Thiamine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 2 menit

Thiamine (vitamin B1) adalah vitamin larut air, yang digunakan untuk mengobati kasus defisiensi vitamin B1, salah satunya penyakit beri-beri. Bersama dengan ATP, membentuk senyawa tiamine pyrophosphate, suatu koenzim esensial yang sangat berperan dalam proses metabolisme karbohidrat.

Secara alami, thiamine banyak ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, daging, telor, beras merah, gandum, asparagus, kembang kol, kentang, dan semangka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Kekurangan thiamine atau defisiensi vitamin B1 dapat terjadi terutama pada pasien malnutrisi, orang-orang yang suka mengkonsumsi ikan mentah (mengandung banyak enzim thiaminase), mengkonsumsi teh dan kopi terlalu banyak, menderita penyakit kronis, pecandu alkohol, dan orang yang sering muntah secara berlebihan.

golongan

Sediaan oral obat ini bisa diperoleh tanpa resep dokter. Sedangkan injeksi harus diberikan oleh tenaga medis profesional.

Sediaan

Sediaan oral biasanya tersedia berupa tablet 10 mg, 50 mg, dan 100 mg. sedangkan sediaan injeksi tersedia dengan kadar 100 mg / ml.

Indikasi

Kegunaan thiamine adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengobati penyakit akibat defisiensi vitamin B1 seperti  beri-beri, sindrom Wernicke-Korsakoff, dan neuropati optik.
  • Sebagai tambahan dalam pengobatan penyakit jantung akibat kekurangan thiamine.
  • Digunakan juga sebagai suplemen untuk wanita hamil, terutama jika wanita hamil tersebut sering muntah parah.

Kontra indikasi

  • Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif.

Efek Samping

Obat ini relatif bisa ditoleransi oleh sebagian besar orang. Namun beberapa orang mungkin mengalami beberapa efek samping. Efek samping thiamine adalah sebagai berikut :

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan vitamin ini adalah sebagai berikut :

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

BLACKMORES PREGNANCY BREAST FEED GOLD SOFTCAP 60S merupakan suplemen kehamilan dan menyusui yang penting bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan.

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1
  • Sediaan injeksi mengandung aluminium. Waspadai kemungkinan toksisitas aluminium yang bisa menyebabkan gangguan ginjal, terutama pada pemberian berulang..
  • Sediaan oral sebaiknya diberikan sesudah makan.

Toleransi terhadap kehamilan

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan thiamine ke dalam kategori A dengan penjelasan sebagai berikut :

Studi manusia yang memadai dan terkendali dengan baik tidak menunjukkan risiko pada janin pada trimester pertama kehamilan (dan tidak ada bukti risiko pada trimester kemudian).

Obat ini sering diberikan sebagai salah satu vitamin dalam suplemen untuk wanita hamil terutama yang mengalami muntah parah, untuk mencegah terjadinya defisiensi vitamin B1.

Dosis thiamine

Thiamine diberikan dengan dosis berikut :

  • Dosis lazim dewasa untuk beri-beri

3 x sehari 10 - 20 mg. Obat diberikan secara intramuskular sampai 2 minggu. Selanjutnya, bisa diberikan suplemen multivitamin yang mengandung vitamin B1 5-10 mg/ hari, selama 1 bulan. Konsumsi makanan seimbang akan membantu kesembuhan.

  • Dosis lazim dewasa untuk tujuan suplementasi

1 x sehari 50 - 100 mg.

  • Dosis lazim dewasa untuk Wernicke Encephalopathy

awal : 100 mg intravena. Selanjutnya 50 - 100 mg / hari secara intramuskular atau intravena.

Terkait

  • merk-merk obat dengan kandungan zat aktif thiamine

Jika informasi ini berguna, bagikan ke teman-teman anda


13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Thiamine - Side Effects, Dosage, Interactions. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/drugs/thiamine-vitamin-b1)
Thiamine Hydrochoride 100mg Tablets - Summary of Product Characteristics (SmPC). electronic medicines compendium (emc). (https://www.medicines.org.uk/emc/product/5007/smpc)
The importance of Thiamine in Parenteral Nutrition Therapy Q & A. PT Otsuka Indonesia. (https://www.otsuka.co.id/en/health-info/detail/8/the%20importance%20of%20thiamine%20in%20parenteral%20nutrition%20therapy%20q%20&%20a)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app