14 Manfaat Kesehatan Luar Biasa Dari Mengonsumsi Jambu Biji Selama Kehamilan

Dipublish tanggal: Jul 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
14 Manfaat Kesehatan Luar Biasa Dari Mengonsumsi Jambu Biji Selama Kehamilan

Meskipun mentah atau sepenuhnya matang, buah jambu biji ini banyak disukai karena rasanya yang manis dan enak dan memiliki sejuta manfaat.

Tetapi Anda mungkin tidak yakin apakah buah ini dianggap tidak berbahaya dan aman dikonsumsi oleh para ibu hamil. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai buah jambu biji ini, mari simak artikel berikut.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Apakah aman mengkonsumsi jambu biji selama kehamilan?

Ya, buah ini umumnya aman dan sehat untuk dikonsumsi dalam setiap tahap kehamilan. Buah ini kaya akan nutrisi dan memberikan beberapa manfaat kesehatan. Tetapi Anda harus memastikannya bahwa buah ini dikonsumsi dalam keadaan matang dan telah dikupas kulitnya untuk menghindari risiko kesehatan.

Rekomendasi jumlah yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sekitar 100-125 gram. Ingatlah bahwa mengkonsumsi berlebih dapat berdampak bagi kesehatan dan harus dihindari untuk mencegah efek buruk pada janin.

Manfaat kesehatan buah jambu biji selama kehamilan

Berikut adalah semua nutrisi dan manfaat jambu biji selama kehamilan.

  • Meningkatkan kekebalan

Jambu biji kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

Ibu hamil umumnya rentan akan tingkat tekanan darah yang tinggi selama kehamilan. Jambu biji dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali dan menghindari risiko seperti keguguran dan kelahiran prematur. 

Selain itu, jambu biji juga kaya akan kalium dan mengkonsumsi buah ini membantu menjaga tekanan darah yang optimal dan mencegah lonjakan tekanan darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Diabetes gestasional adalah salah satu kondisi medis umum yang dihadapi selama kehamilan, terutama pada minggu ke-24. Jambu biji memiliki potensi untuk mengontrol kadar gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi dan adanya karbohidrat kompleks, menjaga diabetes gestasional tetap terkendali.

  • Mencegah Sembelit dan Wasir

Konstipasi dan wasir adalah salah satu masalah yang dihadapi wanita hamil karena perlambatan hormon. Jambu biji yang kaya serat memainkan peran penting dalam mencegah kondisi ini. Kandungan serat jambu yang tinggi dapat mencegah sembelit.

  • Meningkatkan pencernaan

Mengkonsumsi jambu biji selama kehamilan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah ini dapat mencegah masalah pencernaan seperti mulas, mual, dan lainnya. Konsumsi makanan alkali dianjurkan selama kehamilan karena dapat menurunkan risiko pengembangan keasaman dan asam lambung

Jambu biji bersifat basa dan membantu menyeimbangkan kandungan asam lambung. Konsumsi jambu biji di antara waktu makan memastikan bahwa kandungan pH lambung Anda terjaga dengan baik dan seimbang.

  • Menurunkan risiko Kanker

Kanker memang jarang terjadi pada wanita hamil. Akan tetapi perlu diketahui bahwa buah ini mengandung antioksidan yang melawan kanker. Jambu biji juga kaya akan likopen dan vitamin C, yang dapat membantu mendetoksifikasi tubuh.

  • Meningkatkan penglihatan

Jambu biji kaya akan vitamin A dan mencegah kemungkinan kebutaan dan meningkatkan penglihatan ibu dan janin. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Jambu biji mengandung asam folat dan vitamin B9, yang membantu perkembangan otak dan sistem saraf pada bayi. Asam folat adalah vitamin penting bagi wanita hamil dan untuk mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida, disarankan untuk mengkonsumsi sepenuhnya matang jambu biji sepanjang kehamilan.

  • Mencegah kuman dan infeksi

Jambu biji kaya akan vitamin C, E, karotenoid, isoflavonoid, dan polifenol, yang dikenal karena sifat antioksidannya. Mereka membantu memerangi kuman dan infeksi yang mungkin terjadi.

  • Menenangkan pikiran 

Stres selama kehamilan melepaskan hormon kortisol, yang dapat mempengaruhi kondisi Anda. Jambu biji adalah sumber magnesium yang melemaskan saraf dan otot. Karena itu, buah ini diyakini dapat mengurangi stres dan menenangkan pikiran And.

Serat dalam jambu biji baik untuk jantung yaitu membantu mengontrol kadar kolesterol darah yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Asupan serat yang tinggi dilaporkan menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam HDL dan akibatnya penurunan kadar LDL. Jambu biji tinggi serat larut yang menurunkan LDL atau kolesterol jahat.

  • Mengobati Anemia

Kebutuhan zat besi meningkat selama kehamilan, dan jambu biji memiliki kandungan zat besi yang cukup yang menjaga kadar hemoglobin tetap terjaga.

Jambu biji juga merupakan sumber alami vitamin B3 dan B6 yang sangat baik, yang sangat penting untuk dimasukkan dalam diet kehamilan Anda karena dapat berkontribusi terhadap kesehatan kognitif yang baik. 

Vitamin ini meningkatkan kesehatan otak janin dan meningkatkan fokus dan tingkat konsentrasi pada wanita hamil.

Kandungan vitamin C dalam jambu biji baik untuk mengendalikan mual di pagi hari. Konsumsi jambu biji segera setelah Anda merasa mual, diyakini dapat menstabilkan perut dan mencegah muntah.

Risiko makan jambu biji selama kehamilan

Meskipun buah ini tergolong aman dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, akan tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat menimbulkan beberapa efek samping, diantaranya adalah:

  • Karena jambu biji kaya akan serat, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare.
  • Konsumsi jambu biji mentah atau setengah matang selama kehamilan harus dihindari, karena dapat menyebabkan sakit gigi atau masalah gigi.
  • Jambu yang tidak dicuci atau tidak dikupas dapat mengandung infeksi yang mengarah ke listeriosis dan sejenisnya.
  • Jangan minum obat atau suplemen jambu biji. Konsumsilah buah dalam bentuk alami.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Guava: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/guava/supplements.htm)
Best fruits to eat during pregnancy and what to avoid. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757)
Guava: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1133/guava)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app