12 Manfaat Wortel Yang Menakjubkan Dan Jus Wortel Selama Kehamilan

Dengan rasanya yang sangat enak, efek pembersihannya dalam tubuh Anda juga menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk kehamilan.Berikut adalah daftar manfaat mengonsumsi wortel selama kehamilan:
Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 26, 2020 Waktu baca: 2 menit
12 Manfaat Wortel Yang Menakjubkan Dan Jus Wortel Selama Kehamilan

Apakah wortel aman selama kehamilan? Anda dapat mulai merasakan perbedaannya, setelah Anda mengonsumsi dosis nutrisi penting yang tepat. 

Ingat bahwa Anda tidak sendirian, karena bayi yang tumbuh di dalam Anda juga akan mendapat manfaat dari peningkatan nutrisi yang Anda tawarkan dengan konsumsi makanan sehat setiap hari.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Manfaat jus wortel selama kehamilan

Wortel dikenal sebagai salah satu sayur yang paling serbaguna dari semua sayuran karena nilai gizinya yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi dalam bentuk jus. 

Dengan rasanya yang sangat enak, efek pembersihannya dalam tubuh Anda juga menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk kehamilan. Berikut adalah daftar manfaat mengonsumsi wortel selama kehamilan:

  • Wortel dapat membantu membersihkan hati Anda.
  • Sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lemah dalam kehamilan untuk mendukung pertumbuhan janin. Wortel dapat membantu meningkatkan sistem imunitas Anda.
  • Kehamilan adalah saat di mana Anda harus tetap aman dan sehat. Asupan wortel secara teratur menjaga masalah seperti bronkitis.
  • Wortel membantu menjaga membran sel tetap sehat dengan melawan infeksi.
  • Dapat membantu memperbaiki kulit dan otot bayi yang belum lahir di dalam diri Anda.
  • Gula darah tinggi dapat merusak kesehatan bayi Anda selama kehamilan. Wortel membantu menjaga kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Wortel kaya akan kalsium dan membantu perkembangan tulang dan gigi pada bayi Anda.
  • Ini kaya akan vitamin C, A dan serat yang Anda butuhkan dalam jumlah tinggi dalam kehamilan.
  • Jus wortel kaya akan beta karoten yang bertindak sebagai antioksidan dan melindungi Anda dari radikal bebas.
  • Vitamin A dalam jus wortel membantu melawan infeksi. Vitamin A juga menambah kualitas ASI Anda. Ibu, yang sedang menyusui, harus menambahkan wortel dikemas gizi dalam makanan sehari-hari mereka.
  • Fitokimia yang terkandung dalam jus meningkatkan fungsi tubuh. Ini dianggap vitamin penting yang harus ditambahkan dalam diet kehamilan harian Anda.
  • Minum jus wortel dalam beberapa bulan terakhir kehamilan diketahui mengurangi kemungkinan penyakit kuning pada bayi Anda.

Tips konsumsi menarik

Wortel memiliki rasa yang cukup lezat. Dengan mengingat beberapa tips sederhana berikut, akan memastikan semua nutrisi penting tetap dipertahankan. Inilah yang harus Anda ketahui:

  • Wortel yang panjangnya kurang dari 6 inci memiliki rasa lebih manis. Cari varian yang lebih pendek jika Anda lebih suka rasanya yang manis, jika tidak pilihlah yang lebih panjang.
  • Nutrisi vital tetap terkonsentrasi di bawah kulit, jadi cobalah untuk membawanya bersama kulit. Anda dapat menggunakan sikat keras untuk membersihkannya dengan benar.
  • Wortel adalah sayuran akar ringan yang mudah dicampur dengan bahan lain.

Risiko dari wortel atau jus wortel dalam kehamilan

Sementara wortel dalam bentuk mentah atau jus bergizi tidak diragukan lagi, konsumsi yang berlebihan juga dapat menyebabkan komplikasi tertentu pada kehamilan. 

Inilah mengapa Anda harus berhati-hati:

  • Wortel kaya akan vitamin A. Konsumsi vitamin A yang terlalu banyak dikatakan mengganggu pertumbuhan janin.
  • Wortel mengandung karoten, yang merupakan provitamin A dan dikonversi di dalam tubuh Anda hanya ketika diperlukan.
  • Tidak mungkin bagi Anda untuk mendapatkan vitamin A dalam jumlah tinggi dengan mengonsumsi karoten, karena tubuh Anda mengatur konversi karoten menjadi vitamin A.
  • Terlalu banyak gangguan pencernaan pada karotene dapat menyebabkan kondisi karotenemia, yang akhirnya mengubah kulit menjadi kuning.
  • B-karoten diketahui menyebabkan kanker.

Bicarakan dengan dokter Anda mengenai jumlah wortel atau jus wortel yang tepat untuk Anda setiap hari selama kehamilan. 

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zaini R, et al. (2011). Bioactive chemicals from carrot (Daucus carota) juice extracts for the treatment of leukemia. DOI: (https://doi.org/10.1089/jmf.2010.0284)
Wu K, et al. (2004). Plasma and dietary carotenoids, and the risk of prostate cancer: a nested case-control study. DOI: (https://doi.org/10.1158/1055-9965.EPI-03-0012)
Watanabe M. (2006). Bile acids induce energy expenditure by promoting intracellular thyroid hormone activation. (https://doi.org/10.1038/nature04330)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app