Apa Bedanya Cedera Akibat Patah Tulang dan Keseleo?

Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 24, 2019 Waktu baca: 2 menit
Apa Bedanya Cedera Akibat Patah Tulang dan Keseleo?

Ketika mengalami cedera atau bengkak pada kaki, banyak orang yang langsung beranggapan bahwa hal tersebut terjadi karena tulang yang patah. Padahal, bengkak pada kaki juga bisa terjadi akibat keseleo. Ya, ternyata ada beberapa perbedaan patah tulang dan keseleo yang belum banyak diketahui masyarakat.

Selain itu, hal salah yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah langsung membawa ke tukang urut saat mengalami cedera. Hati-hati, salah penanganan justru bisa menyebabkan cedera semakin parah dan membahayakan kesehatan. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

Sebelum melakukan pengobatan, baiknya pastikan terlebih dahulu penyebab cedera yang Anda alami. Untuk mengetahui perbedaan patah tulang atau keseleo, simak penjelasan berikut.

Perbedaan patah tulang dan keseleo

Satu hal yang sering membuat orang sulit membedakan patah tulang dan keseleo adalah karena keduanya sama-sama menyebabkan rasa nyeri dan bengkak. Jadi, Anda tidak bisa berpatokan pada kedua hal tersebut untuk menentukan apakah Anda mengalami keseleo atau patah tulang.

Supaya tidak bingung, berikut perbedaan patah tulang dan keseleo:

Cedera karena patah tulang

Cedera kaki yang disebabkan oleh patah tulang memiliki tanda atau gejala khusus, seperti mendengar bunyi "krek" saat terjatuh. Rasa nyeri yang ditimbulkan juga lebih parah dari sekadar keseleo biasa.

Pada area kaki yang patah akan muncul memar dan bengkak, bahkan kadang sampai mati rasa. Cedera kaki yang disebabkan patah tulang akan membuat Anda kesulitan untuk berjalan bahkan tidak kuat menopang beban tubuh sendiri.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyebab cedera yang terjadi. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat, sehingga cedera bisa cepat disembuhkan dan patahan tulang tidak akan melebar. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Pengobatan patah tulang umumnya membutuhkan waktu yang lama. Biasanya, cedera akan membaik setelah menjalani pengobatan selama 6 minggu sampai beberapa bulan. 

Namun untuk kasus cedera patah tulang pada anak-anak dan remaja, waktu penyembuhannya bisa jadi lebih cepat karena masih dalam masa pertumbuhan. Mengkonsumsi susu tinggi kalsium juga dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan cedera patah tulang.

Penting dicatat bahwa sebaiknya hindari mengobati cedera patah tulang di tukang urut. Memijat bagian tulang yang patah akan menyebabkan patahan semakin melebar dan meluas. Hal ini berisiko menyebabkan komplikasi, bahkan Anda dapat kehilangan anggota gerak yang cedera.

Baca Juga: Tips Agar Patah Tulang Cepat Sembuh

Cedera karena keseleo

Cedera kaki akibat keseleo biasanya terjadi ketika ligamen robek, tertarik, atau terpelintir. Hal ini biasanya disebabkan karena ligamen mengalami tekanan berlebih atau dipaksa melakukan aktivitas yang berat. Olahraga berat, terjatuh, atau terpelintir saat beraktivitas juga dapat menyebabkan cedera pada ligamen.

Sama seperti kasus patah tulang, cedera kaki akibat keseleo biasanya menimbulkan rasa nyeri dan memar. Namun bedanya, cedera kaki akibat keseleo juga menyebabkan bengkak dan perubahan warna kulit pada bagian tubuh yang keseleo.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Gejala atau tanda cedera kaki akibat keseleo biasanya tidak separah cedera karena patah tulang, sehingga pengobatannya juga lebih sederhana. Anda dapat mengompres bagian yang keseleo dengan air dingin. 

Selain itu, mengistirahatkan kaki juga perlu dilakukan untuk mencegah cedera semakin parah. Bisa juga dengan meminum obat pereda nyeri guna meringankan rasa sakit pada bagian tubuh yang keseleo. 

Pengobatan cedera keseleo umumnya tidak membutuhkan waktu lama. Namun, waktu penyembuhan bisa jadi semakin lama jika kondisi cedera sudah parah.

Baca Selengkapnya: Cara Benar Mengobati Keseleo (Terkilir)

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Broken Foot Symptoms: What to Expect. Healthline. (https://www.healthline.com/health/broken-foot-symptoms)
Broken Ankle vs. Sprain: Symptoms and Recovery Time. eMedicineHealth. (https://www.emedicinehealth.com/ankle_fracture/article_em.htm)
What's the Difference Between a Fracture and a Break?. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/whats-the-difference-between-a-fracture-and-a-break-1298211)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app