5 Cara Mengembalikan Produktivitas Kerja Setelah Liburan

Dipublish tanggal: Jun 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 20, 2019 Waktu baca: 2 menit
5 Cara Mengembalikan Produktivitas Kerja Setelah Liburan

Libur lebaran sudah berakhir. Ya, setelah menikmati satu minggu libur dalam perayaan hari raya Idulfitri, hari ini sebagian besar pekerja telah kembali beraktivitas. Tetapi tidak semua orang sudah siap dalam menjalaninya dan kembali ke rutinitas pekerjaan. Ada yang tidak betah libur terlalu lama tetapi ada pula yang masih terbawa hawa liburan. Lalu, bagaimana cara mengembalikan produktivitas kerja setelah liburan?

Berikut ini 5 cara yang dapat Anda terapkan dalam mengembalikan produktivitas kerja setelah liburan:

1. Tidur lebih awal

Sebelum kembali bekerja, Anda perlu menyesuaikan lagi rutinitas harian Anda, termasuk jadwal tidur. Karena dengan tidur yang cukup, Anda dapat lebih mudah untuk bangun pagi terutama ketika hari masuk kerja telah tiba. Hal ini perlu Anda lakukan selama kurang lebih satu minggu awal kembali bekerja.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

2. Sarapan yang bergizi

Sarapan menjadi salah satu rutinitas penting untuk memulai hari sekaligus untuk mengisi energi sebelum kembali beraktivitas serta bekerja. Secangkir kopi atau segelas susu ditambah dengan sereal atau roti gandum mungkin bisa menjadi pilihan yang mudah tapi mengenyangkan lho.

Ingat, setelah seminggu kemarin menyantap berbagai hidangan lebaran yang umumnya mengandung lemak dan santan, kini saatnya untuk kembali memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.

3. Lakukan olahraga ringan

Untuk mengembalikan kondisi tubuh agar terbiasa dengan rutinitas kerja seperti sebelum liburan, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti yoga ataupun berjalan kaki, melakukan peregangan otot selama di kantor, ataupun melakukan workout setelah pulang kerja. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja dengan meningkatkan konsentrasi serta mengurangi stress.

4. Siapkan jadwal kerja

Setelah libur panjang umumnya pekerjaan cenderung menumpuk sehingga banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Untuk mengatasi stress akibat pekerjaan yang menumpuk, Anda dapat menyiapkan jadwal kerja dan memulainya dari pekerjaan yang paling mudah terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mengembalikan produktivitas dan ritme kerja Anda serta membantu meningkatkan semangat Anda dalam kembali bekerja.

Tetapi Anda tak perlu memaksakan diri untuk melakukan seluruh pekerjaan di hari pertama kembali bekerja, Anda hanya perlu menyiapkan jadwal dan rencana sehingga Anda memiliki tujuan kerja yang jelas dan seluruh pekerjaan tersebut dapat selesai tepat waktu.

5. Bangun mood dengan hal yang menyenangkan

Jika kembali mengingat momen liburan terkadang membuat kita bersemangat kerja lagi, tetapi terkadang juga malah membuat kita hilang semangat karena masih ingin waktu libur yang lebih panjang. Hal ini harus Anda siasati dengan baik jangan sampai kebablasan. Maka dari itu, ingat kembali tujuan Anda bekerja dan hal yang menyenangkan dari pekerjaan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengobrol sejenak dengan rekan kerja mengenai liburan Anda, merapikan meja kerja Anda agar lebih rapi, membeli minuman favorit Anda seperti kopi atau teh untuk menemani Anda di hari pertama kerja, lalu mulailah bekerja sedikit demi sedikit agar satu per satu pekerjaan dapat selesai.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Three Science-Based Reasons Vacations Boost Productivity. Psychology Today. (Accessed via: https://www.psychologytoday.com/us/blog/feeling-it/201708/three-science-based-reasons-vacations-boost-productivity)
Bloom, Jessica & Geurts, Sabine & Sonnentag, Sabine & Taris, Toon & Weerth, Carolina & Kompier, Michiel. (2011). How Does a Vacation from Work Affect Employee Health and Well-Being?. Psychology & health. 26. 1606-22. 10.1080/08870446.2010.546860.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/51223869_How_Does_a_Vacation_from_Work_Affect_Employee_Health_and_Well-Being)
Bloom, Jessica. (2012). How do vacations affect workers’ health and well-being? Vacation (after-) effects and the role of vacation activities and experiences.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/254897932_How_do_vacations_affect_workers'_health_and_well-being_Vacation_after-_effects_and_the_role_of_vacation_activities_and_experiences)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app