Perhatikan Asupan Makanan Yang Harus Dikontrol Penderita Gangguan Ginjal

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 18, 2019 Waktu baca: 2 menit
Perhatikan Asupan Makanan Yang Harus Dikontrol Penderita Gangguan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang terdapat dalam tubuh manusia. Setiap orang akan dikaruniai sepasang ginjal yang terdapat pada sisi kanan kiri rongga perut. 

Saking pentingnya organ ini, maka akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan apabila fungsinya terganggu. Bahkan, seorang penderita sakit ginjal juga berpotensi mengalami sakit stroke dan juga serangan jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Tahukah Anda, salah satu penyebab masalah pada ginjal dapat dapat dipengaruhi oleh pola makan yang salah. Begitu pula pada penderita gangguan ginjal, akan semakin parah ketika memiliki pola makan yang tidak tepat. 

Di samping itu, penderita gangguan ginjal juga disarankan untuk mengontrol kadar gula darah juga tekanan darahnya supaya penyakit ginjalnya tidak semakin memburuk.

Jenis Makanan yang Harus Dikontrol oleh Penderita Gangguan Ginjal

Seperti yang telah kita ulas di atas, jenis makanan yang dikonsumsi akan menentukan kesehatan ginjal Anda. ada beberapa jenis makanan yang membantu fungsi ginjal menjadi lebih baik, ada pula jenis makanan lain yang berpotensi sebaliknya yaitu membuat kondisi ginjal Anda menjadi lebih buruk. 

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang harus dikontrol oleh penderita sakit ginjal.

Garam dan Makanan dengan Kandungan Natrium

Ketika seseorang menderita gangguan ginjal, maka salah satu hal yang perlu dijaga adalah tekanan darahnya supaya tetap normal. Untuk mendukung tujuan tersebut, berusahalah untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi yang mengandung garam atau natrium. Dengan kata lain, diet garam atau natrium. 

Upaya tersebut sangat membantu dalam menjaga tekanan darah Anda. Namun, disisi lain, seorang penderita gangguan ginjal tetap harus memenuhi kebutuhan natrium per harinya sebesar 2300 mg. Natrium tersebut dapat diperoleh baik dalam garam maupun natrium pada makanan kemasan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Batasi Konsumsi Protein dalam Jumlah dan Jenis yang Tepat

Selain mengontrol konsumsi garam atau natrium, penderita penyakit ginjal juga disarankan untuk membatasi konsumsi protein dan jenis yang tepat. Sebab, asupan protein hanya akan membuat kondisi ginjal menjadi memburuk karena menyebabkan kinerjanya lebih berat. 

Terkait jenis dan jumlah asupan protein per harinya, silakan konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter. Beberapa contoh makanan dengan kandungan protein seperti ayam, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, dan lainnya.

Jenis Makanan yang Dapat Dikonsumsi oleh Penderita Gangguan Ginjal

Disamping menghindari jenis makanan bagi penderita penyakit ginjal, ada juga makanan yang sebaiknya dikonsumsi demi kesehatan ginjal. Apa sajakah contohnya?

Kembang Kol

Salah satu asupan nutrisi yang dianjurkan bagi penderita ginjal adalah kembang kol. Tahukah Anda, rupanya dalam sayuran ini memiliki nutrisi yang kaya. Diantaranya vitamin C, vitamin B, vitamin K, dan juga asam folat. Kol juga memiliki senyawa anti inflamasi serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Blueberry

Selain kembang kol, penuhi pula kebutuhan buah sehari-hari dengan mengonsumsi blueberry. Mengapa? Di dalam buah blueberry ini mengandung zat antioksidan berupa antosianin yang mampu melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung, diabetes, hingga penurunan kemampuan kognitif seseorang. 

Buah ini sangat baik bagi penderita penyakit ginjal karena rendah akan sodium, kalium, serta fosfor.

Putih Telur

Meskipun seorang penderita sakit ginjal diminta untuk membatasi asupan protein, namun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi putih telur. Hal ini dikarenakan dalam putih telur mengandung sumber protein berkualitas tinggi yang ramah terhadap fungsi ginjal. 

Sedangkan banyaknya putih telur yang sebaiknya dikonsumsi sebanyak dua berukuran besar sekitar 66 gram.

Dari ulasan di atas, pastikan seorang penderita penyakit ginjal membatasi asupan nutrisi yang harus dihindari dan mengonsumsi lebih banyak makanan yang baik bagi kesehatan ginjalnya ya!

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Diet - chronic kidney disease. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/ency/article/002442.htm)
The best foods good for kidneys. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325390)
Kidney Disease Diet: Foods for Healthy Kidneys & Foods to Avoid. WebMD. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/diet-and-chronic-kidney-disease#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app