Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Seks dan Hubungan

Ternyata Ini Penyebab Vagina Berdarah Setelah Berhubungan Badan

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.879.045 orang

Ternyata Ini Penyebab Vagina Berdarah Setelah Berhubungan Badan

Kondisi vagina yang normal tidak memiliki bau dan tidak mengeluarkan darah ketika sehabis melakukan hubungan seksual. Jika pada kenyataannya vagina Anda mengeluarkan darah setelah berhubungan seks, jangan sepelekan hal ini. 

Meskipun pendarahan yang terjadi bukan menjadi hal yang asing lagi bagi seorang wanita, namun tetap saja Anda harus mewaspadai akan hal ini.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika darah yang dikeluarkan setelah melakukan hubungan badan bukan darah perawan atau darah menstruasi, sudah saatnya jika Anda mengetahui apa penyebabnya dan cara untuk mengatasinya. 

Meskipun darah yang keluar dari vagina setelah melakukan seks bukan hal yang perlu dikhawatirkan, Namun Anda tidak dianjurkan untuk mengabaikan hal ini.

Berikut ini daftar penyebab vagina berdarah setelah melakukan hubungan seks, di antaranya yaitu:

1.Ekstropion serviks, bagian serviks menonjol pada bagian vagina

Penyebab utama yang sering kali menyebabkan vagina berdarah ketika sehabis melakukan hubungan badan yaitu ektropion serviks. Hal ini merupakan suatu kondisi yang mana bagian lapisan serviks menonjol pada bagian vagina. 

Sedangkan penyakit ini pun tidak terlalu membahayakan dan tidak akan menimbulkan penyakit kanker.

2.Vaginitis, peradangan pada daerah kewanitaan

Vagina yang berdarah setelah berhubungan badan bisa juga disebabkan karena faktor vaginitis yang mana ini merupakan vagina mengalami peradangan. Peradangan inilah yang menimbulkan rasa gatal, sakit dan mengeluarkan cairan yang tidak normal

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pada biasanya hal ini disebabkan karena adanya ketidakseimbangan antara bakteri jahat dengan bakteri baik yang ada pada vagina. Penyebab lain juga dapat terjadi karena faktor usia yang sudah menuju menopause.

3.Polip serviks, darah akan keluar meskipun Anda dalam masa menopause

Wanita dikatakan menopause apabila sudah tidak bisa mengeluarkan darah menstruasi

Sedangkan ketika vagina mengeluarkan darah setelah berhubungan badan, bisa jadi disebabkan karena faktor polip serviks yang mana ini merupakan tumor jinak dengan bentuk panjang dan kecil tumbuh pada bagian leher rahim.

4.Servisitis, peradangan pada bagian serviks

Servisitis merupakan peradangan di bagian serviks yang berada di ujung bawah dari rahim yang telah menghubungkan ke bagian vagina. Gejala yang ditimbulkan dari servisitis ini yaitu menimbulkan rasa sakit dan mengeluarkan darah setelah melakukan hubungan seks dengan pasangan.

5.Vagina kering, bagi wanita yang sudah menopause

Bagi wanita yang sudah mengalami masa menopause, tentunya akan memiliki kondisi vagina yang cenderung kering atau keset. Apabila hal ini terus dipaksa untuk melakukan hubungan seks, maka hal ini akan menimbulkan rasa sakit pada bagian vagina. 

Bahkan tidak jarang rasa sakit tersebut diiringi dengan darah yang keluar, baik saat berhubungan seks maupun setelahnya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

6.Adanya infeksi penyakit kelamin yang menular

Penyakit kelamin dapat menular kepada siapa pun yang tidak menjaga kebersihan maupun keamanan ketika sedang melakukan hubungan seks dengan pasangan. Penyebab darah yang keluar setelah seks bisa juga disebabkan karena adanya infeksi penyakit kelamin dari pasangan seperti sipilis, herpes genital maupun yang lainnya.

Pendarahan yang terjadi setelah seks memang memiliki banyak penyebab yang tidak sama antara perempuan yang satu dengan yang lainnya. Namun ada beberapa wanita yang mengalami hal sama, yaitu mengeluarkan darah setelah melakukan seks

Untuk mengatasi darah yang keluar dari vagina setelah melakukan seks, selalu jagalah kebersihan dan kesehatan vagina Anda dengan melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter, pastikan bahwa Anda dan pasangan sama-sama rutin melakukan perawatan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit