Ketahui Tips Ampuh dan Mudah Untuk Meredakan Stres

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Tips Ampuh dan Mudah Untuk Meredakan Stres

Tekanan pada diri manusia baik karena pekerjaan, terjebak di dalam kemacetan atau tidak selarasnya keinginan dan realita seringkali menjadikan anda tertekan dan menimbulkan stres. Stres bisa terjadi dalam kurun waktu yang berbeda-beda, baik lebih lama atau bersifat sementara. 

Stres merupakan kondisi gangguan mental yang bisa terjadi kepada siapa saja tanpa mengenal kondisi dan usia. Dengan demikian stres bisa timbul akibat ketidakmampuan anda dalam mengelola perilaku yang sesuai dan lebih memilih mendahulukan emosional.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Stres menjadi salah satu bahasan penting dalam dunia psikologi karena berkaitan dengan kondisi kejiwaan seseorang. Pada berbagai kasus berbeda, anda membutuhkan penanganan oleh para spesialis apabila stres yang timbul memberikan tekanan seperti ingin mengakhiri hidup sendiri.

Apabila anda hanya mengalami stres ringan karena suatu hal yang biasa terjadi seperti pekerjaan, anda dapat mengendalikan stres tersebut dengan cara mudah dari rumah. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

Nikmati Udara Pagi yang Masih Segar

Apabila semalam anda bekerja lembur karena tekanan pekerjaan di akhir bulan sehingga tidur larut malam, maka anda akan mengalami kelelahan meskipun sudah tidur dalam waktu beberapa jam. 

Dengan demikian sebagai salah satu cara untuk menghilangkan tekanan tersebut adalah dengan menghirup udara pagi, segera buka jendela kamar dan biarkan udara masuk dengan sendirinya. Sehingga secara perlahan udara segar akan menimbulkan efek positif, menghilangkan rasa ngantuk dan mengembalikan semangat yang sempat mengendur.

Banyak Minum Air Putih

Ketika anda merasa tertekan, segeralah minum air putih dalam jumlah yang cukup, karena bagaimanapun juga air putih merupakan cairan paling mujarab dalam memperbaiki kondisi tubuh. Baik yang bersifat luar maupun jiwa itu sendiri sehingga tubuh tidak mudah merasa letih dan kembali bersemangat.

Jauhkan pikiran anda untuk minum selain minum air putih, jangan berikan keputusan untuk meneguk minuman terlarang sebab itu tidak membuat masalah Anda selesai. Akan tetapi malah memperburuk seperti yang berkaitan dengan pekerjaan, hobi dan sekolah.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Sempatkan Olahraga

Salah satu penghilang stres yang ampuh adalah berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga singkat saat weekdays dan lebih lama pada saat weekend. Selain untuk kesehatan tubuh, nyatanya olahraga membuat anda lebih baik dalam menanggulangi stres. Setiap syaraf kembali tenang dan terhindar dari berbagai bentuk emosional yang berlebihan.

Efek relaksasi dalam tubuh akan anda peroleh karena berolahraga, tubuh mampu memproduksi hormon endorphin yang berfungsi sebagai hormon pemberi rasa relaks dan bahagia. Kemudian dapat membantu kelancaran peredaran darah diimbangi dengan oksigen yang banyak, sehingga jiwa dan raga berada di dalam kondisi stabil.

Meditasi

Meditasi menjadi waktu bagi anda untuk menyeimbangkan jiwa dan raga dengan cara yang tepat. Kegiatan ini dapat menghilangkan stres dengan mujarab. 

Pastikan gunakan beberapa waktu yang cukup untuk bermeditasi sambil mengingat apa yang sudah anda alami sebelumnya. Sehingga timbullah rasa berterimakasih atau bersyukur atas segala yang dimiliki hingga saat ini, seperti memiliki pekerjaan dengan gaji yang cukup.

Meditasi terkenal dapat menurunkan hormon stres dan kembali menyeimbangkan tubuh menjadi lebih normal. 15 sampai 1 jam menjadi rentang waktu yang bisa anda pilih sendiri. Setiap 15 menit bermeditasi setara dengan melakukan olahraga selama 1 jam.

Demikian tips tentang meredakan stres secara mandiri dan menyenangkan. Pastikan anda memiliki waktu istirahat yang cukup supaya tidak mengganggu pola aktivitas harian, sehingga dapat menghindarkan diri dari timbulnya stres.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stress: Why does it happen and how can we manage it?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/145855.php)
10 Simple Ways to Relieve Stress. Healthline. (https://www.healthline.com/health/10-ways-to-relieve-stress)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app