Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Traction Alopecia - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.040.867 orang

Istilah alopecia biasanya mengacu pada kerontokan rambut. Sedangkan traction alopecia adalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh penarikan rambut berulang kali. 

Anda dapat mengalami kondisi ini jika Anda sering mengikat rambut dengan jenis kuncir kuda, sanggul, atau kepangan yang yang terlalu kuat, terutama jika Anda menggunakan bahan kimia atau bahan yang panas pada rambut Anda.

Traction alopecia dapat sembuh jika Anda berhenti menarik rambut atau menguncir rambut Anda. Tetapi jika Anda tidak segera melakukan tindakan apapun, maka kerontokan rambut mungkin akan bersifat permanen.

Dokter di Greenland pertama kali mengidentifikasi kondisi traction alopecia pada awal 1900-an. Mereka menemukan bahwa wanita yang mengenakan kuncir kuda yang kencang telah mengalami traction alopecia di sepanjang garis rambut mereka.

Penyebab dan faktor resiko Traction Alopecia

Anda akan mengalami traction alopecia karena rambut Anda yang ditarik terlalu kencang. Menarik atau mengikat rambut berulang kali dapat melonggarkan batang rambut dari folikelnya.

Anda mungkin mengalami traction alopecia jika Anda sering melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Menguncir rambut ke belakang dengan jenis kuncir ekor kuda atau kuncir rambut yang terlalu kuat
  • Mengenakan kepang rambut yang ketat, jenis rambut gimbal
  • Menggunakan ekstensi rambut
  • Menggunakan rol rambut semalaman

Orang dengan rambut yang sangat panjang juga bisa mengalami traction alopecia karena beratnya rambut yang menarik kulit kepala. Pria juga bisa mengalaminya di daerah janggut mereka jika mereka mengikatnya terlalu erat.

Kondisi ini umum terjadi pada wanita Afrika-Amerika, meskipun dapat dialami oleh orang dari berbagai etnis. Traction alopecia lebih sering terjadi di antara orang-orang dengan profesi yang lebih sering mengikat rambut, seperti balerina dan pesenam.

Meskipun kondisi tersebut dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, traction alopecia lebih cenderung terjadi seiring bertambahnya usia karena rambut akan menjadi semakin rusak semakin lama Anda menariknya.

Tanda dan gejala Traction Alopecia

Awalnya, traction alopecia mungkin muncul berupa tonjolan kecil di kulit kepala Anda yang terlihat seperti jerawat. Ketika kondisi tersebut berlanjut, gejala utamanya adalah rambut yang hilang dan rusak. Rambut di bagian depan dan samping kulit kepala merupakan lokasi yang paling sering terkena.

Selain rambut rontok, traction alopecia dapat menyebabkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Kemerahan di kulit kepala
  • Benjolan di kulit kepala
  • Rasa nyeri pada daerah kulit kepala Anda
  • Gatal
  • Kulit mengelupas
  • Folliculitis (radang pada folikel rambut)
  • Kulit yang melepuh berisi nanah di kulit kepala

Pada akhirnya, folikel rambut bisa menjadi sangat rusak sehingga tidak bisa menumbuhkan rambut baru.

Gejala traction alopesia berbeda dengan gejala alopesia lainnya. Pada jenis lain, kerontokan rambut terjadi pada seluruh kulit kepala. Sedangkan traction alopecia, biasanya hanya terjadi pada rambut yang ditarik atau yang diikat saja.

Cara mencegah terjadinya Traction Alopecia

Untuk mencegah terjadinya traction alopecia, jangan menguncir rambut Anda. Jika Anda harus menguncirnya atau membuat sanggul, jaga agar kunciran tersebut tetap longgar.

Berikut adalah beberapa cara lain untuk mencegah terjadinya traction alopecia:

  • Ubah gaya rambut Anda setiap beberapa minggu. Misalnya, jangan mengepang rambut Anda setiap hari. Sesekali biarkan rambut Anda tidak terkuncir.
  • Saat Anda menguncir rambut  jangan gunakan karet gelang atau karet elastis untuk mengikatnya. Bahan tersebut dapat mencabut rambut Anda.
  • Hindari menggunakan bahan kimia jika Anda menggunakan sulam rambut atau mengepang rambut. Zat kimia tersebut dapat merusak rambut Anda, membuat rambut mudah rusak.
  • Jika Anda menggunakan anyaman atau ekstensi rambut, gunakanlah hanya untuk waktu yang singkat, jangan terlalu lama.
  • Saat Anda mengepang rambut, buatlah kepangan rambut yang tebal. Kepangan rambut yang tipis dapat dengan mudah mencabut rambut.
  • Jangan tidur menggunakan rol rambut.
  • Jika Anda mengenakan wig, pilihlah wig yang tidak akan menarik keras kulit kepala Anda.

Cara mengobati Traction Alopecia

Diagnosa

Untuk mengobati traction alopecia, pergilah ke dokter kulit. Dokter kulit akan memeriksa kulit kepala Anda. Dokter mungkin mengambil sampel jaringan yang disebut biopsi untuk mencari kemungkinan penyebab rambut rontok lainnya.

Pengobatan

Pengobatan utama untuk traction alopecia yaitu dengan mengubah gaya rambut Anda. Hindari mengikat rambut dengan gaya kuncir rambut yang ketat. Anda akan mengetahui kunciran tersebut terlalu kencang atau ketat jika Anda merasa sakit.

Potonglah rambut Anda jika sangat panjang. Minimalkan penggunaan bahan kimia dan paparan panas pada rambut, yang dapat merusak rambut Anda.

Dokter Anda mungkin akan meresepkan salah satu dari pengobatan di bawah ini untuk menangani traction alopecia:

  • antibiotik untuk mencegah infeksi pada luka terbuka
  • steroid topikal untuk menurunkan pembengkakan di area kulit kepala
  • sampo anti jamur
  • minoxidil (Rogaine) untuk menumbuhkan kembali rambut
  • suplemen biotin untuk menguatkan rambut

Jika Anda kehilangan banyak rambut dan rambut Anda tidak tumbuh kembali, prosedur penggantian rambut mungkin dapat menjadi pilihan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit