Topiramate: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 21, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 14, 2019 Waktu baca: 4 menit

Topiramate digunakan sebagai pengobatan tunggal atau kombinasi dengan obat lain untuk mengobati berbagai jenis kejang, baik itu kejang seluruh tubuh (generalized seizure) atau kejang sebagian tubuh (partial seizure). Topiramate juga digunakan dengan obat-obatan lain untuk mengontrol kejang pada orang yang memiliki sindrom Lennox-Gastaut (gangguan yang menyebabkan kejang dan keterlambatan perkembangan).

Topiramate juga digunakan untuk mencegah sakit kepala migrain tetapi tidak untuk menghilangkan rasa sakit dari sakit kepala migrain ketika mereka terjadi. Topiramate termasuk ke dalam kelas obat yang disebut antikonvulsan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Obat ini bekerja dengan mengurangi kinerja abnormal di otak. Tablet oral Topiramate dijual dengan merek dagang Topamax. Topiramate tersedia dalam bentuk tablet dan digunakan dengan cara diminum.

Mengenai Topiramate

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Obat antikonvulsan

Bagaimana Topiramate bekerja?

Topiramate termasuk dalam kelas obat yang disebut antikonvulsan monosakarida tersubstitusi sulfamat atau obat antiepilepsi (AED. Belum diketahui secara pasti bagaimana obat ini bekerja. Diperkirakan obat ini bekerja pada bahan kimia tertentu, saluran, reseptor, dan enzim di otak Anda untuk membantu mengendalikan kejang dan mencegah migrain.

Bagaimana cara menggunakan Topiramate?

Dianjurkan agar terapi dimulai dengan dosis rendah kemudian dosis dinaikan sesuai dengan petunjuk dokter untuk mendapatkan efek yang optimal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pengobatan pada epilepsi

  • Dosis pada orang dewasa
    Dosis dan titrasi harus disesuaikan oleh respons klinis. Titrasi harus dimulai dengan 25 mg setiap malam selama 1 minggu. Dosis kemudian harus ditingkatkan pada interval 1 - atau 2 minggu dengan peningkatan 25 atau 50 mg / hari, diberikan dalam dua dosis terbagi.
    Jika pasien tidak dapat mentoleransi rejimen titrasi, peningkatan yang lebih kecil atau interval yang lebih lama antara peningkatan dapat dilakukan.
    Dosis target awal yang disarankan untuk monoterapi topiramate pada orang dewasa adalah 100 mg / hari hingga 200 mg / hari dalam 2 dosis terbagi. Dosis harian maksimum yang disarankan adalah 500 mg / hari dalam 2 dosis terbagi.
    Beberapa pasien dengan bentuk epilepsi refrakter telah mentoleransi monoterapi topiramate dengan dosis 1.000 mg / hari. Rekomendasi dosis ini berlaku untuk semua orang dewasa termasuk orang tua tanpa adanya penyakit ginjal yang mendasarinya.
  • Dosis pada anak-anak (anak-anak di atas 6 tahun)
    Dosis dan laju titrasi pada anak-anak harus disesuaikan oleh respons klinis. Perawatan anak di atas usia 6 tahun harus dimulai dari 0,5 hingga 1 mg / kg setiap malam selama minggu pertama. Dosis kemudian harus ditingkatkan pada interval 1 atau 2 minggu dengan peningkatan 0,5 hingga 1 mg / kg / hari, diberikan dalam dua dosis terbagi.
    Jika anak tidak dapat mentoleransi rejimen titrasi, peningkatan yang lebih kecil atau interval yang lebih lama antara peningkatan dosis dapat dilakukan. Rentang dosis target awal yang direkomendasikan untuk monoterapi topiramate pada anak di atas usia 6 tahun adalah 100 mg / hari tergantung pada respons klinis, (sekitar 2,0mg / kg / hari pada anak-anak 6-16 tahun).

Pengobatan Migrain

  • Dosis pada orang dewasa
    Total dosis harian topiramate yang direkomendasikan untuk profilaksis migrain adalah 100 mg / hari diberikan dalam dua dosis terbagi. Titrasi harus dimulai dengan 25 mg setiap malam selama 1 minggu. Dosis kemudian harus ditingkatkan dengan penambahan 25 mg / hari yang diberikan dengan interval 1 minggu. Jika pasien tidak dapat mentoleransi rejimen titrasi, interval yang lebih lama antara penyesuaian dosis dapat dilakukan.
    Beberapa pasien mungkin mengalami manfaat dengan dosis harian total 50 mg / hari. Pasien telah menerima dosis harian total hingga 200 mg / hari. Dosis ini mungkin bermanfaat pada beberapa pasien, namun, hati-hati disarankan karena peningkatan insiden efek samping.
  • Dosis pada anak-anak
    Topamax (topiramate) tidak direkomendasikan untuk pengobatan atau pencegahan migrain pada anak-anak karena data yang tidak mencukupi tentang keamanan dan kemanjuran.

Efek samping terkait penggunaan Topiramate

Tablet oral topiramate menyebabkan kantuk. Anda tidak boleh mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan tugas lain yang membutuhkan kewaspadaan sampai Anda tahu bagaimana obat ini memengaruhi Anda. Obat ini juga bisa menimbulkan efek samping lain.

Efek samping topiramate yang lebih umum termasuk:

Jika efek ini ringan, mereka dapat hilang dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Jika mereka lebih parah atau tidak hilang, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda.

Efek samping Topiramate yang serius

Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius. Efek samping yang serius dan gejalanya dapat meliputi:

  • Tingkat amonia yang tinggi. Gejala dapat termasuk:
  • Batu ginjal. Gejala dapat termasuk:
    • Rasa sakit yang parah di bagian belakang atau samping
    • Sering buang air kecil
    • Urin berwarna merah, atau cokelat
    • Mual atau muntah
  • Efek pada kesehatan mental dan kewaspadaan, seperti:
    • Kebingungan
    • Kesulitan berkonsentrasi, mengingat, memperhatikan, dan berbicara
    • Pusing atau kehilangan koordinasi otot
  • Masalah pada mata (terutama selama bulan pertama perawatan). Gejala dapat termasuk:
    • Penurunan kemampuan untuk melihat jarak secara tiba-tiba, dengan atau tanpa rasa sakit dan kemerahan
    • Penyumbatan cairan di mata Anda menyebabkan peningkatan tekanan pada mata (glaukoma sudut tertutup sekunder), yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan permanen
  • Demam dan penurunan keringat
  • Asidosis metabolik (peningkatan kadar asam dalam tubuh Anda). Gejala dapat termasuk:
    • Hyperventilation (pernapasan cepat)
    • Kelelahan selera makan menurun
    • Perubahan pada irama jantung Anda
    • Tidak bisa berpikir jernih

Interaksi Obat

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya termasuk:


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Qudexy XR (topiramate) extended-release capsules, for oral use. (2017). (http://www.upsher-smith.com/wp-content/uploads/QXR-MktgInsert.pdf)
Trokendi XR (topiramate) extended-release capsules, for oral use. (2017). (https://www.trokendixr.com/assets/TrokendiXRPrescribingInformation.pdf)
Topamax – topiramate tablet, coated; topiramate capsule, coated pellets. (2017). (http://dailymed.nlm.nih.gov/dailymed/drugInfo.cfm?setid=21628112-0c47-11df-95b3-498d55d89593)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app