Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Anak Balita

Mengenalkan Camilan Sehat Pada Si Kecil

Update terakhir: SEP 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.432.033 orang

Mengenalkan Camilan Sehat Pada Si Kecil

Apakah sekarang Si Kecil sudah dikenalkan pada makanan tumbuk? Jika ya, artinya sebentar lagi, dia sudah siap masuk ke langkah pengenalan jenis-jenis makanan sehat berikutnya, termasuk mengenalkan camilan sehat pada Si Kecil. Untuk anak, aktivitas makan camilan, selain menambah gizi, juga sekaligus melatih kemampuan motorik halusnya. Dengan keterampilannya itu, anak bisa belajar mengambil potongan-potongan makanan dan berusaha makan dengan rapi.

Untuk Bayi
Bagi anak usia sembilan bulan, salah satu jenis camilan sehat yang bisa Anda perkenalkan adalah finger foods alias makanan apa saja di luar menu utama, yang bisa Anda potong kecil-kecil memanjang mirip jari. Bentuk finger foods yang demikian, akan memudahkan anak mengambil dan menggenggam makanannya sendiri.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS* ongkir untuk pembelian minimal Rp50.000!

Blackmores celery 7000 120 1

Banyak pilihan sayur dan buah yang bisa Anda olah untuk menjadi finger foods, misalnya kentang panggang, buah pear  dan wortel kukus, apel panggang, dan nugget sayuran buatan Anda sendiri. 

Sebelum memanggang atau mengukus, Anda bisa celupkan apel atau wortel ke dalam telur yang sudah dikocok. Untuk nugget sayur panggang, setelah sayur pilihan Anda potong halus, panggang bersama dengan tepung roti dan keju yang tidak asin (unsalt cheese). 

Untuk Balita
Untuk anak balita, atau usia empat sampai enam tahun, setidaknya membutuhkan 32 gram protein dan 1.750 kalori setiap harinya. Sedangkan saat berusia 7 hingga 9 tahun, mereka membutuhkan 32 gram protein dan 1.900 kalori

Asupan makan yang ideal adalah tiga kali dalam sehari dan diberikan camilan 2 kali setiap hari. Camilan di antara makan pagi dan makan siang, serta makan siang dengan makan malam, berguna untuk menahan lapar yang dapat menyebabkan gula darah turun dan anak menjadi cepat lelah dan mengantuk.  Beberapa jenis camilan yang bisa Anda berikan kepada anak balita adalah: 

1. Sereal gandum utuh dan susu
Dengan kandungan vitamin, kalsium, dan serat, semangkuk kecil sereal dengan susu dan potongan buah  adalah menu yang bisa Anda andalkan untuk menambah gizi Si Kecil. Agar lebih fun, cobalah potong buah dengan bentuk yang lucu seperti bentuk bintang, bola, atau berbagai jenis hewan. Tentu, Anda harus membeli cetakannya terlebih dulu.

2. Smoothies
Anak-anak biasanya suka sekali dengan minuman sehat rasa buah ini. Gunakan yogurt rasa vanila, jus jeruk murni dan pisang sebagai bahan dasarnya. Masukkan sebentar ke dalam kulkas, lalu sajikan. Bisa juga Anda tambahkan potongan buah untuk menambah kandungan serat dan vitaminnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS* ongkir untuk pembelian minimal Rp50.000!

Blackmores celery 7000 120 1

3. Stroberi cokelat
Warna merahnya dan bentuknya yang manis, sangat disukai oleh anak-anak.  Stroberi kaya akan vitamin C, A dan antioksidan yang baik untuk Si Kecil. Lumerkan dark chocolate sebagai bahan celupan stroberi. 

4. Yogurt
Pilih yogurt rasa buah yang rendah gula dan rendah lemak. Yogurt adalah sumber alami kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil. Atau, Anda juga bisa membuat es yogurt dengan potongan buah kecil-kecil untuk dinikmati saat cuaca sedang panas. 

Tip
Dalam mengenalkan camilan sehat pada si Kecil, ada beberapa aturan sederhana yang perlu Anda ingat supaya acara ngemil berjalan lancar.
1. Sesuaikan potongan camilan dengan ukuran tangan anak. Begitupun juga dengan porsinya, sesuaikan dengan kemampuan perut Si Kecil.
2. Hindari memberikan jenis camilan yang keras, terutama untuk bayi, seperti kacang. Ini bisa mengurangi kenyamanan makan dan ada risiko Si Kecil tersedak. 


3. Anda duduk bersama anak, sambil mengenalkan dan bercerita tentang manfaat sehat camilan yang Anda buat. Makanlah bersama dengan Si Kecil agar dia lebih semangat mencoba camilannya. Cerita pendek Anda tentang makanan sehat akan diingat Si Kecil sampai besar dan akan bermanfaat saat dia sudah mandiri dan harus memilih makanan sehatnya sendiri.
4. Jangan memaksa anak menghabiskan camilannya, apalagi jika dia sudah merasa kenyang. Pemaksaan, terutama yang disertai kemarahan dan ancaman, bisa membuat anak menjadi trauma dan tidak doyan makanan buatan Anda lagi, loh. Jadi, Anda memang harus bersabar saat mengenalkan camilan sehat pada anak-anak. (LT)

Ditinjau oleh: dr.Deffy Leksani Anggar Sari

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit