Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR AHMAD MUHLISIN
Kehamilan

Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Menghitung masa subur wanita dan melihat ciri-cirinya agar dapat merencakan kehamilan dengan baik.
Update terakhir: SEP 17, 2019 Tinjau pada SEP 17, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 822.986 orang

Cara  Mudah Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Banyak wanita atau pasangan suami istri ingin mengetahui kapan terjadinya masa subur wanita setelah haid, hal ini di rasa penting karena sebagai acuan untuk merencanakan apakah ingin cepat mendapatkan momongan atau ingin menundanya dengan metode KB Alami.

Masa subur adalah suatu masa yang terdapat di dalam siklus haid wanita dimana pada saat itu terdapat sel telur yang matang dan siap dibuahi oleh sel sperma. Apabila seorang wanita melakukan hubungan suami istri pada saat masa subur maka kemungkinan untuk terjadi kehamilan akan sangat besar. Baca juga: Fakta Menarik Masa Subur Pria

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 hari pertama merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun

Blackmores pregnancy breast feeding gold 120s 1

Bagaimana cara menentukan masa subur wanita?

Faktanya, masa subur pada wanita tidak bisa kita sama ratakan, artinya akan bisa berbeda antara satu dengan yang lain, hal ini karena setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda pula antar individu. Sebagai patokan, umumnya wanita mempuyai siklus haid yang berulang dengan kisaran waktu 21 - 35 hari dengan rata-rata normalnya 28 hari sekali.

Untuk menghitung masa subur wanita sebenarnya tidak telalu sulit hanya saja memerlukan ketelitian dan kesabaran agar memperoleh hasil maksimal dan untuk dapat menentukan masa subur wanita setelah haid dengan tepat diperlukan pengamatan sedikitnya enam kali siklus haid untuk menentukan apakah siklus haidnya teratur atau tidak teratur.

Pada satu siklus haid, wanita mengalami ovulasi (masa subur) hanya satu kali, dan biasanya masa subur terjadi beberapa hari setelah haid dan pada hari ke 14 sebelum haid berikutnya. Lebih lanjut, berikut penjelasan cara menghitung masa subur wanita setelah haid:

Masa Subur Pada Wanita dengan Siklus Haid Teratur

Masa subur wanita akan mudah diketahui apabila siklus haid setiap bulan lancar dan teratur. Beberapa ahli berpendapat bahwa siklus haid normal adalah 28 hari.

Dengan menghitung hari pertama haid dalam siklus sebagai hari ke-1 dan hari pertengahan siklus haid sebagai hari ke-14, maka masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam siklus haid.

Karena sel sperma dapat hidup dalam waktu 48 -72 jam maka masa prasubur adalah hari ke-11 yaitu 3 hari sebelum hari ke-14 dan hari ke-17 yaitu 3 hari setelah hari ke -14. Jadi masa subur setelah haid terjadi pada hari ke-11 hingga hari ke-17 dalam siklus haid yang normal.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 hari pertama merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun

Blackmores pregnancy breast feeding gold 120s 1

Contohnya begini:

Seorang isteri yang mempunyai siklus haid teratur mengalami haid pertama pada tanggal 5 November. Tanggal 5 November ini dihitung sebagai hari ke-1, tanggal 15 November dihitung sebagai hari ke-11, Tanggal 21 November dihitung sebagai hari ke-17.

Jadi masa suburnya adalah sejak tanggal 15 November hingga tanggal 21 November.

Masa Subur Wanita dengan Siklus Haid Tidak Teratur

Masa subur akan sulit diketahui apabila siklus haid setiap bulan tidak teratur. Sebelum melakukan penghitungan masa subur, harus terlebih dahulu melakukan pencatatan jumlah hari pada siklus haid, sedikitnya memerlukan pegamatan terhadap enam kali siklus haid.

Satu siklus haid dihitung sejak hari pertama haid sekarang hingga satu hari sebelum hari pertama haid berikutnya, catatlah jumlah hari pada siklus haid terpendek dan jumlah hari pada siklus haid terpanjangnya.

Kemudian jumlah hari pada siklus haid terpendek di dalam enam kali siklus haid dikurangi 18 untuk menentukan hari pertama masa subur dan jumlah hari pada siklus haid terpanjang di dalam enam kali siklus haid dikurangi 11 untuk menentukan hari terakhir masa subur.

Contohnya begini:

Seorang isteri yang mempunyai siklus haid tidak teratur, dengan jumlah hari pada siklus haid terpendek selama 25 hari dan jumlah hari pada siklus haid terpanjang selama 33 hari. Hari pertama masa subur adalah 25 - 18 yaitu pada hari ke-7 dan hari terakhir masa subur adalah 33 - 11 yaitu pada hari ke-22.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. 1000 hari pertama merupakan periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun

Blackmores pregnancy breast feeding gold 120s 1

Jadi masa subur setelah haid terjadi sejak hari ke-7 sampai hari ke-22 dalam siklus haid.

Ciri-ciri masa subur pada wanita yang bisa diamati

Selain dari penghitungan kalender, mengetahui masa subur wanita juga bisa dilihat dari ciri-ciri khusus yang dapat Anda rasakan. Cara ini bisa jadi lebih efektif untuk Anda menentukan masa subur wanita.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri masa subur wanita yang bisa Anda cermati:

Tabel Suhu Basal Tubuh

Lebih detil lagi untuk menghitung suhu basal tubuh, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut:

  • Siapkan termometer, alat tulis, dan kertas grafik suhu basal tubuh.
  • Di malam hari sebelum tidur, pastikan dulu termometer berada pada suhu normal (36 derajat celcius).
  • Ketika bangun dipagi hari, sebelum melakukan aktivitas apapun, segera letakkan termometer dimulut selama 5 menit.
  • Jangan melakukan aktivitas apapun selama masa pengukuran, tetaplah berbaring dengan tenang.
  • Lakukan ini setiap hari selama beberapa bulan dan catat suhu pada kertas grafik.
  • Jika terjadi kenaikan maka kemungkinan Anda berada pada ovulasi atau masa subur.

Anda dapat mendownload tabel kertas grafik suhu basal tubuh dengan meng-klik gambar tabel di atas.

Pada saat masa subur ini suami isteri sangat dianjurkan untuk melakukan 'hubungan' apabila mereka menginginkan kehamilan, dan tidak direkomendasikan menggunakan alat kontrasepsi dalam bentuk apapun untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ciri-ciri Wanita Subur Secara Umum

Pada umumnya, seorang wanita sehat berada pada puncak masa suburnya saat usianya di bawah 34 tahun, tetapi jika sudah melewati umur tersebut bukan berarti seorang wanita tidak dapat memiliki kesempatan untuk hamil lagi, hanya saja kesempatan itu lebih kecil dari sebelumnya.

Sebelumnya telah dijelaskan tentang cara menghitung masa subur wanita dan juga ciri-ciri yang dapat dilihat, namun jika Anda penasaran tentang apakah Anda termasuk wanita yang masih dalam usia subur atau tidak, maka coba simak beberapa ciri-ciri wanita subur secara umum berikut ini:

  • Siklus haid lancar
  • Berat badan ideal
  • Tidak menggunakan alat kontrasepsi
  • Tidak merokok
  • Bebas stres

Jika Anda memiliki ciri-ciri tersebut dan termasuk sebagai wanita yang masih subur, maka Anda dapat menggunakan teknik dan melihat ciri-ciri masa subur wanita yang sudah dijelaskan pada bagian atas artikel ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit