Anak Balita

Mengenalkan Camilan Sehat Pada Si Kecil

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Mar 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenalkan Camilan Sehat Pada Si Kecil

Apakah sekarang Si Kecil sudah dikenalkan pada makanan tumbuk? Jika ya, artinya sebentar lagi, dia sudah siap masuk ke langkah pengenalan jenis-jenis makanan sehat berikutnya, termasuk mengenalkan camilan sehat pada Si Kecil. 

Untuk anak, aktivitas makan camilan, selain menambah gizi, juga sekaligus melatih kemampuan motorik halusnya. Dengan keterampilannya itu, anak bisa belajar mengambil potongan-potongan makanan dan berusaha makan dengan rapi.

Mengenalkan Camilan Sehat Pada Si Kecil

Untuk Bayi

Bagi anak usia sembilan bulan, salah satu jenis camilan sehat yang bisa Anda perkenalkan adalah finger foods alias makanan apa saja di luar menu utama, yang bisa Anda potong kecil-kecil memanjang mirip jari. Bentuk finger foods yang demikian, akan memudahkan anak mengambil dan menggenggam makanannya sendiri.

Banyak pilihan sayur dan buah yang bisa Anda olah untuk menjadi finger foods, misalnya kentang panggang, buah pear  dan wortel kukus, apel panggang, dan nugget sayuran buatan Anda sendiri. Sebelum memanggang atau mengukus, Anda bisa celupkan apel atau wortel ke dalam telur yang sudah dikocok. Untuk nugget sayur panggang, setelah sayur pilihan Anda potong halus, panggang bersama dengan tepung roti dan keju yang tidak asin (unsalt cheese). 

Untuk Balita

Untuk anak balita, atau usia empat sampai enam tahun, setidaknya membutuhkan 32 gram protein dan 1.750 kalori setiap harinya. Sedangkan saat berusia 7 hingga 9 tahun, mereka membutuhkan 32 gram protein dan 1.900 kalori. 

Asupan makan yang ideal adalah tiga kali dalam sehari dan diberikan camilan 2 kali setiap hari. Camilan di antara makan pagi dan makan siang, serta makan siang dengan makan malam, berguna untuk menahan lapar yang dapat menyebabkan gula darah turun dan anak menjadi cepat lelah dan mengantuk.

Jenis camilan untuk anak balita

Beberapa jenis camilan yang bisa Anda berikan kepada anak balita adalah: 

1. Sereal gandum utuh dan susu

Dengan kandungan vitamin, kalsium, dan serat, semangkuk kecil sereal dengan susu dan potongan buah  adalah menu yang bisa Anda andalkan untuk menambah gizi Si Kecil. Agar lebih fun, cobalah potong buah dengan bentuk yang lucu seperti bentuk bintang, bola, atau berbagai jenis hewan. Tentu, Anda harus membeli cetakannya terlebih dulu.

2. Smoothies

Anak-anak biasanya suka sekali dengan minuman sehat rasa buah ini. Gunakan yogurt rasa vanila, jus jeruk murni dan pisang sebagai bahan dasarnya. Masukkan sebentar ke dalam kulkas, lalu sajikan. Bisa juga Anda tambahkan potongan buah untuk menambah kandungan serat dan vitaminnya. 

3. Stroberi cokelat

Warna merahnya dan bentuknya yang manis, sangat disukai oleh anak-anak.  Stroberi kaya akan vitamin C, A dan antioksidan yang baik untuk Si Kecil. Lumerkan dark chocolate sebagai bahan celupan stroberi. 

4. Yogurt

Pilih yogurt rasa buah yang rendah gula dan rendah lemak. Yogurt adalah sumber alami kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil. Atau, Anda juga bisa membuat es yogurt dengan potongan buah kecil-kecil untuk dinikmati saat cuaca sedang panas. 

Tip mengenalkan camilan sehat pada anak

Dalam mengenalkan camilan sehat pada si Kecil, ada beberapa aturan sederhana yang perlu Anda ingat supaya acara ngemil berjalan lancar:

  • Sesuaikan potongan camilan dengan ukuran tangan anak. Begitupun juga dengan porsinya, sesuaikan dengan kemampuan perut Si Kecil.
  • Hindari memberikan jenis camilan yang keras, terutama untuk bayi, seperti kacang. Ini bisa mengurangi kenyamanan makan dan ada risiko Si Kecil tersedak
  • Anda duduk bersama anak, sambil mengenalkan dan bercerita tentang manfaat sehat camilan yang Anda buat. Makanlah bersama dengan Si Kecil agar dia lebih semangat mencoba camilannya. Cerita pendek Anda tentang makanan sehat akan diingat Si Kecil sampai besar dan akan bermanfaat saat dia sudah mandiri dan harus memilih makanan sehatnya sendiri.
  • Jangan memaksa anak menghabiskan camilannya, apalagi jika dia sudah merasa kenyang. Pemaksaan, terutama yang disertai kemarahan dan ancaman, bisa membuat anak menjadi trauma dan tidak doyan makanan buatan Anda lagi, loh. Jadi, Anda memang harus bersabar saat mengenalkan camilan sehat pada anak-anak.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
List of healthy snacks for weight loss. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324474.php)
29 Healthy Snacks That Can Help You Lose Weight. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/29-healthy-snacks-for-weight-loss)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app