Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Makanan dan Diet Sehat

Pilihan Sayur Rendah Karbohidrat untuk Penderita Diabetes

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pilihan Sayur Rendah Karbohidrat untuk Penderita Diabetes

Sayur kaya akan vitamin, mineral dan zat-zat lain yang penting bagi metabolisme dan kesehatan tubuh. Namun beberapa sayuran juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi untuk ukuran penderita diabetes. Hal ini dikarenakan penderita diabetes memang harus mengurangi asupan karbohidrat hariannya. 

Diet rendah karbohidrat bermacam-macam ada beberapa orang yang dietnya harus di bawah 20 gram/hari ataupun di bawah 150 gram/hari. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang diet rendah karbohidrat karena diabetes, anda sebaiknya mengetahui jenis sayur apa saja yang cocok untuk dikonsumsi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan kandungan vitamin K. Kandungan nutrisinya yang tinggi membuat bayam berguna untuk mencegah kerusakan DNA serta melindungi jantung. Bayam juga berguna menjaga kesehatan mata seperti menurunkan risiko penyakit katarak serta degenerasi macular.

Dalam setiap 180 gram bayam terkandung vitamin K yang melebihi angka kecukupan gizi hingga 10 kali. Kandungan karbohidrat bayam juga rendah hanya saja jumlahnya akan meningkat ketika direbus karena bayam menjadi lebih pekat akibat kehilangan volume. 

Misalnya kandungan karbohidrat bayam rebus sebesar 7 gram sementara bayam sebelum direbus sebesar 1 gram.

2. Timun

Timun berfungsi untuk mencegah kanker dan juga melindungi tubuh dari peradangan. Timun juga bermanfaat untuk melindungi otak. Dalam setiap 104 gram timun terkandung karbohidrat sebanyak 4 gram dan termasuk serat di dalamnya sebanyak 1 gram. 

Kandungan senyawa terbaik dalam timun berupa cucurbitacin E yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

3. Kubis

Kubis merupakan sayuran jenis cruciferous yang tinggi akan Vitamin C dan Vitamin K yang bermanfaat menurunkan risiko kanker seperti kanker esophagus dan kanker perut

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kubis mengandung sejumlah 54% AKG vitamin C serta jumlah Vitamin K sebanyak 85% AKG. Dalam setiap 89 gram kubis mentah terkandung karbohidrat sebanyak 5 gram dan juga serat sebanyak tiga gram.

4. Asparagus

Sayuran asparagus dikenal kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Asparagus bahkan terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan beberapa jenis kanker dalam tubuh. 

Sementara penelitian terhadap tikus menunjukkan sayuran asparagus dapat menurunkan rasa cemas dan juga melindungi otak. Dalam setiap 180 gram Asparagus, terdapat 8 gram karbohidrat dimana 4 diantaranya merupakan serat yang bermanfaat untuk pencernaan.

5. Kembang Kol

Kembang kol termasuk ke dalam jenis sayuran seperti sayur kubis yaitu cruciferous. Seperti kebanyakan sayuran jenis crusiferous yang lain, manfaat kembang kol bagi kesehatan adalah dapat mengurangi risiko kanker dan terkena serangan jantung

Kembang kol juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti kandungan Vitamin C dan Vitamin K yang tinggi. Dalam setiap kembang kol terkandung Vitamin C sebesar 77% AKG. 

Karena memiliki tekstur dan rasa yang ringan, kembang kol sering dijadikan sebagai pengganti makanan berat tinggi karbohidrat lain seperti nasi, kentang, jagung dan sebagainya. Kandungan karbohidrat dalam 100 gram kembang kol mentah yaitu 5 gram dengan 3 gram di antaranya merupakan serat.

6. Brokoli

Satu lagi yang masuk ke dalam jenis sayuran cruciferous yang bermanfaat bagi penderita diabetes tidak hanya karena rendah karbohidrat tapi juga dapat menurunkan resistensi insulin untuk penderita diabetes tipe 2

Seperti kebanyakan sayur cruciferous lain, brokoli bermanfaat melindungi tubuh dari berbagai kanker seperti kanker prostat.

Dalam setiap 91 gram brokoli terkandung karbohidrat sebanyak 6 gram dengan 2 gram di antaranya mengandung serat. Bahkan, kandungan vitamin C dan vitamin K dalam brokoli melebihi 100% AKG.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Best vegetables for type 2 diabetes: Choices, benefits, and meal tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317225.php)
A Guide to Healthy Low-Carb Eating with Diabetes. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/low-carb-diet-for-diabetes)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Cek Fakta Lengkap Diet Karbohidrat dan Cara Melakukannya
Cek Fakta Lengkap Diet Karbohidrat dan Cara Melakukannya

Asupan karbohidrat saat diet karbohidrat sebaiknya dibatasi hingga 60 sampai 130 gram. Jumlah karbohidrat ini mengandung kalori sebanyak 240 sampai 520 kalori. Jangan mengurangi asupan karbohidrat hingga kurang dari 60 gram per harinya.

Manfaat Karbohidrat Kompleks Yang Tak Banyak Orang Tahu
Manfaat Karbohidrat Kompleks Yang Tak Banyak Orang Tahu

Ditinjau dari komponen penyusun maupun jenisnya, berikut ini adalah manfaat karbohidrat kompleks bagi kesehatan: