Redakan Sakit Kepala Membandel dengan 10 Gerakan Yoga Ini

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 10, 2019 Waktu baca: 4 menit
Redakan Sakit Kepala Membandel dengan 10 Gerakan Yoga Ini

Gangguan sakit kepala bisa menyerang siapa saja dan kadang datangnya tak terduga. Bila Anda mengalaminya, sebaiknya jangan buru-buru minum obat dulu. Lebih baik coba atasi sakit kepala secara alami, salah satunya dengan olahraga yoga yang gerakannya sangat mudah dilakukan. Penasaran bagaimana cara mengatasi sakit kepala dengan gerakan yoga? Intip panduannya berikut ini.

Gerakan yoga untuk mengatasi sakit kepala

Stres dan naiknya tekanan darah menjadi penyebab sakit kepala yang paling utama. Dengan melakukan yoga, kondisi otot tubuh yang semula menegang akan jadi lebih rileks dan meregang. Hal inilah yang membuat tekanan darah menjadi lancar sehingga sakit kepala bisa segera diredakan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Baca Juga: Efek Buruk Yoga Bila Tidak Dilakukan dengan Benar

Ada 10 gerakan yoga untuk mengatasi sakit kepala yang bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Supaya hasilnya efektif, pastikan Anda melakukan setiap gerakannya dengan benar dan tidak terburu-buru.

Berbagai gerakan yoga yangd dapat membantu mengatasi sakit kepala adalah:

1. Eagle pose

Gerakan yoga yang cukup sederhana ini sangat efektif untuk mengendurkan otot bagian pundak yang menegang. Bila dilakukan secara rutin, maka ini juga bisa membantu mengatasi sakit kepala yang membandel.

Pertama, ambil posisi duduk bersila di atas kursi. Setelah itu, putar lengan dan menyilang antara yang kanan dan kiri lalu biarkan otot bahu menjadi lebih rileks.

2. Seated forward bend

Ambil posisi duduk santai di lantai dan luruskan kaki ke depan. Dorong tubuh secara perlahan ke depan sampai jari tangan Anda berhasil menyentuh jari-jari kaki. Posisi lutut harus lurus jangan sampai menekuk. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Gerakan yoga ini bisa membantu melancarkan aliran darah ke jantung. Jika aliran darah semakin lancar, maka sakit kepala bisa segera reda.

3. Child’s pose

Posisi child’s pose paling ditunggu-tunggu saat berlatih di kelas yoga karena dapat mengistirahatkan badan di sela-sela latihan. Dengan melakukan gerakan ini, gaya gravitasi akan berbalik ke arah atas sehingga lebih banyak oksigen yang terdorong ke bagian leher, bahu, dan punggung. 

Ambil posisi duduk dengan kedua kaki berada di bawah pantat, lalu julurkan kedua tangan ke depan hingga menyentuh lantai. Rasakan aliran oksigen mengalir deras ke tubuh bagian atas sehingga lambat laun mengatasi stres, cemas, hingga sakit kepala.

4. Legs up the wall pose

Saat sakit kepala menyerang, cobalah segera berbaring kemudian naikkan kaki ke dinding. Pose membalikkan gaya gravitasi ini disebut-sebut sebagai pose yoga terbaik untuk mengatasi kecemasan, menenangkan pikiran, dan mengurangi kelelahan.

5. Knees-to-chest pose

Ambil posisi berbaring, lalu tarik lutut ke arah dada. Tahan selama kurang lebih 30 hingga 60 detik sembari bernapas dalam-dalam supaya tubuh lebih rileks. 

Pose yoga ini bertujuan untuk melonggarkan otot punggung sehingga aliran darah kembali lancar. Terlebih saat Anda menarik napas secara teratur, tubuh akan lebih tenang dan rileks.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Baca Juga: Pemula Lakukan 5 Gerakan Yoga Dasar Ini

6. Seated spinal twist

Pertama-tama, ambil posisi duduk dengan nyaman, lalu luruskan kaki kiri ke depan dan silangkan kaki kanan ke samping kaki kiri. Posisi tangan kanan lurus menyentuh lantai sementara tangan kiri bertumpu pada lutut.

Selain bisa mengatasi sakit kepala, pose seated spinal twist juga bisa membantu melancarkan pencernaan, lho!

7. Head to knee pose

Ambil posisi duduk, lalu tekuk kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat sedangkan kaki kiri diluruskan ke depan. Dorong tubuh ke kaki kiri hingga jari tangan menyentuh jari kaki.

Tahan posisi ini selama kurang lebih 60 detik. Gerakan yoga head to knee pose ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan meregangkan otot yang tegang.

8. Corpse pose

Pose yoga yang satu ini sangat mudah dilakukan bahkan jadi favorit, sebab Anda hanya tinggal merebahkan badan lalu tarik napas dalam-dalam sembari menutup mata. Corpse pose saat efektif untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan stres berlebihan. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan di kepala yang menyebabkan pusing dan sakit kepala.

9. Cat pose

Ambil posisi merangkak seperti kucing dan pastikan posisi tangan sejajar lurus di bawah bahu dengan jemari yang terbuka lebar. Posisikan lutut tepat di bawah pinggul.

Dorong punggung ke atas sembari menghembuskan napas, lalu kembali ke pose normal dengan menarik napas. Gerakan yoga ini bisa membantu melancarkan aliran darah pada tubuh bagian atas sekaligus merilekskan otot punggung, bahu, hingga leher yang memicu sakit kepala.

10. Penapasan dalam

Setelah melakukan serangkaian gerakan yoga di atas, jangan lupa lakukan teknik pernapasan dalam di akhir sesi yoga. Gerakan ini akan memasukkan lebih banyak oksigen ke dalam tubuh sehingga tubuh jadi lebih rileks dan tenang.

Ambil posisi duduk bersila senyaman mungkin, lalu angkat bahu setinggi mungkin saat menarik napas. Lalu hembuskan napas sembari melemaskan kondisi bahu. Dijamin, setelah sesi yoga ditutup dengan pernapasan dalam, tekanan di kepala Anda jadi berkurang dan bahkan mengatasi sakit kepala yang mengganggu hari-hari Anda.

Manfaat yoga selain untuk sakit kepala

Selain meredakan sakit kepala emngganggu, ada masih banyak lagi manfaat gerakan yoga yang harus Anda ketahui. Beberapa diantaranya adalah meningkatkan kebugaran, meringankan efek mabuk, mengurangi gejala asma, meredakan sakit punggung, dan lain sebagainya.

Baca Selengkapnya: Berbagai Jenis Yoga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Jadi, saat Anda merasakan sakit kepala yang tak tertahankan, sebaiknya jangan buru-buru minum obat sakit kepala. Coba dulu gerakan yoga seperti yang disebutkan di atas dan rasakan sendiri sakit kepala Anda perlahan akan mereda dan tubuh kembali bugar.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga Poses That Help Stop Headaches Before They Start. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/yoga-for-headaches-3567223)
Effectiveness of Iyengar yoga in treating spinal (back and neck) pain: A systematic review. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4278133/)
Yoga intervention on blood NO in female migraineurs. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4746941/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app