Cara Atasi Sakit Pinggang Saat Haid Paling Mujarab

Dipublish tanggal: Mei 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Atasi Sakit Pinggang Saat Haid Paling Mujarab

Bagi wanita yang sudah pubertas ditandai dengan keluarnya darah dari kemaluan tiap bulannya yang disebut menstruasi. Tiap wanita memiliki siklus waktu yang berbeda-beda saat mengalami menstruasi. Namun, pada umumnya terjadi 28 hari sekali dengan lama menstruasi 3-7 hari.

Nah, saat menstruasi datang, respon tubuh yang terjadi juga beragam. Salah satu gejala yang timbul adalah nyeri pinggang. Hampir sebagian besar wanita sering mengeluhkan sakit pinggang ketika tamu bulanannya datang. Nyeri ini tepat berada di punggung bawah, di atas area bokong. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tapi, jangan khawatir, ketika nyeri pinggang tersebut mengganggu aktivitas Anda, cara berikut bakalan mujarab untuk meredakan keluhan Anda.

Lakukan peregangan

Salah satu cara atasi sakit pinggang saat haid adalah lakukan peregangan sederhana. Caranya, cobalah duduk atau bisa juga berdiri tegak. Kemudian, putar badan secara bergantian ke kanan dan ke kiri. Peregangan ini juga bisa dilakukan sambil berbaring.

Saat dalam posisi berbaring, peregangan dapat dilakukan dengan cara menarik kedua lutut Anda sampai dada. Lalu, dekap dengan erat selama beberapa saat.

Kompres atau mandi dengan air hangat

Apabila setelah melakukan peregangan, rasa nyeri belum cukup teratasi, Anda dapat mengompres pinggang menggunakan air hangat.

Tahukah Anda, saat nyeri pinggang, otot-otot dalam kondisi menegang dalam waktu lama. Nah, cara efektif untuk meredakannya dengan mengompres air hangat. Suhu hangat dari air tersebut akan melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah maupun suplai oksigen dapat berjalan dengan lancar, terutama pada daerah pinggang. 

Cara ini efektif untuk membantu melemaskan otot yang tegang atau nyeri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

Terlebih dulu, rendam waslap ke dalam baskom berisi air panas bersuhu 40-50 derajat Celcius, kemudian peras airnya. Tempelkan waslap hangat pada pinggang yang nyeri selama 10 sampai 15 menit. Alternatif kompres air hangat, juga dapat dilakukan mandi atau berendam dengan air hangat.

Konsumsi cokelat batangan

Hampir sebagian besar wanita menyukai cokelat batangan. Sebab, makanan ini efektif untuk hilangkan stress yang berlebih. Tahukah Anda, ternyata selain hilangkan stress, cokelat juga efektif untuk meredakan sakit pinggang lho, terutama cokelat hitam atau dark chocolate.  

Bagaimana bisa dark chocolate mampu meredakan sakit pinggang saat menstruasi? Tahukah Anda, dalam cokelat hitam, terkandung antioksidan yang mampu meredakan nyeri secara alami dan bersifat sebagai antiradang.

Olahraga

Jangan kira, saat menstruasi lantas bermalas-malasan karena sakit yang dialami. Sebab, menurut beberapa penelitian, justru ketika haid dianjurkan untuk berolahraga secara rutin untuk menghilangkan rasa nyeri pinggang. Bagaimana bisa?

Tahukah Anda, ketika olahraga, tubuh secara alami akan menghasilkan hormon endorfin. Hormon ini diproduksi oleh otak untuk meringankan rasa sakit dari dalam. 

Apalagi, olahraga teratur juga mampu memperlancar aliran darah pada daerah yang terasa nyeri sehingga mengurangi terjadinya bengkak maupun peradangan.

Lalu, jenis olahraga apa yang tepat dilakukan saat menstruasi? Pada dasarnya, setiap jenis aktivitas fisik baik dilakukan ketika datang bulan. Namun, menurut hasil studi, olahraga aerobik sangat dianjurkan seperti jogging, lari, bersepeda, berenang, dan jalan kaki.

Obat-obatan

Cara ini adalah alternatif paling akhir ketika sakit pinggang tidak kunjung sembuh usai melakukan langkah di atas. Maka, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri tanpa resep seperti ibuprofen atau naproxen. Kedua obat ini mampu mengendurkan bagian otot yang nyeri atau tegang. 

Namun, pastikan dosis yang digunakan adalah yang paling rendah supaya tetap aman. Akan lebih baik lagi, jika sebelum mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri haid, dikonsultasikan dulu ke dokter.

27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Period pain: Overview. PubMedHealth. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0072508/.
Harada T. Dysmenorrhea and endometriosis in young women. Yonago Acta Medica. 2013;56:81.
Frequently asked questions. Gynecologic problems FAQ046. Dysmenorrhea: Painful periods. American College of Obstetricians and Gynecologists. https://www.acog.org/Patients/FAQs/Dysmenorrhea-Painful-Periods.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app