Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Zinc Oxide: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jun 13, 2019 Tinjau pada Jul 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.192.237 orang

Zinc oxide merupakan senyawa organik yang banyak digunakan dalam kandungan kosmetik, obat perawatan, lotion, dan sabun. Kandungan zinc oxide juga terdapat pada krim tabir surya agar dapat mencegah radiasi ultraviolet dari matahari Zinc oxide juga bermanfaat bagi perawatan ruam kulit akibat popok akibat iritasi.        

Zinc oxida merupakan suatu formula yang sangat lembut. Kandungan ini banyak terdapat pada produk perawatan kosmetik. Alasan daripada penggunaan zinc oxide adalah zinc oxide dapat menjaga permukaan kulit lebih lama

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Zinc oxide bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

Melindungi kulit dari radiasai Ultraviolet
Radiasi Ultraviolet atau radiasi UV terdari dari UVA dan UVB.  Radiasi tersebut dapat menimbulkan luka bakar kulit atau sunburn. Tanpa pemakaian tabir surya, SInar UVA dapat menembus permukaan kulit, merusak jaringan serta sel-sel kulit, dan warna kulit menjadi lebih gelap.  Berbeda dengan UVB, sinar ini dapat menembus lapisan epidermis hingga lapisan yang paling dalam dan dapat memicu penuaan lebih cepat. 

Mencegah ruam popok
Popok bayi terbuat dari kandungan zinc oxide karena zinc oxide sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit bayi secara lembut. Zinc oxide mencegah ruam pada kulit yang dapat menimbulkan iritasi serta rasa nyaman pada bayi

Mencegah Peradangan
Produk perawatan kulit yang memiliki kandungan Zinc oxide dapat mencegah peradangan pada kulit. Kesehatan kulit menjadi lebih terjaga dan terhindar dari infeksi yang melekat akibat rusaknya kulit. Salah satu peradangan yang dapat dicegah degan penggunaan zinc oxide adalah eksim atau dermatitis.

Menjaga Kelembaban
Kulit kita perlu kandungan air untuk tetap lembab. Kadar air dapat membantu mencegah kulit kering yang disebabkan oleh cuaca panas, kontak penggunaan sabun, paparan sinar matahari oleh sinar ultraviolet, dan akibat suatu penyakit peradangan kulit.

Mengatasi jerawat
Jerawat merupakan kelainan pada kulit yang hampir terjadi pada semua orang. Jerawat paling sering muncul pada kulit wajah. Timbulnya jerawat disebabkan oleh tertutupnya pori-pori kulit sehingga sirkulasi udara kulit menjadi tersumbat oleh debu dan minyak yang melekat di kulit. Kondisi ini dapat memicu peradangan dan pembengkakan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Dosis dan Cara Pemakaian Zinc Oxide

Dosis normal zinc oxide pada pemberian obat oles topikal berbentuk salep yaitu sebesar 30%, sedangkan pada krim topikal sebesar 10% dan 13%. Salep Zinc oxide 30% dipilih untuk mengobati ruam popok akibat iritasi dan alergi pada bayi.  Salep dioles pada daerah yang terkena kontak dengan popok untuk mencegah ruam timbul 

Zinc oxide sediaan krim cocok diberikan pada perawatan pencegahan peradangan dan jerawat. Penggunaan zinc oxide pada jerawat bekerja dengan menghambat penumpukan minyak pada pori-pori kulit. 

Kelembaban kulit juga dapat terjaga sehingga dapat mencegah kekeringan kulit yang dapat beresiko mudahnya terjadi peradangan dan penuaan yang lebih cepat. 

Efek Samping Zinc Oxide

Zinc Oxide merupakan obat luar yang terdapat pada kosmetik dan perawatan kulit. Tetapi ada efek samping yang perlu diperhatikan selama penggunaan obat Zinc oxide. Efek samping tersebut yaitu:

  • Pembengkakan
  • Iritasi kulit yang semakin parah
  • Hipersensitivitas berupa ruam kemerahan
  • Ruam yang terasa gatal
  • Gangguan pernapasan
  • Nyeri kepala berat

Tidak semua orang mdapat merasakan efek samping setiap menggunakan produk atau obat dengan kandungan zinc oxide, tetapi Apabila menemukan resiko efek samping tersebut maka harus dilakukan tindakan segera untuk mencegah efek samping yang semakin memburuk.

Interaksi Obat

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. 

Selalu beritahukan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Penggunaan Zinc Oxide

Zinc oxide merupakan kandungan obat yang cukup aman dan memiliki reaksi alergi yang sangat kecil. Perawatan kulit dengan kandungan zinc oxide dinilai aman selama kadar di dalam produk tersebut masih dalam batas rata-rata. Tidak ada penilaian khusus mengenai pemakaian obat dengan kandungan zinc oxide bagi ibu hamil dan menyusui.

Terdapat interaksi pada penggunaan obat zinc oxide bersamaan dengan obat atau perawatan kulit lainnya. Seperti:

  • Heparin, sebagai obat antikoagulasi (pengencer darah)
  • Sodium calcium edelate, pada keracunan timah
  • Ichthammol ointment, sebagai perawatan antiseptik
  • Phenoxymethilpenicilin, sebagai obat antibiotik dalam pengobatan infeksi

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp