Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
AHMAD MUHLISIN
Kebiasaan Sehat

8 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan (No. 7 Paling Baik)

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.217.990 orang

8 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan (No. 7 Paling Baik)

Kondisi tubuh yang lelah setelah seharian beraktifitas adalah tanda kalau tubuh kita telah menguras banyak energi dan membutuhkan istirahat dengan segera, bentuk istirahat seperti apa yang paling dibutuhkan oleh tubuh kita?

Yup, tidur adalah jawaban paling tepat. Tidur pun tidak bisa sembarangan, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas ada beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan dan harus diperhatikan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Setiap orang dengan rentang usia tertentu memiliki jumlah waktu wajib tidur yang berbeda-beda. Bayi memerlukan tidur 14 - 17 jam per hari, balita 10-13 jam per hari, remaja 8-10 jam per hari dan dewasa 7-9 jam per hari.

Disamping seberapa lama waktu tidur juga ada hal penting yang perlu diperhatikan sebagai syarat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, yaitu posisi tidur. Posisi tidur yang baik untuk kesehatan perlu Anda ketahui dan diterapkan sebaik mungkin.

Baca juga:

  • Durasi dan Waktu Tidur yang Baik untuk Kesehatan
  • Bahaya Akibat Kurang Tidur : Kegemukan dan Diabetes

Inilah 8 Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

1. Terlentang, Kedua Lengan Berada di Samping (Soldier)

Posisi tidur yang baik untuk kesehatan yang pertama adalah tidur terlentang (punggung menghadap ke bawah/ke kasur) dengan posisi lengan di sisi/samping tubuh Anda.

Dianggap sebagai posisi tidur yang baik untuk kesehatan tulang belakang dan untuk leher. Namun, hindari menggunakan terlalu banyak bantal selama Anda tidur. Hal ini bertujuan untuk menghindari leher terlalu menekuk dan mendengkur.

Namun posisi ini kurang dianjurkan bagi mereka yang berbadan gemuk atau obesitas, karena berpotensi menyebabkan sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang tidak bisa dianggap remeh di mana pernapasan sering kali berhenti selama tidur berlangsung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Akibatnya, otak tidak mendapat oksigen yang cukup, serta kualitas tidur pun menjadi buruk, yang berakibat pada kondisi kelelahan ketika bangun di keesokan harinya.

2. Terlentang, Lengan ke Atas (Starfish)

Posisi yang lebih dikenal dengan sebutan "starfish" ini juga sangat direkomendasikan dan bagus untuk punggung. Tidur telentang juga membantu mencegah timbulnya kerutan dan jerawat di wajah.

Namun, seperti posisi tidur nomor 1, tidur dengan posisi  ini juga bisa mengakibatkan mendengkur dan permasalahan lain seperti acid reflux (naiknya asam lambung). Ditambah lagi mengangkat lengan ke atas bisa memberi tekanan pada saraf di bahu Anda, yang bisa menyebabkan rasa sakit.

Acid reflux sendiri adalah penyakit asam lambung atau lebih dikenal dengan sebutan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) yaitu kondisi dimana nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada dikarenakan naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

3. Tidur Tengkurap (Menghadap ke Bawah)

Tidur menghadap ke bawah atau tengkurap memang bisa memperbaiki pencernaan, tapi Anda juga harus memiliki cara tersendiri untuk bernapas dengan baik melalui bantal. Caranya bisa dengan memiringkan wajah ke satu arah atau lainnya untuk mendapatkan posisi bernapas yang lebih melegakan paru-paru.

Tidur dalam posisi ini juga bisa membuat banyak ketegangan pada leher dan menyebabkan sakit pada punggung, karena lekukan pada tulang belakang tidak mendapatkan dukungan yang cukup.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29
( ! ) Tengkurap merupakan posisi tidur yang paling tidak sehat diantara posisi lainnya.

4. Tidur Dalam Posisi Seperti Janin

Tidur dengan posisi meringkuk menjadi seperti bola dan tubuh Anda membungkuk serta lutut ditekuk merupakan salah satu posisi tidur yang bisa dibilang paling populer, terutama miring ke kiri. Posisi tidur ini sangat cocok bagi ibu hamil.

Tidur dalam posisi ini akan meningkatkan sirkulasi darah ibu dan janin, juga dapat mencegah rahim menekan hati, yang ada di sisi kanan tubuh. Ini juga menjadi posisi tidur yang sehat bagi mereka yang sering mendengkur.

Akan tetapi tidur dalam posisi janin seperti ini apabila dilakukan terlalu rapat bisa menekan pernapasan. Akibatnya bisa membuat Anda merasa agak sakit di pagi hari, terutama bagi mereka yang menderita arthritis di persendian atau punggung.

5. Tidur Miring, Tangan Berada di Samping Tubuh (Log)

Tidur dalam Posisi ini juga mencegah naiknya asam lambung, dan karena tulang belakang terbentang lurus, maka akan menghindari keluhan sakit punggung dan leher. Plus, Anda cenderung tidak akan mendengkur dalam posisi tidur miring seperti ini, karena saluran nafas lebih terbuka.

