Orlistat: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 5, 2019 Update terakhir: Okt 24, 2020 Tinjau pada Mar 28, 2019 Waktu baca: 4 menit

Orlistat digunakan untuk membantu proses penurunan berat badan, atau untuk membantu mengurasi risiko penambahan kembali berat badan yang telah diturunkan. Penggunaan obat ini harus diminum bersama dengan pola makan berkalori rendah dan orlistat hanya boleh digunakan oleh orang dewasa.

Manfaat Orlistat

Golongan:

Obat resep

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kemasan:

Kapsul

Kandungan:

Obat antiobesitas

Manfaat Orlistat

Orlistat digunakan oleh dokter sebagai terapi untuk program penurunan berat badan yang disertai dengan olahraga, perubahan perilaku, dan penurunan asupan kalori makanan

Orlistat diresepkan untuk orang-orang yang kelebihan berat badan, obesitas, atau permasalahan berat badan yang berkaitan dengan kondisi medis misalnya diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung.

Mekanisme Orlistat

Lemak yang berasal dari asupan makanan, perlu dipecah menjadi bagian-bagian kecil agar dapat diserap oleh tubuh. Orlistat, sebagai penghambat enzim lipase, bekerja dengan menghambat enzim lipase yang memecah lemak, sehingga lemak yang tidak diserap disalurkan keluar tubuh melalui pergerakan saluran cerna. 

Orlistat tidak menghambat penyerapan kalori dari makanan yang mengandung gula dan makanan tanpa lemak lainnya, sehingga Anda tetap harus membatasi asupan kalori dari jenis makanan tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dosis dan Cara Penggunaan Orlistat

Gunakan orlistat sesuai anjuran yang tertera pada leaflet kemasan atau petunjuk dari dokter. Perlu diketahui bahwa orlistat hanya direkomendasikan bagi penderita obesitas yang memiliki nilai IMT 27 kg/m² atau lebih. Rumus perhitungan IMT adalah berat tubuh dalam kilogram dibagi dengan tinggi tubuh dalam satuan meter kuadrat (m²).

Dosis awal untuk seseorang dengan IMT 27kg/m² atau lebih adalah 60-120 mg 3 kali sehari tiap waktu makan per harinya.

Orlistat biasanya diminum 3 kali sehari bersama dengan makanan yang mengandung lemak tidak lebih dari 30% dari total kalori. Anda juga dapat meminum orlistat 1 jam setelah makan. Namun, apabila Anda melewatkan makan atau memakan makanan tanpa lemak, sebaiknya Anda tidak meminum orlistat pada saat tersebut.

Saat menjalani pengobatan dengan orlistat, kandungan lemak dalam setiap makanan yang dimakan sebaiknya tidak lebih dari 30% dari total kalori. Sebagai contoh, apabila Anda mengkonsumsi 1200 kalori per hari, maka kandungan lemak tidak boleh lebih dari 360 kalori. 

Oleh karena itu, selalu perhatikan label atau jumlah kalori/jumlah penyajian untuk setiap makanan yang Anda makan.

Konsumsi orlistat dapat menginterferensi penyerapan vitamin A, D, E, dan K sehingga penambahan multivitamin selama konsumsi orlistat, sangat disarankan. Minum multivitamin setidaknya 2 jam sebelum atau sesudah mengkonsumsi orlistat (misalnya ketika akan tidur malam).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apabila Anda sedang dalam pengobatan dengan siklosporin, maka siklosporin harus diminum 3 jam sebelum atau sesudah konsumsi orlistat untuk memastikan bahwa siklosporin terserap dalam aliran darah.

Anda dapat merasakan dan melihat penurunan berat badan dalam waktu 2 minggu setelah konsumsi orlistat. Apabila tidak terjadi perbaikan kondisi atau terjadi keparahan, segera berkonsultasi pada dokter.

Efek Samping Orlistat

Efek samping yang umum timbul setelah penggunaan orlistat adalah adanya perubahan pergerakan saluran cerna yang terjadi pada minggu pertama terapi. Perubahan ini mungkin juga dapat terjadi selama masa penggunaan orlistat. Konsultasikan pada dokter apabila Anda mengalami gejala seperti:

  • Bercak berminyak pada celana dalam atau pakaian
  • Feces cair atau berminyak/berlemak
  • Meningkatnya frekuensi BAB
  • Nyeri atau rasa tidak nyaman pada anus
  • Nyeri perut
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Sakit kepala

Segera memeriksakan diri ke dokter apabila gejala efek samping semakin memburuk, atau Anda mengalami tambahan gejala lain seperti:

  • Nyeri perut bagian atas
  • Nyeri sendi
  • Kehilangan nafsu makan
  • Nyeri punggung bagian bawah atau bagian samping
  • Mual dan muntah
  • Urin berwarna keruh

Reaksi alergi biasanya muncul segera setelah seseorang meminum obat orlistat. Tanda dan gejala dari reaksi alergi tersebut yaitu:

  • Kemerahan/ruam pada kulit
  • Mata, bibir, atau lidah membengkak/gatal
  • Kesulitan menelan
  • Kesulitan bernapas
  • Denyut jantung meningkat
  • Nyeri dada

Apabila Anda mengalami tanda dan gejala reaksi alergi setelah meminum orlistat, segera bawa ke instalasi gawat darurat terdekat.

Interaksi dengan obat lain

Orlistat dapat bereaksi secara tidak terprediksi dengan obat-obatan lain. Hal ini dapat mempengaruhi mekanisme kerja obat dan meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Beberapa contoh obat yang berinteraksi dengan orlistat misalnya:

  • Siklosporin
  • Insulin atau obat diabetes lainnya
  • Multivitamin
  • Warfarin
  • Obat HIV seperti ritonavir, tenofovir, efavirenz
  • Obat untuk mengatasi kejang

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menginformasikan pada dokter/apoteker mengenai obat-obatan, supplemen herbal, atau vitamin yang sedang dikonsumsi untuk mencegah adanya reaksi dari interaksi obat.

Perhatian

Penggunaan orlistat harus dilakukan dengan pengawasan dokter. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan/menginformasikan pada dokter atau apoteker sebelum mengkonsumsi orlistat, apabila:

  • Riwayat alergi orlistat, obat tertentu, atau alergi lainnya
  • Riwayat kondisi medis, khususnya pada orang yang mengkonsumsi obat penekan imunitas tubuh seperti siklosporin atau orang yang telah menjalani transplantasi organ tubuh
  • Obat-obatan, supplemen herbal, atau vitamin yang sedang dikonsumsi seperti obat anti pembekuan darah, obat HIV, obat diabetes, obat hipertensi, atau obat untuk kondisi tiroid
  • Riwayat gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia nervosa
  • Dalam kondisi hamil atau menyusui

Orlistat tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki berat badan normal atau tidak obesitas, dan tidak boleh untuk orang berusia dibawah 12 tahun.

Apabila lupa meminum obat

Apabila Anda lupa meminum orlistat, segera minum setelah Anda ingat tetapi tidak boleh lebih dari 1 jam setelah makan. Tetapi apabila telah melebihi 1 jam dari waktu makan terakhir, jangan meminum orlistat, dan minum orlistat pada waktu minum berikutnya. 

Anda tidak perlu meminum dua dosis (untuk waktu minum obat yang tertinggal dan untuk waktu minum obat sekarang) sekaligus.

Penyimpanan

Simpan orlistat sesuai dengan kemasannya pada suhu ruangan, terhindar dari panas, kelembaban, dan cahaya langsung. Tidak dibenarkan menyimpan obat dalam lemari pendingin. Hindarkan dari jangkauan anak-anak.


14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app