Risiko Buruk yang Bisa Terjadi pada Perokok Pasif

Anda harus hati-hati saat sedang duduk atau berada di dekat perokok. Sebaiknya menggunakan masker agar tidak langsung terhirup asapnya, yang risiko buruknya sebagai berikut.
Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Risiko Buruk yang Bisa Terjadi pada Perokok Pasif

Rokok memiliki banyak kandungan zat berbahaya. Tidak hanya berisiko bagi perokok aktif tetapi juga berbahaya bagi perokok pasif. Orang yang berada di sekitar perokok dinamakan perokok pasif. Anda harus hati-hati saat sedang duduk atau berada di dekat perokok. Sebaiknya menggunakan masker agar tidak langsung terhirup asapnya, yang risiko buruknya sebagai berikut.

1. Kanker paru-paru

Paru-paru sebagai alat pernapasan akan menjadi sasaran utama dari bahaya rokok yang akan dirasakan. Hampir lebih dari 25% perokok pasif mengalami ini. Ketika paru-paru sudah bermasalah maka akan mengganggu pernapasan Anda dalam jangka waktu yang panjang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Bahkan berisiko mengalami kanker paru-paru yang membahayakan nyawa Anda.

2. Komplikasi kehamilan

Buat Anda yang istrinya sedang dalam keadaan hamil sebaiknya tidak merokok di dalam rumah. Hal ini penting untuk dilakukan karena jika istri Anda menjadi perokok pasif risiko buruk yang akan dialami adalah komplikasi.

Jenis komplikasi yang bisa terjadi bayi lahir dengan berat badan rendah, keguguran, bahkan kematian bayi. Apa lagi jika ibu hamil juga ikutan merokok maka risiko buruk yang akan dialami menjadi lebih besar. Komplikasi ini juga bisa terjadi saat Anda akan melahirkan maka jagalah pola hidup yang sehat.

3. Penyakit saluran pernapasan

Hal yang Anda anggap sepele dengan tetap merokok di depan anak akan menyebabkan anak menjadi perokok pasif dan berisiko mengalami penyakit. Beberapa penyakit saluran pernapasan yang bisa saja terjadi adalah asma, pilek, infeksi telinga, infeksi sistem pernapasan, batuk, dan meningitis

Selain itu juga bisa mengalami infeksi telinga tengah karena gangguan pendengaran.

4. Jantung dan stroke

Jantung dan stroke merupakan jenis penyakit yang juga banyak berujung pada kematian. Anda yang menjadi perokok pasif juga bisa mengalami risiko buruk ini. Kondisi ini terjadi ketika Anda terlalu sering terpapar asap rokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Darah yang terpapar kandungan asap rokok akan lebih besar risikonya mengalami penyumbatan pembuluh darah. Masalah ini bisa saja terjadi dadakan tanpa diduga sebelumnya. Penyakit jantung yang bisa terjadi yaitu jantung koroner, nyeri dada, dan gagal jantung. 

Maka penting sekali untuk Anda menjaga diri dari lingkungan perokok.

5. Penyakit sementara

Selain itu Anda sebagai perokok pasif juga berisiko mengalami penyakit sementara yaitu mata yang iritasi karena terkena asap rokok. Anda juga bisa mengalami sakit kepala dan tenggorokan saat terkena paparan asap rokok. 

Tidak hanya dialami pada anak-anak tetapi juga orang dewasa untuk penyakit sementara ini.

6. Kematian dini

Anak-anak memiliki sistem imun yang masih rendah sehingga mudah terkena penyakit apapun jika ada faktor pemicunya. Buat Anda yang memiliki anak harus hati-hati sekali untuk merokok. Jika tidak akan terjadi kematian dini kepada anak yang terkena asap rokok secara terus-menerus. 

Apa lagi buat anak Anda yang masih bayi.

7. Sistem imun anak

Sekalipun risiko kematian tidak langsung terjadi Anda tetap perlu melindungi anak dari paparan asap rokok. Risiko buruk yang paling kecil akan dialami adalah sistem imun anak menjadi lemah. Saat ini terjadi anak menjadi mudah sakit dan selalu lemas.

Risiko buruk bagi perokok pasif ini tidak akan Anda alami jika pandai menjaga diri dari lingkungan yang tidak sehat. Jagalah kesehatan dengan mulai berhenti merokok karena kandungan yang ada di dalam rokok sangat banyak efek sampingnya. 

Jangan menganggap hal ini sepele karena risikonya ketika terjadi akan membuat Anda bingung dan menyesal.  

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The American Cancer Society medical and editorial content team. (2015). Health risks of secondhand smoke. (https://www.cancer.org/cancer/cancer-causes/tobacco-and-cancer/secondhand-smoke.html)
Passive smoking: protect your family and friends. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/passive-smoking-protect-your-family-and-friends/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app