Oleh karena itu, ini juga bisa dijadikan pilihan terbaik bagi mereka yang menderita gangguan tidur seperti sleep apnea.

Lima belas persen orang dewasa memilih untuk tidur miring seperti ini, tapi ada satu kelemahan: Ini bisa menyebabkan keriput atau jerawatan, karena separuh wajah Anda menekan bantal. Hal ini bisa diatasi dengan rajin membersihkan sarung bantal dan menggunakan bantal yang tidak terlalu rendah.

6. Tidur Miring, Lengan Keluar (Yearner)

Salah satu posisi tidur yang baik untuk kesehatan lainnya adalah dalam posisi miring tapi posisi lengan keluar, tidak berada disamping tubuh. Namun, tidur dalam posisi ini ada juga kekurangannya yaitu dapat menyebabkan nyeri pada bahu dan lengan karena terhambatnya aliran darah dan tekanan pada saraf.

Hal ini akan bertambah parah ketika tangan diletakkan jauh ke depan.

7. Miring Ke Kanan

Jika Anda adalah tipe orang yang suka tidur miring, maka memilih untuk miring ke kanan atau ke kiri memiliki efek yang berbeda. Tidur miring ke kanan misalnya bisa membuat perut mulas akibat lambung menjadi memburuk bagi yang memiliki penyakit asam lambung atau GERD.

Sedangkan tidur miring ke kiri dapat menekan organ dalam seperti hati, paru-paru, dan lambung (meskipun meminimalisir acid reflux).

Bagi wanita yang sedang hamil dokter biasanya menyarankan untuk tidur miring ke kiri, karena ini bisa memperbaiki sirkulasi darah ke janin. Khusus untuk ibu hamil pemilihan posisi tidur yang baik untuk kesehatan sangatlah penting. Karena bukan hanya demi kesehatan sang ibu tapi juga untuk keselamatan bayi.

Jadi pilihlah sesuai dengan kondisi tubuh Anda, bagi yang tidak memiliki masalah asam lambung naik, maka tidur miring ke kanan adalah posisi tidur yang paling baik bagi kesehatan. Namun bagi penderita GERD dan ibu hamil lebih disarankan untuk miring ke kiri. Selengkapnya baca disini: Posisi Tidur Ibu Hamil Terbaik Dari Bulan Ke Bulan

Tidur miring ke kanan bisa Anda lakukan dengan berbagai posisi seperti pada nomor 4, 5, dan 6 di atas.

8. Gunakan Bantal Sebagai Pelengkap

Memilih posisi tidur yang baik untuk kesehatan adalah penting. Tapi terlepas dari posisi tidur yang Anda gunakan, ada beberapa item yang bisa anda tambahkan untuk menambah kenyamanan, kualitas tidur, dan kesehatan yang lebih baik, salah satunya yaitu menggunakan bantal.

Tips menggunakan bantal yang baik untuk kesehatan:

  • Posisi tidur terlentang. Bantal yang paling baik dapat diletakkan di bawah lengkungan tulang belakang antara leher sampai kepala. Pastikan bantal tidak terlalu tinggi dan Andapun merasa nyaman.
  • Posisi tidur miring. Gunakan bantal dengan tinggi yang pas sehingga tulang belakang leher sampai punggung bawah berada pada posisi lurus horizontal. Bila perlu letakkan bantal di antara kedua lutut.
  • Posisi tidur tengkurap. Gunakan bantal pada salah satu sisi kepala (pelipis) pastikan Anda dapat benapas dengan lancar.

Beberapa tips lainnya untuk meningkatkan kualitas tidur: Tips Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Itulah tadi beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan serta beberapa kekurangannya. Pada prinsipnya setiap posisi tidur adalah baik tinggal bagaimana kita mengondisikan tubuh kita agar senyaman mungkin dengan posisi yang kita pilih dan paling cocok dengan keadaan kita, wanita yang sedang hamil tentu saja berbeda posisi tidurnya dengan wanita yang tidak hamil.

Namun yang paling penting dari itu semua adalah kita menjadi tahu betapa pentingnya tidur untuk kesehatan kita. Memilih posisi tidur yang baik untuk kesehatan adalah salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Bermula dari tidur yang berkualitas akan berdampak pada kondisi tubuh yang lebih prima ketika bangun di keesokan harinya.

Setiap orang memiliki posisi tidur favoritnya masing-masing, jadi pilihlah posisi yang paling nyaman untuk Anda dan paling sedikit resiko sakitnya.

Referensi

American Pregnancy Association (2017). Sleeping Positions During Pregnancy.

Crisp, S. Netdoctor UK (2014). Babies should always sleep on their backs.

Goldwater, P. NCBI (2017). Sudden Infant Death Syndrome, Infection, Prone Sleep Position, and Vagal Neuroimmunology. Frontiers in Pediatrics. 5, pp. 223.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit