HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Cara Penanganan Cedera Lutut yang Membuat Sendi Menjadi Sakit

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Penanganan Cedera Lutut yang Membuat Sendi Menjadi Sakit

Cedera lutut paling banyak dialami pada area anterior cruciate ligament (ACL). Selain itu, cedera lutut juga banyak dialami oleh struktur penyusun lutut lainnya seperti tulang keras maupun tulang rawan. Orang yang mengalami cedera lutut akan menyebabkannya kesulitan berjalan serta menghambat aktivitas kesehariannya.

Rasa yang Dialami Akibat Cedera Lutut

Penyebab dari timbulnya rasa sakit saat cedera lutut bisa diakibatkan oleh adanya pergeseran maupun retak pada tulang lutut, jaringan saraf yang terjepit, maupun urat yang sobek di dalam lutut. Akibat yang dirasakan dari cedera lutut seperti memar, nyeri dan bengkak pada lutut. Ini merupakan gejala umum yang dialami seseorang saat mengalami cedera lutut. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

Mati rasa pada tungkai bagian bawah juga merupakan gejala lain yang dialami seseorang saat cedera lutut. Rasa lemah, kesemutan serta dingin pada tungkai kaki bagian bawah juga bisa dialami akibat cedera lutut.

Seseorang dapat mengalami cedera lutut dikarenakan beberapa sebab seperti adanya benturan langsung yang terjadi ke lutut. Selain itu, aktivitas menekuk lutut ketika lutut tidak siap, menggunakan lutut sebagai tumpuan ketika memutar tubuh maupun karena terjatuh bisa menjadi penyebab terjadinya cedera lutut.

Jenis-jenis Cedera Lutut

Cedera lutut memiliki berbagai macam jenis bergantung pada jaringan yang mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan lutut tersusun dari beberapa jaringan sehingga kerusakan pada jaringan lutut akan menimbulkan jenis cedera yang membutuhkan penanganan berbeda.

Keseleo

Keseleo merupakan jenis cedera lutut yang paling umum kita dengar di masyarakat. Keseleo sendiri adalah cedera lutut yang terjadi pada bagian ligament. Ligamen merupakan jaringan ikat yang fungsinya adalah untuk menyatukan semua bagian dari lutut. Ada tiga tingkat keseleo berdasarkan tingkat kerusakan ligament.

  • Keseleo tingkat satu: Lutut masih cenderung stabil karena hanya terjadi regangan pada bagian ligament dan tidak menimbulkan sobekan. Akibatnya lutut akan merasakan nyeri
  • Keseleo tingkat kedua: Terdapat beberapa serat ligament yang mengalami sobek sehingga lutut akan mengalami ketidakstabilan
  • Keseleo tingkat ketiga: Ligamen mengalami sobekan yang parah

Tegang pada Otot Lutut

Tegang pada otot lutut terjadi akibat peregangan yang dilakukan menekuk serta merentangkan otot dan tendon di sekitar lutut terlalu dalam. Akibat dari tegang otot lutut adalah rasa sakit yang teramat sangat hingga menyulitkan berjalan dan bergerak.

Bursitis

Bursitis merupakan peradangan dan infeksi yang terjadi pada kantung berisi cairan lutut atau bursa. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Kantung berisi cairan lutut ini bekerja sebagai peredam tekanan yang melumasi jaringan yang membentuk lutut sehingga dapat mengurangi gesekan antara otot dan tendon di sekitar sendi. Letak bursa ini sendiri ada yang ada di ujung tulang kering dan atas tempurung lutut.

Dislokasi pada tempurung lutut

Dislokasi tempurung lutut umumnya disebabkan oleh cedera akibat olahraga maupun terjadi kecelakaan. Dislokasi sendiri yakni terjadinya pergeseran atau perpindahan lokasi dari tempurung lutut atau patella ke sisi lutut. Untuk penanganan dan penyembuhan dislokasi tempurung lutut, maka dilakukan fisioterapi.

Penanganan Cedera Lutut

Cara di bawah ini merupakan teknik penanganan sendiri selama dua hingga tiga hari pada cedera lutut ringan.

  • Kompres tempat yang cedera dengan air es selama 15 menit/dua jam sekali untuk mengurangi nyeri akibat pendarahan internal dan bengkak
  • Sebaiknya lutut diperban
  • Posisi berbaring yaitu dengan meletakkan lutut di atas tubuh
  • Istirahatkan sendi
  • Jika cedera cukup parah, maka dokter mungkin akan menyarankan beberapa penanganan seperti fisioterapi, operasi terbuka, operasi arthroskopi hingga penarikan cairan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Knee pain: Common causes and when to see a doctor. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/310653.php)
Chronic Knee Pain: Causes, Symptoms, and Diagnosis. Healthline. (https://www.healthline.com/health/chronic-knee-pain)
Knee Pain & Injuries: Causes, Treatment, & Prevention. WebMD. (https://www.webmd.com/pain-management/knee-pain/knee-pain-causes)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app