Pruritic Urticarial Papules And Plaques Of Pregnancy (PUPPP) - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 27, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 683.913 orang

Pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP) atau disebut juga papula urtikaria pruritus dan plak pada masa kehamilan merupakan kondisi dimana terdapat ruam gatal yang muncul pada stretch mark di perut yang terjadi selama masa kehamilan.

Penyebab dan faktor resiko Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPP)

Meskipun penyebab pasti dari PUPPP masih tidak diketahui. Ruam PUPPP biasanya terbentuk pertama kali di stretch mark, atau striae, dan cenderung berkembang pada trimester ketiga kehamilan, ketika bayi tumbuh cepat pada trimester tersebut. Ruam PUPPP terjadi pada sekitar 1 dari setiap 150 kehamilan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Nama lain untuk kondisi ini adalah:

  • Nurse’s late-onset prurigo
  • Bourne’s toxemic rash of pregnancy
  • Toxic erythema of pregnancy
  • Polymorphic eruption of pregnancy

Beberapa wanita lebih beresiko mengalami ruam PUPPP dibandingkan wanita yang lain. Faktor risiko tersebut meliputi:

  • Hamil anak laki-laki
  • Kehamilan pertama
  • Hipertensi pada kehamilan
  • Hamil kembar
  • Kenaikan berat badan yang cepat pada masa kehamilan

Tanda dan gejala Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPP)

Biasanya, ruam PUPPP akan muncul selama trimester ketiga kehamilan. Tingkat pertumbuhan bayi sangat cepat pada trimester ini, terutama selama lima minggu masa terakhir kehamilan. 

Ruam PUPPP paling mungkin terjadi selama masa kehamilan pertama dan selama masa kehamilan kembar, di mana kulit menjadi lebih meregang.

Selama masa kehamilan, kadang-kadang kulit meregang lebih cepat daripada biasanya. Kondisi ini dapat menyebabkan stretch mark muncul. Ruam PUPPP biasanya mulai muncul pada daerah perut dan menyebar ke ekstremitas lain dalam waktu beberapa hari.

Ruam biasanya muncul berupa bintik-bintik kecil seperti jerawat merah muda yang muncul pada stretch mark. Bintik-bintik tersebut sangat mirip dengan biduran. Yang pada akhirnya, ruam tersebut akan mulai menyatu, membentuk area yang besar, dan merah, dengan bentuk seperti plak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Lepuhan kulit kadang-kadang juga bisa terbentuk di sekitar ruam. Plak-plak ini kemudian dapat menyebar dari perut ke daerah lain seperti:

  • Pantat
  • Paha
  • Lengan
  • Kaki

Biasanya, ruam tidak akan menyebar melebihi daerah payudara Anda.

Ruam PUPPP biasanya sangat gatal, terutama di malam hari. Seiring dengan pertumbuhan perut pada masa kehamilan, kondisi tersebut mungkin akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan istirahat malam yang baik.

Cara mencegah terjadinya Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPP)

Sampai saat ini masih tidak diketahui secara pasti cara yang tepat untuk mencegah terjadinya Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPP)

Cara mengobati Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPP)

Diagnosa

Dokter Anda biasanya akan mendiagnosis ruam PUPPP dengan memeriksa kulit Anda. Biasanya tidak diperlukan pemeriksaan lebih lanjut pada ruam tersebut. Tetapi dokter mungkin perlu menyingkirkan adanya infeksi lain, seperti infeksi jamur atau kudis.

Dokter Anda mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan darah untuk menyingkirkan adanya infeksi lain, pemeriksaan tersebut termasuk:

  • Pemeriksaan darah lengkap
  • Tes fungsi hati
  • Kortisol serum
  • Serum human choriogonadotropin (HCG)

Pengobatan

Pengobatan utama untuk ruam PUPPP yaitu dengan melahirkan bayi Anda. Biasanya setelah Anda melahirkan, ruam PUPPP akan hilang dalam waktu satu hingga dua minggu. Tetapi beberapa wanita mungkin akan kehilangan ruam tersebut hingga beberapa minggu setelah melahirkan.

Sementara itu, Anda dapat mengontrol gejala Anda dengan mencoba pengobatan yang berikut:

  • Pelembab. Anda bisa mengoleskan pelembab untuk mengurangi rasa gatal pada kulit.
  • Steroid topikal. Krim yang mengandung steroid, seperti krim hidrokortison 1 persen, dapat dioleskan pada bercak-bercak di kulit untuk membantu mengurangi rasa gatal.
  • Antihistamin. Obat-obatan ini bisa menghilangkan rasa gatal, tetapi selalu konsultasikan ke dokter sebelum mengkonsumsinya. Contoh obat yang dianggap aman selama masa kehamilan termasuk diphenhydramine (Benadryl) dan cetirizine (Zyrtec).
  • Mandi untuk menghilangkan gatal. Kompres basah yang dingin mungkin juga dapat membantu. Meskipun akan terasa sulit, hindarilah menggaruk ruam pada daerah perut Anda. Menggaruk hanya akan membuat gejala ruam semakin memburuk.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan obat steroid oral untuk menghilangkan rasa nyeri dan gatal yang terkait dengan kondisi tersebut. Tetapi obat tersebut biasanya hanya diresepkan untuk wanita yang mengalami gejala yang parah termasuk rasa gatal yang hebat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit