkatkan kadar estrogen, sehingga dapat mengatasi vagina yang kering. 

Apabila Anda mengkonsumsi biji rami secara teratur, maka akan membantu untuk melawan risiko serangan kanker serta bisa menurunkan kadar kolesterol.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

2. Kedelai, makanan yang penjaga organ intim wanita

Mengkonsumsi banyak kedelai setiap harinya dapat membantu tubuh untuk mengembalikan fungsi estrogen seperti menjaga organ intim supaya tetap sehat dan membantu melumasi vagina. Hal ini dikarenakan kedelai memiliki kandungan berupa fitoestrogen dengan bentuk sintetis. 

Kedelai mengandung estrogen, protein, isoflavon, lemak omega 3. Asam float, kalsium, mineral, vitamin dan zat besi.

3. Biji-bijian dan Kacang-kacangan, jenis makanan dengan nutrisi yang baik

Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung nutrisi dan lemak esensial seperti biji-bijian atau kacang-kacangan mampu membantu wanita untuk mengatasi permasalahan seperti vagina kering. 

Selain nutrisi dan kandungan lemak, jenis makanan ini mengandung vitamin E dan serat yang siap membantu keseimbangan hormon sekaligus melembabkan vagina supaya tetap sehat.

4. Buah apel, menjauhkan vagina dari gatal dan iritasi

Apel sudah terkenal sebagai buah yang memiliki banyak kandungan fitoestrogen. Apabila wanita mengkonsumsi apel secara teratur, yaitu 1-2 buah di setiap harinya, maka akan membantu wanita untuk melembabkan organ intim wanita serta menjauhkan dari rasa gatal dan iritasi.

 Apel memiliki pelumasan untuk vagina dan berfungsi sangat baik perihal seksual.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

5. Ikan, kaya omega 3 dan minyak esensial

Tubuh membutuhkan beraneka ragam jenis makanan, termasuk kebutuhan akan omega 3 dan minyak esensial yang memang sangat baik untuk tubuh. Kedua kandungan tersebut bisa Anda dapatkan dari ikan tuna, salmon, ikan cod maupun spesies ikan air dingin. 

Mengkonsumsi ikan akan mengurangi rasa gatal atau panas ketika melakukan hubungan seks yang diakibatkan vagina kering.

Kondisi vagina yang kering merupakan kondisi saat jaringan pada miss V telah kehilangan kekenyalan yang diakibatkan karena menurunnya kadar estrogen. Kondisi inilah yang akan menjadikan selaput vagina berubah menjadi lebih kering dan tipis. 

Hal ini akan menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan ketika melakukan hubungan badan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
8 Foods for Your Vagina’s Fertility, Lubrication, and pH Balance. Healthline. (https://www.healthline.com/health/womens-health/food-for-vagina)
Foods for vaginal health: How can diet help?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327507.php)
Vaginal Dryness: Causes and Moisturizing Treatments. WebMD. (https://www.webmd.com/women/guide/vaginal-dryness-causes-moisturizing-treatments)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Buka di app