Duh, Stress Saat Bekerja Bisa Memicu Banyak Penyakit!

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Duh, Stress Saat Bekerja Bisa Memicu Banyak Penyakit!

Secinta apa Anda dengan pekerjaan Anda saat ini, tentu ada kalanya Anda merasa stres bukan kepalang. Stres berat ketika sedang bekerja bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari kejaran deadline dari atasan, lingkungan kerja kurang nyaman, lelah sehabis bermacet-macetan di jalan, dan sebagainya. Karena itulah, sesekali sempatkanlah untuk jalan-jalan atau refreshing untuk menyegarkan pikiran. Sebab, stres kerja yang dibiarkan terus-menerus tidak hanya memengaruhi kesehatan mental, tapi juga memicu berbagai penyakit jalan tubuh.

Berbagai hal pemicu stres saat bekerja

Penyebab stres pada setiap pekerja tentu berbeda-beda. Namun, secara umum, beberapa hal yang bisa memicu rasa penat dan stres saat bekerja antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7
  • Gaji yang kecil
  • Tuntutan dan tekanan kerja yang mengharuskan Anda bekerja tidak sesuai atau melebihi kemampuan
  • Lingkungan kerja yang tidak baik
  • Beban kerja yang terlampau berat atau banyak
  • Terlalu perfeksionis
  • Buruknya hubungan dengan atasan atau teman kerja
  • Tidak adanya apresiasi dari atasan
  • Tidak ahli dalam bidang pekerjaan yang digeluti
  • Adanya pengawasan yang ketat oleh atasan

Baca Selengkapnya: Kenali 5 Kebiasaan Penyebab Stres Serta Cara Mengatasinya

Stres kerja tentunya membuat Anda jadi sulit berkonsentrasi, susah tidur malam, gampang marah, hingga mudah sakit dan capek. Akibatnya, Anda jadi tidak produktif dan semangat untuk lanjut bekerja.

Bahaya stres kerja bagi kesehatan fisik dan mental

Kita memang tidak bisa menghindari terjadinya stres di tempat kerja, namun bukan berarti kita tidak peduli dengan gejala yang muncul. Bila terus dibiarkan, stres kerja bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik, lho!

Dalam jangka pendek, stres kerja bisa membuat seseorang menjadi pusing, mual, nyeri dada, perut terasa nyeri, hingga muntah. Jika tidak segera diatasi, bahaya stres bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, di antaranya: 

1. Migrain

Ketika sedang stres, otot-otot di seluruh tubuh akan menegang. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri kronis pada tubuh, sedangkan ketegangan otot-otot di kepala bisa memicu migrain. Maka tak heran kalau Anda kerap mengalami migrain saat sedang stres.

2. Tekanan darah tinggi

Kadar hormon kortisol di dalam tubuh manusia akan meningkat seiring datangnya stres, itu sebabnya hormon kortisol juga disebut dengan hormon stres. Bila terus dibiarkan, lonjakan hormon kortisol dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) hingga picu sakit kepala.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

3. Diabetes

Tanpa disadari, stres kerja yang berlangsung jangka panjang juga bisa menjadi penyebab seseorang terkena diabetes. Hal ini berkaitan dengan naiknya tekanan darah saat stres.

Selain itu, stres juga kerap membuat Anda lebih rentan mengonsumsi makanan manis demi mengatasi stres. Alih-alih menghilangkan stres, di waktu yang bersamaan Anda juga berisiko terkena diabetes. 

4. Depresi

Stres berat saat bekerja yang dibiarkan juga akan menyebabkan kesehatan mental terganggu. Inilah yang membuat penderita stres lebih berisiko mengalami depresi.

Baca Juga: Stres Kerja Diakui Sebagai Penyakit, Ini Kata WHO

Cara tepat dan ampuh mengatasi stres kerja

Stres berat di tempat kerja bisa berdampak buruk bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Karena itulah, sangat penting untuk mengelola stres di tempat kerja demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres kerja, seperti:

  • Jangan memendam stres sendirian. Jangan segan untuk curhat dengan pasangan, keluarga, atau teman terpercaya mengenai hal-hal yang membuat Anda stres. 
  • Atur ulang ritme dan strategi kerja Anda. Cobalah buat daftar (to do list) dan sesuaikan dengan prioritasnya. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan tugas kantor secara bertahap dengan baik.
  • Bawa bekal buah potong atau jus buah ke kantor. Asupan nutrisi dari buah-buahan bisa membantu merilekskan pikiran Anda agar lebih siap lanjut bekerja.
  • Lakukan kegiatan yang menyenangkan di akhir pekan. Kunjungi tempat wisata terdekat atau sekadar jalan-jalan santai bersama keluarga agar pikiran kembali segar dan fresh.

Baca Selengkapnya: Cara Ampuh Menghilangkan Stres Tanpa Membuat Kantong Kempes

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara mengatasi stres kerja tapi rasa penat tak kunjung hilang, konsultasikan lebih lanjut ke dokter atau psikolog. Stres berat saat bekerja sebaiknya segera ditangani dan jangan dianggap remeh demi menjaga kesehatan Anda secara menyeluruh.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stress at the workplace. World Health Organization (WHO). (https://www.who.int/occupational_health/topics/stressatwp/en/)
Life Event, Stress and Illness. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3341916/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Sering Menunda Pekerjaan Bisa Jadi Tanda Gangguan Mental
Sering Menunda Pekerjaan Bisa Jadi Tanda Gangguan Mental

Beberapa ahli mengatakan jika pekerjaan yang terbengkalai setiap hari ternyata berkaitan langsung dengan gangguan mental dan dapat mengganggu kualitas hidup. Berbagai prestasi yang turun akan melahirkan depresi dan hal itulah yang menjadi alasan timbulnya gangguan mental.Kondisi tubuh apa saja yang bisa menjadi penyebab gangguan mental? Simak penjelasannya berikut ini:

Buka di app