Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.721.995 orang

Tretinoin

Manfaat Tretinoin Dalam Perawatan Kulit

Jerawat adalah masalah bagi banyak orang. Tak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjual produk penghilang jerawat. Mungkin bagi sebagian besar orang, mereka sudah mencoba berbagai produk penghilang jerawat tetapi hasilnya masih kurang memuaskan. Jika kamu yang masih berjuang untuk menemukan obat jerawat yang cocok untuk Anda, mungkin Anda bisa mencoba menggunakan Tretinoin. Selain digunakan untuk mengobati jerawat yang membandel, Tretinoin banyak digunakan sebagai produk kecantikan lainnya. Tetapi Tretinoin dinilai memiliki efek samping yang dapat berakibat fatal jika salah penggunaannya. Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai obat yang satu ini, yuk disimak artikel yang satu ini lebih lanjut.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat


Apa itu obat Tretinoin?

Tretinoin adalah turunan dari vitamin A atau juga dikenal sebagai all-trans retinoic acid (ATRA). Tretinoin merupakan komponen penting pada tubuh manusia yang memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan.

 Tretinoin digunakan pada kulit (sebagai obat topikal) dalam pengobatan jerawat ringan sampai sedang dan pada kulit yang telah rusak karena paparan berlebihan terhadap sinar matahari. Tretinoin bekerja dengan cara mengiritasi kulit dan menyebabkan sel-sel kulit tumbuh (membelah) dan mati lebih cepat, sehingga meningkatkan pergantian sel kulit. Setelah penggunaan obat ini, jumlah lapisan sel di kulit sebenarnya menjadi tipis.

Pada pasien dengan masalah jerawat, sel-sel baru yang tumbuh akibat penggunaan Tretinoin menggantikan sel-sel jerawat yang ada, dan pergantian cepat sel-sel tersebut mencegah pembentukan jerawat baru.

Dengan mekanisme serupa, Tretinoin dapat mengurangi beberapa kerutan, area kulit yang gelap (hiperpigmentasi), dan area kulit kasar, yang semuanya terjadi pada kulit yang rusak akibat sinar matahari. Pada pasien dengan kerusakan kulit akibat sinar matahari, perbaikan pada kulit biasanya terlihat dalam 3 sampai 4 minggu pertama pengobatan. Bintik-bintik cokelat mulai memudar setelah enam sampai delapan minggu. Keriput berkurang atau hilang setelah tiga hingga enam bulan. Penggunaan Tretinoin topikal lebih aman karena penyerapan yang minimal ke dalam tubuh. FDA menyetujui tretinoin topikal pada tahun 1971.

Tretinoin dapat ditemukan dalam makanan seperti ikan salmon, kuning telur, mentega, minyak ikan cod, dan hati sapi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Hati sapi adalah makanan yang mengandung vitamin A paling tinggu di dunia. 100 gram hati sapi memiliki kandungan 53.400 IU Vitamin A! Untuk memberi Anda beberapa perspektif, pikirkan tentang wortel, yang identik dengan memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Nah, 100 gram wortel hanya mengandung 40 IU Vitamin A. Jadi bisa Anda bayangkan perbandingannya, Hati sapi (100 g) mengandung 53.400 IU Vitamin A, sedangkan Wortel (100 g) hanya mengandung 40 IU Vitamin A.


Apa saja kegunaan Tretinoin?

Tretinoin dianggap sebagai Anti-aging yang paling ampuh dalam bidang dermatologi. Asumsinya adalah bahwa tretinoin bekerja dengan mengencangkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen menjadi protein struktural yang memberikan kekuatan, fleksibilitas, dan ketahanan terhadap kulit.

Sayangnya kolagen berkurang dan menjadi penyebab utama penuaan. Untuk beberapa perspektif, produksi kolagen melambat sekitar 1% setiap tahun setelah seseorang berusia 20 tahun. Akibatnya, kulit menjadi kurang elastis dan seiring bertambahnya usia, membuatnya lebih rentan menjadi kendur dan keriput.

Intinya, semakin banyak kolagen yang dapat kita hasilkan semakin kita memperlambat proses penuaan. Oleh karena itu, mengapa tretinoin mengagumkan , yaitu karena tretinoin meningkatkan produksi kolagen.

Tretinoin juga membalikkan efek buruk dari paparan sinar matahari dan meningkatkan produksi asam hyaluronic pada permukaan paling luar kulit. Asam hyraluronic adalah komponen lain yang diperlukan dari kulit manusia. Asam hyraluronic mempercepat penyembuhan luka dan bekerja dengan menjaga kelembaban kulit sehingga mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat


Mengurangi bercak hitam

Tretinoin dinilai efektif mengurangi bercak hitam akibat bekas jerawat atau bercak hitam karena penuaan, Tretinoin dinilai bekerja dengan menghambat tyrosinase (enzim yang memproduksi melanin), mengganggu transfer pigmen, dan mempercepat laju pergantian sel, sehingga tretinoin dinilai memiliki efek mengurangi bercak hitam, tetapi penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan hal ini. Jika Anda ingin menggunakan obat konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

 Dan jika digunakan secara berlebihan, Tretinoin benar-benar dapat menyebabkan atau membuat bercak hitam lebih buruk. Para peneliti akhirnya memutuskan bahwa tretinoin membantu, tetapi perbaikannya lambat.


Mengatasi masalah jerawat

Penelitian menunjukkan bahwa tretinoin dapat mengurangi jerawat akibat peradangan atau jerawat yang tidak mengalami peradangan. Tretinoin adalah perawatan jerawat yang sering digunakan di AS.

Tetapi Secara keseluruhan, saya tidak akan merekomendasikan tretinoin untuk mengobati jerawat. Menurut pendapat saya, alternatif obat lainnya seperti benzoil peroksida, asam salisilat, atau asam azelaic lebih cocok mengatasi jerawat. Namun, jika komedo, pori-pori tersumbat, adalah masalah utama Anda maka tretinoin adalah pilihan yang baik. Untuk lebih jelasnya konsultasikan dengan dokter kulit Anda.


Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Tretinoin?

Efek samping

Efek samping yang paling sering muncul pada penggunaan Tretinoin adalah eritema (kemerahan), pengelupasan, dan kekeringan. Ini terjadi pada sekitar 60% pasien dan dalam penggunaan rutin, biasanya efek samping akan muncul pada minggu 3 dan minggu 4. Gunakan sesuai petunjuk dokter untuk menghindari terjadinya efek samping.


Cara Menggunakan Tretinoin

Jangan menggunakan produk ini terlalu berlebihan, karena dapat menyebabkan peradangan, menyebabkan kemerahan, dan membuat hiperpigmentasi lebih buruk!

Pastikan kulit Anda benar-benar kering sebelum mengaplikasikannya. Idealnya, Anda harus menunggu 20 menit setelah mencuci muka untuk menggunakannya.

Untuk mengurangi efek samping, gunakan Tretinoin Secara bertahap misalnya pada minggu pertama gunakan 2 kali seminggu, pada minggu kedua gunakan 3 kali seminggu sampai pemakaiana maksimal yang dianjurkan dokter.

Menggunakan produk yang mengandung Niacinamide (misalnya CeraVe PM atau Terapi EltaMD AM) terbukti dapat meminimalkan efek iritasi.

Karena tretinoin akan meningkatkan kepekaan Anda terhadap matahari, penting bagi Anda untuk memakai tabir surya! Pastikan untuk menerapkannya di malam hari! Tretinoin terdegradasi di bawah sinar matahari.

kesimpulanya mulai perlahan, gunakan jumlah seukuran kacang pada malam hari pada kulit kering sebelum melembabkan, dan kenakan tabir surya di siang hari. Gunakan produk dengan niacinamide untuk melawan iritasi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit