5 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Haid

Dipublish tanggal: Jun 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Haid

Sakit pinggang adalah salah satu dari banyak masalah yang dirasakan wanita saat haid. Biasanya sakit pinggang mulai dirasakan beberapa hari menjelang haid atau sesaat sebelum haid. 

Meskipun jarang, tetapi ada sebagian wanita yang merasakan sakit pinggang hingga berakhir masa haid. Sakit pinggang ditandai dengan rasa nyeri di punggung bagian bawah dan area sekitar bokong.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

Sakit pinggang memang tidak berbahaya namun akan terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas. Sakit pinggang yang dirasakan setiap wanita berbeda-beda, ada yang ringan ada juga yang sangat menyakitkan.

Pada hari-hari yang bukan masa haid, otot-otot di dinding rahim tetap berkontraksi secara halus. Sakit pinggang saat haid terjadi karena kontraksi otot-otot perut yang tidak seperti hari-hari biasanya. 

Kontraksi terjadi karena pembuluh darah pada dinding rahim menyempit yang membuat aliran darah dan oksigen terputus. Karena itulah, wanita merasakan nyeri hingga bagian panggul saat haid tiba.

Cara mengatasi Sakit Pinggang saat Haid

Salah satu cara untuk mengatasi sakit pinggang saat haid adalah dengan beristirahat. Istirahat akan menjaga tubuh agar tetap tenang ketika sakit pinggang terjadi. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang saat haid.

Peregangan

Peregangan akan meredakan kram perut dan sakit pinggang. Cobalah untuk duduk atau berdiri tegak, lalu putar badan bergantian ke kanan dan kiri.

Kompres atau mandi air hangat

Kompres atau mandi menggunakan air hangat dapat meredakan nyeri otot saat haid. Suhu air yang hangat akan memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah dan oksigen akan lebih lancar serta akan melemaskan otot yang tegang agar rasa nyeri menghilang. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

Cara kompres air hangat adalah rendamkan waslap dalam air panas dengan suhu 40-50o Celcius. Peras waslap untuk membuang air yang berlebih, lalu tempelkan pada pinggang selama 10-15 menit.

Makan coklat batangan

Bagi yang sedang ngidam makanan yang manis-manis, makan coklat batangan sangat ampuh untuk menguranginya. Selain itu makan coklat batangan juga akan meredakan rasa sakit pinggang saat haid. Coklat hitam mengandung antioksidan yang tinggi yang bersifat antiradang dan sebagai pereda alami rasa nyeri.

Olahraga

Olahraga yang teratur saat haid dapat mengurangi rasa nyeri di pinggang. Ketika berolahraga tubuh akan menghasilkan endorfin yaitu senyawa untuk meringankan rasa sakit secara alami. 

Olahraga yang teratur juga dapat melancarkan peredaran darah yang dapat mengurangi bengkak dan peradangan. Olahraga yang bisa dilakukan saat haid seperti: jogging, bersepeda, lari, berenang, dan jalan kaki.

Obat

Obat dalah cara terakhir yang dapat Anda coba untuk mengurangi rasa nyeri pinggang saat haid. Obat pereda rasa nyeri tanpa resep seperti naproxen atau ibuprofen. Agar tetap aman untuk dikonsumsi, minumlah dengan dosis terendah, namun sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Selain itu, untuk mengatasi sakit pinggang saat haid dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung zat besi seperti sayuran dan buah. Hindari mengkonsumsi minuman berkafein, minuman dingin, dan minum yang beralkohol.

Sakit pinggang saat haid juga dikenal dengan dismenorea. Dismenorea terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Dismenorea primer, yang timbul sejak hari pertama haid dan akan pulih dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Ini adalah nyeri haid yang normal dan tidak membahayakan kesehatan dan terjadi murni karena kontraksi pada dinding rahim.
  • Dismenorea sekunder, timbul di kemudian hari setelah haid pertama, yang berlangsung hingga 3 sampai 4 hari disertai dengan mual dan muntah, bahkan diare. Dismenorea sekunder disebabkan oleh adanya penyakit seperti: endometriois, infeksi, kista ovarium, tumor, dan sebagainya.

Jadi, jika sakit pinggang semakin parah dan tak tertahankan, sebaiknya untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Period pain: Overview. PubMedHealth. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0072508/.
Harada T. Dysmenorrhea and endometriosis in young women. Yonago Acta Medica. 2013;56:81.
Frequently asked questions. Gynecologic problems FAQ046. Dysmenorrhea: Painful periods. American College of Obstetricians and Gynecologists. https://www.acog.org/Patients/FAQs/Dysmenorrhea-Painful-Periods.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app