Perlu Anda Ketahui, Berikut Ini Adalah Beberapa Penyebab Langit-langit Mulut Membengkak

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Perlu Anda Ketahui, Berikut Ini Adalah Beberapa Penyebab Langit-langit Mulut Membengkak

Area rongga mulut terdiri dari beberapa bagian, seperti gigi, lidah, gusi, dan langit-langit mulut. 

Langit-langit mulut terdiri dari dua lempengan di mana di bagian depannya merupakan lempengan tulang sedangkan di bagian belakangnya merupakan lempengan lunak yang berfungsi untuk memisahkan rongga mulut dengan rongga hidung. 

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Langit-langit mulut juga dapat mengalami pembengkakan seperti halnya gusi dan lidah. Apa penyebabnya ? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab bengkaknya langit-langit mulut

Langit-langit mulut yang bengkak bisa terjadi karena beberapa hal misalnya seperti :

Sariawan

Sariawan biasa terjadi di area mulut, misalnya di gusi, lidah atau bibir Anda. Sariawan ada yang hanya luka kecil hingga lebar dan menimbulkan rasa perih yang amat sangat. 

Selain di tiga bagian tadi, sariawan ternyata juga bisa terjadi di bagian atas mulut atau kita sebut dengan langit-langit mulut.

Sariawan di langit-langit mulut memiliki gejala yang serupa dengan sariawan biasanya, yaitu adanya luka terbuka disertai dengan rasa sakit atau perih, lecet, dan terjadinya pembengkakan di langit-langit mulut. 

Sariawan memang terasa sangat mengganggu aktivitas mulai dari berbicara hingga mengunyah makanan. Namun, biasanya sariawan dapat sembuh dan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari kemunculannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Mengalami Trauma/Cedera

Bagian yang sensitif seperti area dalam mulut sangat mudah terluka apalagi jika mengalami goresan, misalnya karena mengunyah makanan yang pinggirannya tajam, makan makanan yang keras. 

Hal tersebut dalam melukai area dalam mulut termasuk bagian langit-langit mulut. Langit-langit mulut juga bisa terluka karena minum minuman yang panas, mengakibatkan pembengkakan atau benjolan di langit-langit yang terasa sakit.

Langit-langit mulut juga bisa mengalami pembengkakan karena penggunaan alat makan yang tajam atau tertusuk, selain itu juga bisa terjadi karena adanya iritasi akibat penggunaan gigi palsu

Pada bagian atas mulut akan timbul jaringan parut dan menyebabkan langit-langit mulut menjadi nyeri dan lebih sensitif.

Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi tidak boleh dianggap sepele dan dibiarkan saja. Dampak yang ditimbulkan bukan hanya mulut menjadi kering, namun juga bisa menimbulkan dampak lainnya seperti terjadinya pembengkakan di langit-langit mulut jika dehidrasi tidak segera ditangani.

Dehidrasi dapat terjadi karena beberapa hal misalnya :

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43
  • Kurang konsumsi cairan;
  • Dampak dari obat-obatan tertentu;
  • Konsumsi alkohol berlebihan; dan
  • Produksi keringat berlebihan.

Pada beberapa kasus, dehidrasi juga dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa lebih lemas bahkan menimbulkan kejang pada otot. Hal ini dikarenakan elektrolit dalam tubuh tidak seimbang.

Papilloma skuamosa

Papilloma skuamosa ini disebabkan karena sebuah virus bernama HPV atau Human Papilloma Virus. 

Papilloma skuamosa merupakan bentuk dari lesi non-kanker yang dapat muncul di bagian atas mulut atau langit-langit mulut sehingga tampak serupa seperti pembengkakan. 

Memang tidak terasa sakit, namun harus tetap waspada dan diperiksakan agar kelak tidak menjadi berbahaya.

Mucoceles

Jika Anda belum mengetahui apa itu Mucoceles, ini merupakan salah satu jenis dari kista yang terjadi di bagian mukosa mulut. 

Mucoceles dapat disebabkan karena adanya iritasi atau peradangan pada kelenjar ludah dalam mulut. Kebanyakan, mucoceles terjadi karena cedera ringan/luka yang kemudian menyebabkan pembengkakan pada daerah langit-langit mulut.

Jika Anda perhatikan dengan seksama, Mucoceles akan terlihat seperti sebuah kelenjar yang berisi penuh cairan atau lendir di dalamnya. 

Namun tak perlu khawatir, kondisi ini tidak terasa sakit dan bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Adanya infeksi jamur

Infeksi jamur pada mulut dianggap  menandakan beberapa penyakit. Munculnya benjolan kecil dengan warna merah atau putih di dalam mulut, termasuk di bagian langit-langit mulut merupakan gejala dari infeksi jamur atau disebut juga kandidiasis oral.

Sebaiknya, Anda segera berkonsultasi dan periksakan kondisi mulut Anda jika dirasakan beberapa gejala seperti sakit perih pada mulut, terdapat benjolan yang berdarah saat tergores makanan atau ketika Anda menyikat gigi, dan apabila Anda menjadi kesulitan untuk makan-minum. 

Jangan sampai bertambah parah atau bahkan berubah menjadi penyakit kronis. Periksakanlah supaya segera mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2015, November 17). Mouth cancer: Symptoms and causes (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mouth-cancer/symptoms-causes/dxc-20157232)
Mayo Clinic Staff. (2014, February 12). Dehydration: Definition (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dehydration/basics/definition/con-20030056)
Mayo Clinic Staff. (2016, February 2). Burning mouth syndrome: Overview (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/burning-mouth-syndrome/home/ovc-20179959)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app