Penyakit Hepatitis A Mewabah, Bagaimana Cara Penularannya?

Dipublish tanggal: Jul 1, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 4, 2019 Waktu baca: 2 menit
Penyakit Hepatitis A Mewabah, Bagaimana Cara Penularannya?

Hepatitis A adalah penyakit peradangan hati yang paling ringan tapi juga sangat menular. Artinya, ketika satu orang mulai dicurigai terkena hepatitis A, maka kemungkinan orang-orang di sekitarnya rentan ketularan penyakit yang sama. Bahkan, penyakit ini bisa menjadi wabah jika tidak cepat-cepat ditangani. Lantas, apa penyebab hepatitis A menular dengan cepat? Berikut penjelasannya.

Berbagai penyebab hepatitis A menular

Hepatitis A adalah peradangan pada hati yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Organ hati yang dibiarkan meradang lama-kelamaan bisa rusak dan mengganggu fungsi kerja hati. Alhasil, hati tidak mampu menyaring zat-zat toksik yang masuk dan tubuh bisa mengalami keracunan.

Iklan dari HonestDocs
Paket Vaksin Hepatitis B Di NK Health Klinik

Cegah Penyakit Hepatitis B dengan Vaksin. Paket ini termasuk 3x suntik vaksin Hepatitis B, biaya registrasi, konsultasi dengan dokter, dan pemeriksaan tanda-tanda vital.

Paket vaksin hepatitis b di nk health klinik

Penyakit hepatitis A memang sangat mudah menular, tapi bukan melalui bersin atau batuk. Berikut sejumlah penyebab hepatitis A menular di antaranya:

1. Makanan

Faktor makanan termasuk penyebab hepatitis A menular yang paling utama. Proses penularan ini tidak hanya terjadi ketika Anda mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, tapi juga sejak awal penanaman.

Virus hepatitis A keluar dari tubuh manusia melalui feses. Pada kondisi sanitasi yang buruk, virus hepatitis A dapat terbawa arus air dan masuk ke dalam tanah. Hal ini memungkinkan virus hepatitis terserap oleh tanaman di sekitar pembuangan dan menginfeksi tubuh manusia jika dimakan.

Selain itu, Anda juga dapat tertular hepatitis A jika mengonsumsi makanan yang ditangani oleh penderita hepatitis A. Apabila penderita tidak mencuci tangannya dengan baik, terlebih setelah dari kamar mandi, kemudian langsung menyentuh atau mengolah makanan (seperti sayur atau buah-buahan), maka virus hepatitis bisa berpindah dari tangan ke makanan. Begitu dimakan, virus akan masuk dan siap menginfeksi tubuh.

2. Minuman

Minum air yang terkontaminasi juga bisa membuat seseorang ketularan penyakit hepatitis A. Bongkahan es batu juga dapat membawa virus hepatitis A jika terbuat dari air yang terkontaminasi.

3. Berhubungan seks dengan penderita 

Selain dari makanan dan minuman, virus hepatitis A juga bisa menular lewat hubungan seks. Apabila pasangan Anda terkena hepatitis A, sebaiknya hindari berhubungan intim dulu supaya Anda tidak terkena penyakti yang sama. Segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengenai hal ini.

Iklan dari HonestDocs
Paket Vaksin Hepatitis B Di NK Health Klinik

Cegah Penyakit Hepatitis B dengan Vaksin. Paket ini termasuk 3x suntik vaksin Hepatitis B, biaya registrasi, konsultasi dengan dokter, dan pemeriksaan tanda-tanda vital.

Paket vaksin hepatitis b di nk health klinik

Baca Juga: Apakah Berhubungan Intim dengan Penderita Hepatitis Dapat Menular?

Berapa lama virus hepatitis A bisa menular ke orang lain?

Virus hepatitis A mampu bertahan hidup di luar tubuh selama berbulan-bulan. Itulah alasannya mengapa seseorang bisa sangat mudah tertular hepatitis A, apalagi jika dalam kesehariannya ia hidup di sekitar penderita.

Terlebih lagi, gejala hepatitis A tidak langsung muncul ketika virusnya masuk ke dalam tubuh. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2-7 minggu untuk memunculkan gejala.

Tanda dan gejala hepatitis A yang perlu di waspadai adalah:

Meskipun gejalanya belum muncul, penderita ternyata sudah bisa menularkan virus hepatitis A ke orang lain. Hal inilah yang membuat kita sulit mengetahui kapan pastinya seseorang telah terkena virus hepatitis. Akibatnya, penyakit hepatitis A baru diketahui setelah mewabah di masyarakat.

Kabar baiknya, seseorang tidak bisa terkena hepatitis A dua kali. Jika Anda pernah mengalaminya di masa lalu dan telah dinyatakan sembuh, tubuh secara alami akan membentuk antibodi yang melindungi tubuh Anda dari paparan virus hepatitis A di masa mendatang. Ketika nantinya virus hepatitis A datang, maka antibodi tadi akan membentengi tubuh dengan melawan zat asing supaya tubuh tidak terinfeksi.

Baca Selengkapnya: Gejala Hepatitis A, B, dan C Serta Penularannya

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WHO - WHO PublicationsRSSYouTubeTwitterFacebookInstagramLinkedInPrintEmailFacebookTwitterAddThisRSSYouTubeTwitterFacebookInstagramLinkedIn. World Health Organization (WHO). (https://www.who.int/csr/resources/publications/hepatitis/en/)
Hepatitis A. World Health Organization (WHO). (https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hepatitis-a)
A brief history of hepatitis milestones. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24373076)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app