Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Menyusui

Suplemen Untuk Laktasi Amankah

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.591.729 orang

Suplemen Untuk Laktasi Amankah

Hampir semua ibu yang sedang melakukan proses menyusui pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan ASI dengan kualitas dan kuantitas terbaik untuk bayinya. 

Pasti banyak dari ibu yang sedang menyusui bertanya-tanya bagaimana dan apa yang harus dilakukan agar dapat memberikan ASI yang terbaik untuk si bayi. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apakah dengan mengkonsumsi suplemen dapat membantu ibu menghasilkan ASI yang terbaik? Dan amankah mengkonsusmsi suplemen saat menyusui? Anda tidak perlu khawatir soal ini, berikut artikel ini akan memberikan bebeapa penjelasan mengenai masalah keamanan suplemen untuk laktasi.

Laktasi merupakan keseluruhan proses menyusui mulai dai ASI diproduksi sampai proses menyusui dari ibu kebayi. Masa laktasi mempunyai tujuan meningkatkan pemberian ASI eksklusif dan meneruskan pemberian ASI sampai anak umur 2 tahun secara baik dan benar serta anak mendapatkan kekebalan tubuh secara alami. 

Masa menyusui merupakan masa dimana seorang ibu mentransfer nutrisi maupun mineral dan vitamin kepada si kecil melalui ASI yang diproduksi oleh tubuh ibu menyusui. 

Sehingga ketika sang ibu kekurangan nutrisi, seperti mineral, vitamin,  kalsium dan darah, sang ibu menjadi rentan akan serangan virus penyakit dan tubuh menjadi lemah dan cepat letih.

Ibu menyusui termasuk golongan orang yang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat secara sembarangan. Sehingga ibu menyusui memiliki perlakuan yang sama ketika berhadapan dengan dosis dan juga cara mengkonsumsi obat-obatan maupun vitamin. 

Konsumsi suplemen, vitamin atau obat-obatan sembarangan yang dikonsumsi ketika ibu hamil maupun menyusui di khawatirkan akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi yang ada di dalam kandungan maupun bayi yang sedang disusui. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Ibu menyusui termasuk ke dalam kategori wanita yang cukup memerlukan perhatian yang besar. Mengingat ibu yang sedang menyusui membutuhkan kondisi yang senantiasa sehat untuk menjamin tumbuh kembang anak menjadi normal. 

Sehingga sama sekali tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan atau suplemen secara sembarangan ketika sedang menyusui.

Pemberian suplemen untuk ibu menyusui harusnya dengan memberi suplemen yang alami dan aman untuk dikonsumsi. Sebab jika ibu menyusui mengkonsumsi suplemen seperti suplemen penambah darah, suplemen kalsium dan suplemen lainya secara sembarangan, dikhawatirkan produksi ASI akan menjadi sedikit terpengaruh. 

Ketika produksi ASI terpengaruh maka akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi. Meskipun demikian ibu menyusui membutuhkan vitamin yang sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan seperti anemia pada ibu yang sedang menyusui. 

Kandungan bahan kimia yang terdapat dalam berbagai jenis vitamin, obat-obatan dan suplemen dikhawatirkan akan membuat kandungan ASI yang diproduksi untuk bayi menjadi sedikit terpengaruh. 

Oleh karenanya, diperlukan vitamin maupun obat atau suplemen khusus untuk mengatasi masalah pada kesehata ibu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sangat dianjurkan sebagai pengganti suplemen atau obat-obatan dan hal ini sebagai cara yang paling alami, aman dan efektif selama proses laktasi berlangsung. 

Makanan alami tersebut dapat berupa sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, mineral, kalsium dan zat gizi bagi tubuh. Beberapa jenis vitamin yang perlu ibu penuhi saat proses menyusui adalah vitamin A, B6, C, D, E, asam folat dan lain-lain. 

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tidak hanya bermanfaat bagi tubuh ibu namun juga sangat berpengaruh dan bermanfaat terhadap produksi ASI yang dihasilkan dan ASI yang akan diterima oleh si bayi. 

Mencukupi semua kebutuhan nutrisi pada bayi saat menyusui sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kecerdasan anak saat dewasa.

Menggunakan suplemen saat menyusui yang biasanya bertujuan untuk meningkatkan kwalitas dan kuantitas ASI sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu. Apakah perlu atau tidaknya mengkonsumsi suplemen tergantung dari kebutuhan tubuh, protein dan hormon yang ibu miliki. 

Karena suplemen laktasi yang paling efektif dan aman adalah dengan seringnya menyusui dan memompa agar ASI cepat diproduksi kembali. Jika mengkonsumsi suplemen memang diperlukan oleh ibu menyusui sebaiknya konsultasikan kepada dokter jenis suplemen dan dosis suplemen seperti apakah yang boleh dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. 

Ingatlah selalu apa yang ibu konsumsi selama menyusui akan dikonsumsi juga oleh si bayi, maka berhati-hatilah dalam memilih dan mengkonsumsi suplemen saat proses laktasi berlangsung.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini