Cara Ampuh Mengatasi Sakit Pinggang

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mei 22, 2019 Waktu baca: 4 menit
Cara Ampuh Mengatasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan keluhan yang banyak diderita oleh kebanyakan orang, terutama mereka yang aktif bekerja (usia produktif) dan mereka yang sudah lanjut usia. Keluhan yang satu ini memang dapat mengganggu aktivitas harian.

Cara terbaik untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan mengetahui penyebabnya, kemudian mencari solusi yang tepat sesuai dengan penyebab atau letak gangguan terjadi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Baca juga : Penyebab Sakit Pinggang

Namun jika Anda masih bingung atau kurang mengerti penyebab sakit pinggang yang sedang Anda alami, maka cara mengatasi sakit pinggang berikut dapat membantu Anda. Namun kembali lagi ini tergantung berapa lama sakit pinggang terjadi, seberapa parah sakitnya dan pilihan yang dapat Anda terapkan.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Jangka Pendek

Yang dimaksud dengan sakit pinggang jangka pendek yaitu sakit pinggang yang baru saja terjadi dan biasanya berlangsung tidak lebih dari 6 minggu. Kondisi seperti ini dapat diobati dengan obat sakit pinggang yang dijual di pasar dan perawatan sederhana di rumah, seperti :

1. Minum Obat Sakit Pinggang

Asetaminofen atau parasetamol merupakan obat bebas yang dapat membantu meredakan sakit pinggang ringan. Obat lainnya yang termasuk golongan Non-Steroid Anti-Inflammatory Drugs (NSAID), seperti Ibuprofen akan lebih efektif meredakan sakit pinggang. Gunakanlah dengan bijak, perhatikan aturan pakainya. Obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat, seperti Codeine (harus dengan resep dokter) juga merupakan obat pilihan dan terkadang dikombinasikan dengan Parasetamol. Jika sakit pinggang disebabkan oleh sentakan (spasm) atau kejang otot, dokter akan meresepkan Diazepam dalam penggunaan yang singkat.

2. Terapi Panas dan Dingin

Mandi air panas atau botol berisi air panas yang ditempelkan pada daerah pinggang yang sakit dapat membantu meringankan rasa sakit. Sementara itu, kompres dingin seperti kompres es atau kantong tebal berisi es batu juga dapat membantu meringankan nyeri pinggang. Namun, jangan menaruh es langsung ke kulit karena dapat menyebabkan radang dingin. 

3. Atur Posisi Tidur

Mengubah posisi tidur di sini bertujuan untuk meregangkan punggung sehingga dapat meringankan rasa sakit. Caranya sebagai berikut :

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1
  • Jika Anda tidur miring, maka tariklah kaki (menekuk) sedikit ke arah dada dan menempatkan bantal di antara kaki.
  • Jika Anda tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut. Hal ini akan membantu mempertahankan kurva normal punggung bawah.

4. Relaksasi

Relaksasi atau bersantai merupakan hal penting untuk mengurangi dan mengatasi sakit pinggang karena ketegangan otot yang disebabkan oleh faktor psikis atau pikiran tegang. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu berpikir positif walaupun sedang sakit cenderung akan pulih lebih cepat dan mudah menghindari sakit pinggang jangka panjang.

5. Tetap Aktif

Para ahli setuju bahwa sering bermalas-malasan di tempat tidur, berbaring atau tidak aktif dalam waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan pinggang. Orang-orang yang tetap aktif cenderung pulih lebih cepat. Ini mungkin sulit pada awalnya saat sakit parah, namun cobalah untuk bergerak sebanyak yang Anda bisa, lakukan sedikit-sedikit secara bertahap. Mulai dari berjalan di sekitar rumah, taman, dll. Hal ini juga dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit.

6. Latihan dan Gaya Hidup Sehat

Hal ini sangat cocok dilakukan jika penyebab sakit pinggang adalah kelebihan berat badan, postur tubuh yang buruk dan stres. Olahraga teratur dan aktif setiap harinya akan membantu menjaga punggung tetap kuat dan sehat. Kegiatan seperti berjalan kaki, berenang dan yoga adalah pilihan populer. Pilihlah kegiatan yang menyenangkan untuk Anda.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Jangka Panjang

Sakit pinggang jangka panjang yaitu berlangsung selama lebih dari 6 minggu (sakit pinggang kronis). Untuk mengatasi sakit pinggang yang seperti ini, dokter akan menyarankan obat penghilang rasa sakit dan merekomendasikan perawatan sebagai berikut : 

1. Olahraga Rutin

Program latihan khusus perlu diawasi oleh instruktur terlatih. Latihan atau olahraga yang dilakukan bertujuan untuk memperkuat otot dan memperbaiki postur tubuh.

2. Terapi Manual

Terdapat berbagai jenis terapi manual termasuk manipulasi, mobilisasi dan pijat, biasanya ini dilakukan oleh ahli tulang, ahli osteopati atau fisioterapis. Terapi manual biasanya memakan waktu sampai 9 sesi selama periode sampai dengan 12 minggu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

3. Akupunktur

Pengobatan kuno China di mana jarum halus ditusukkan pada titik-titik yang berbeda dalam tubuh. Akupunktur telah terbukti membantu mengurangi sakit pinggang bawah. Terapi ini biasanya memakan waktu sampai 10 sesi selama periode sampai dengan 12 minggu.

4. Nerve Block

Merupakan metode pemblokiran akar saraf dengan cara menyuntikkan steroid atau anestesi di daerah punggung (sekitar tulang belakang) tergantung daerah pinggang mana yang sakit. Jika sakit pinggang disebabkan oleh saraf terjepit atau meradang di tulang belakang, suntikan dapat membantu meringankan rasa sakit sepanjang jalur saraf terkait, yakni dari pinggang ke kaki.

5. Suntikan Sendi Facet (Facet Joint Injections)

Prosedur ini menggunakan suntikan anestesi atau steroid dalam sendi facet. Sendi facet merupakan sendi yang menghubungkan antar tulang belakang sehingga tetap selaras.

6. Antidepresan

Jika obat penghilang rasa sakit tidak mempan, Anda mungkin akan diresepkan antidepresan trisiklik (TCA), seperti amitriptyline. TCA awalnya ditujukan untuk mengobati depresi, namun juga efektif untuk mengobati beberapa penyakit1 yang persisten, termasuk sakit pinggang yang membandel.

7. Operasi

Operasi untuk mengatasi sakit pinggang biasanya hanya direkomendasikan ketika semua pilihan pengobatan lain gagal. Pembedahan mungkin disarankan jika sakit pinggang begitu parah sampai-sampai Anda tidak dapat tidur atau melakukan kegiatan sehari-hari.

Jenis operasi akan tergantung pada jenis sakit pinggang serta penyebabnya. Sebagai contoh, sebuah prosedur yang dikenal sebagai disektomi mungkin digunakan jika Anda memiliki disc prolaps. Contoh lainnya, operasi fusi tulang belakang yang merupakan prosedur pembedahan di mana sendi yang menyebabkan sakit dijadikan satu agar tidak bisa bergerak.

Sebelum menjalani operasi untuk mengatasi sakit pinggang, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter. Pertimbangkan risiko dan manfaat yang diperoleh agar memberikan hasil yang maksimal terhadap perkembangan nyeri Anda.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app