Triprolidine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jan 29, 2019 Update terakhir: Jan 20, 2020 Tinjau pada Feb 28, 2019 Waktu baca: 3 menit

Apakah itu obat Triprolidine?

Triprolidine merupakan salah satu jenis obat golongan antihistamin. Pada kondisi normal, histamin merupakan salah satu zat penting yang memiliki peranan terkait sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Obat ini bekerja dengan cara memblokir aksi histamin endogen dengan membentuk ikatan dengan reseptor H1. Triprolidine berguna sebagai pencegahan dan penekanan tanda serta gejala suatu reaksi alergi seperti hidung beringus, ruam, gatal tenggorokan.

Manfaat obat Triprolidine

Obat Triprolidine tersedia dalam bentuk kapsul oral, tablet oral, dan sirup. Obat ini merupakan obat bebas, dapat digunakan pada dewasa maupun anak – anak. Beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan obat ini, antara lain digunakan sebagai pilihan pengobatan untuk alergi, bersin – bersin, dan pilek, serta penyakit lainnya yang ada pada label petunjuk kegunaan obat ini.

Dosis obat Triprolidine

Dosis dari obat ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu penyakit apa yang timbul, seberapa parahkah suatu penyakit, apakah ada riwayat alergi obat ini, respon tubuh seseorang terhadap pemberian obat ini, serta penyakit lainnya yang dapat bereaksi jika konsumsi obat Triprolidine.

Dosis dewasa: 2,5 mg, dapat dikonsumsi setiap 4-6 jam. Maksimum dosis pemberian adalah 10 mg untuk setiap harinya.
Dosis anak – anak 6 – 12 tahun: dapat diberikan 1,25 mg tiap 4-6 jam. Dosis maksimal per hari adalah 5 mg.

Sebelum penggunaan obat dianjurkan melakukan tes alergi terhadap obat ini.

Perlu diperhatikan sebaiknya dalam penggunaan obat ini Anda mengikuti saran dari dokter yang merekomendasikan obat ataupun telah memeriksa Anda secara langsung , baik untuk dosis ataupun jumlah obat dalam sehari yang sudah disarankan untuk dikonsumsi. Beritahukan kepada dokter bilamana Anda sedang menggunakan obat lain di luar dari obat Triprolidine ini.

Efek Samping Obat Triprolidine

Efek samping yang dapat ditimbulkan setiap obat dapat bereaksi berbeda-beda dan tergantung pada reaksi masing-masing individu. Jadi, penting untuk anda mengetahui efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan obat Triprolidine ini, yaitu:

Nyeri kepala
Tubuh gemetaran
Kejang, reaksi alergi parah
Jantung berdetak dengan cepat
Kesulitan dalam berkemih atau sama sekali tidak dapat berkemih
Perubahan mood
Mudah untuk memar
Telinga berdengung
Mulut kering
Perubahan suasana hati
Penglihatan kabur
Nyeri perut bagian ulu hati

Sebaiknya dapat segera hentikan pemakaian obat Triprolidine bila mengalami satu atau lebih efek samping seperti di atas. Segera konsultasikan dan lakukan pemeriksaan ulang dengan dokter yang memberik Anda obat tersebut sehingga dapat dipikirkan alternatif lain sebagai solusi masalah kesehatan Anda.

Ibu hamil dan ibu dalam masa menyusui

Pada ibu hamil, obat ini menurut US FDA Pregnancy termasuk dalam Kategori C, yang artinya studi pada binatang percobaan menunjukan suatu reaksi efek samping terhadap janin, namun untuk wanita hamil sendiri belum ada studi kontrolnya. Obat ini hanya dapat dipergunakan bila memiliki manfaat yang lebih besar dan juga yang diharapkan melebihi daripada besarnya risiko terhadap janin. 

Data mengenai penggunaan obat Triprolidine terhadap ibu yang sedang dalam masa menyusui menunjukan bahwa dosis Triprolidine bila digunakan sesekali diharapkan tidak akan menyebabkan efek buruk pada bayi yang disusui. Namun, dosis yang lebih besar atau penggunaan obat ini dalam jangka waktu lebih lama dapat menyebabkan efek pada bayi atau mengurangi suplai ASI, terutama bila dikombinasikan dengan beberapa obat tertentu. Sehingga sebaiknya penggunaan obat ini selama masa laktasi tetap dengan indikasi dokter.

Peringatan

Waspadai penggunaan obat Triprolidine dan disarankan dengan indikasi dari dokter dulu sebelum mengenakannya bila Anda merupakan wanita yang sedang hamil ataupun dalam masa menyusui.
Penggunaan pada anak – anak sebaiknya mengikuti anjuran dokter, terutama untuk usia dibawah 6 tahun.
Hati – hati penggunaan obat ini bila Anda memiliki kondisi gangguan sirkulasi darah, gangguan sistem imunitas tubuh, gangguan ginjal, gangguan hati, tuberkulosis, penyakit terkait tiroid, osteoporosis, glaukoma, pembengkakan prostat, tukak lambung, katarak, congestive heart failure (CHF), hipertensi, dan riwayat kejang.
Berikan informasi kepada dokter bila Anda memiliki riwayat infeksi herpes dan alergi terhadap obat-obatan antihistamin lainnya.
Hindari konsumsi dengan alkohol.
Hindari penggunaan bila sedang mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan mesin.
Sebaiknya tidak menghentikan pemakaian obat ini secara pribadi tanpa sepengetahuan dokter, karena dapat saja menyebabkan masalah kesehatan lainnya.
Hindari penggunaan obat ini dengan obat sodium oxybate (GHB), barbiturat, atropine, trikloroasetat, hipnotik, analgesik opioid, monoamine oksidase, ansiolitik, sedatif, antihistamin topikal, dan antipsikotik
Stop pemakaian bila timbul reaksi alergi obat ataupun suatu overdosis, dan segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri.

Overdosis

Jika menggunaan obat Triprolidine secara berlebihan atau lebih dari dosis yang dianjurkan, sebaiknya segeralah menemui dokter atau dapat ke IGD rumah sakit terdekat.


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app