PSVT - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Mei 10, 2019 Update terakhir: Apr 30, 2020 Waktu baca: 4 menit

Episode denyut jantung yang lebih cepat dari normal mencirikan paroksismal supraventrikular takikardial (PSVT). PSVT adalah jenis denyut jantung abnormal yang cukup umum. Ini dapat terjadi pada usia berapa pun dan pada orang yang tidak memiliki kondisi jantung lainnya.

Sinus jantung biasanya mengirimkan sinyal listrik untuk memberi tahu otot jantung kapan berkontraksi. Pada PSVT, jalur listrik menjadi abnormal menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dari normal. Episode denyut jantung yang cepat dapat berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa jam. Seseorang dengan PSVT dapat memiliki denyut jantung setinggi 250 denyut per menit (bpm). Tingkat normal adalah antara 60 dan 100 bpm.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Paratusin merupakan obat untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertain batuk. Beli obat ini GRATIS* ongkir ke seluruh Indonesia.

Paratusin tablet 3

PSVT dapat menyebabkan gejala tidak nyaman, tetapi biasanya tidak mengancam jiwa. Kebanyakan orang tidak membutuhkan perawatan jangka panjang untuk PSVT. Ada beberapa obat dan prosedur yang mungkin diperlukan dalam beberapa kasus, terutama jika PSVT mengganggu fungsi jantung.

Istilah "paroxysmal" berarti bahwa itu hanya terjadi dari waktu ke waktu.

Apa faktor risiko dan penyebab timbulnya paroksismal supraventrikular takikardia  ?

PSVT mempengaruhi sekitar 1 dari setiap 2.500 anak-anak. Kondisi ini paling sering pada bayi baru lahir dan bayi. Sindrom Wolff-Parkinson-White (WPW) adalah jenis PSVT yang paling umum pada anak-anak dan bayi.

PSVT lebih sering terjadi pada orang dewasa di bawah usia 65 tahun. Orang dewasa di atas usia 65 lebih cenderung mengalami atrial fibrilasi (AFib).

Pada jantung normal,  sinus mengarahkan sinyal listrik melalui jalur tertentu. Ini mengatur frekuensi denyut jantung Anda. Jalur ekstra sering muncul pada takikardia supraventrikular yang dapat menyebabkan denyut jantung PSVT yang abnormal cepat.

Ada obat-obatan tertentu yang beresiko menimbulkan PSVT. apabila ketika diminum dalam dosis besar, seperti obat jantung digitalis (digoxin) dapat menyebabkan episode PSVT. Kondisi lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko episode PSVT:

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Paratusin merupakan obat untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertain batuk. Beli obat ini GRATIS* ongkir ke seluruh Indonesia.

Paratusin tablet 3

Apa saja gejala  paroksismal supraventrikular  takikardi?

Gejala PSVT serupa dengan adanya serangan rasa gelisah yang meliputi:

  • palpitasi jantung
  • denyut nadi yang cepat
  • perasaan sesak atau sakit di dada
  • Kegelisahan
  • sesak napas

Dalam kasus yang lebih serius, PSVT dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan karena aliran darah yang buruk ke otak.

Terkadang, seseorang yang mengalami gejala PSVT menunjukkan kekeliruan pada kondisi dengan serangan jantung, terutama jika ini merupakan episode pertama PSVT. Jika nyeri dada Anda parah, Anda harus selalu pergi ke ruang gawat darurat untuk melakukan uji klinis.

Diagnosis Paroksismal Supraventrikular Takikardi

Jika Anda mengalami episode denyut jantung yang cepat selama pemeriksaan, dokter Anda akan dapat mengukur denyut jantung Anda. Jika hasil pemeriksaan denyut jantung sangat tinggi, mereka mungkin mencurigai PSVT.

Untuk mendiagnosis PSVT, dokter Anda melakukan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG), yang merupakan pemeriksaan pada  kelistrikan jantung. TEs ini dapat membantu menentukan adanyamasalah ritme yang menyebabkan denyut jantung Anda yang cepat.

PSVT hanyalah satu dari banyak penyebab denyut jantung cepat yang tidak normal. Dokter Anda juga kemungkinan akan melakukan tes ekokardiogram, atau ultrasound jantung, untuk mengevaluasi ukuran, pergerakan, dan struktur jantung Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Dapatkan Obat Jantung Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 10

Jika Anda memiliki irama atau denyut jantung yang tidak normal, dokter Anda mungkin merujuk Anda ke spesialis jantung. Dokter jantung dapat melakukan studi elektrofisiologi (EPS). yang memungkinkan dokter Anda mengevaluasi irama jantung Anda dengan memeriksa jalur listrik jantung Anda.

Dokter Anda juga dapat memonitor denyut jantung Anda selama periode waktu tertentu. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan monitor Holter selama 24 jam atau lebih. Selama waktu yag ditentukan, terdapat sensor yang terpasang di dada Anda dan perangkat peredam kecil untuk mengukur denyut jantung Anda. Dokter Anda akan menilai rekaman untuk menentukan apakah Anda memiliki PSVT atau jenis irama abnormal lainnya.

Penanganan Paroksismal Supraventrikular Takikardi

Anda mungkin tidak memerlukan perawatan jika  hanya muncul episode minimal. Perawatan mungkin diperlukan jika Anda memiliki kondisi mendasar yang menyebabkan PSVT atau gejala yang lebih parah seperti gagal jantung atau pingsan.

Jika Anda memiliki denyut jantung yang cepat tetapi gejalanya tidak parah, dokter Anda dapat menunjukkan teknik yang disebut manuver Valsava untuk mengembalikan denyut jantung. Ini dilakukan dengan cara menutup mulut Anda dan hidung Anda lalu mengejan dan mengeluarkan napas anda sekuat tenaga. Lakukan metode ini dalam posisi duduk dan menekuk tubuh Anda ke depan. Cara ini dapat anda lakukan di rumah.

Anda juga dapat mencoba batuk sambil duduk dan membungkuk ke depan. Atau memberikan air es ke wajah Anda untuk membantu menurunkan denyut jantung Anda. Perawatan untuk PSVT termasuk obat-obatan, seperti atau flecainide atau propafenone, untuk membantu mengatur denyut jantung Anda.

Prosedur lainnya seperti ablasi kateter frekuensi radio adalah cara yang umum untuk memperbaiki PSVT secara permanen. Ini dilakukan dengan cara yang sama seperti EPS. Prosedur ini dilakukan dokter Anda dengan menggunakan elektroda untuk menonaktifkan jalur listrik yang menyebabkan PSVT.

Jika PSVT Anda tidak merespons terhadap perawatan lain, dokter Anda dapat menanamkan alat pacu jantung ke dalam dada Anda untuk mengatur denyut jantung Anda.

PSVT tidak mengancam jiwa. Namun, jika Anda memiliki kondisi jantung yang mendasarinya, PSVT dapat meningkatkan risiko gagal jantung kongestif, angina, atau ritme abnormal lainnya. Kondisi ini tergantung pada kesehatan Anda secara keseluruhan dan pilihan perawatan yang tersedia.


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Paroxysmal supraventricular tachycardia (PSVT) Information. Mount Sinai Health System. (Accessed via: https://www.mountsinai.org/health-library/diseases-conditions/paroxysmal-supraventricular-tachycardia-psvt)
Hafeez Y, Grossman SA. Paroxysmal Supraventricular (PSVT) [Updated 2019 Dec 5]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2020 Jan-. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK507699/)
Supraventricular tachycardia - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (Accessed via: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/supraventricular-tachycardia/symptoms-causes/syc-20355243)

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app