Kesehatan Fisik

Penyebab Flu dan Cara Mencegahnya

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Flu dan Cara Mencegahnya

Penyakit flu atau Influenza sebenarnya berbeda dengan pilek biasa (common cold). Memang ini akan membingungkan bagaimana membedakannya, karena gejalanya sangat mirip sehingga sulit dibedakan namun tetap ada bedanya, karena memang penyebab flu dan pilek itu berbeda.

Apa Penyebab Flu?

Jenis virus penyebab flu berbeda dengan common cold, pilek memiliki banyak penyebab yaitu lebih dari 100 jenis virus sedangkan influenza hanya disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, dan C.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Virus tipe A dan B yang bertanggung jawab menyebabkan wabah penyakit flu. Sedangkan jenis virus flu C lebih stabil dan biasanya menyebabkan gangguan sistem pernafasan yang ringan. Entah kebetulan atau bagaimana, vaksin influenza untuk mencegah flu hanya dapat membantu melindungi seseorang dari virus tipe A dan tipe B (flu yang berat), dan tidak ada imunisasi atau vaksin flu untuk virus influenza tipe C.

Bagaimana Cara Penularan Flu?

Flu adalah penyakit yang sangat menular, penularan melalui pernafasan dan kontak. Virus flu akan menyebar ketika seseorang yang terkena flu batuk atau bersin kemudian tetesan ingus atau cairan yang terinfeksi terhirup oleh orang lain disekitarnya secara langsung.

Bisa juga tetesan air bersin atau sekret mencemari benda-benda sekitar, atau mencemari tangan penderita karena memegang hidung atau bersin dengan menutup hidung atau mulut dengan tangan, ketika orang lain bersalaman dengan dia, maka virus telah berpindah kepada orang lain tersebut.

Bisa juga tangan penderita yang tercemar memegang benda-benda misalnya remote Tv, gagang pintu, pulpen dan sebagainya, sehingga menjadi tercemar. Kemudian jika ada orang lain yang memegang benda tercemar tersebut maka virus telah berpindah ke tangannya.

Penularan bisa terjadi ketika tangan orang lain yang juga ikut tercemar tersebut (tanpa cuci tangan) menyentuh hidung, mata, atau mulut, sehingga virus masuk dan bisa menginfeksi dirinya.

Ingat! virus hanya mengifeksi pada organ tertentu (organ target) sebagai tempat perkembangbiakannya, dalam kasus virus flu ini organ targetnya adalah mukosa saluran pernafasan (hidung, tenggorokan, atau melalui mulut).

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cara penularan tersebut juga mirip dengan flu singapura dan cacar air

Mengapa Flu paling seing menyerang di musim dingin?

Wabah flu lebih sering terjadi pada musim dingin, ada banyak faktor yang mungkin memainkan peran dalam pola musiman penyakit flu. Berikut beberapa alasannya:

  • Virus penyebab flu bertahan lebih lama di dalam ruangan di musim dingin karena kelembaban udara dalam ruangan yang relatif  rendah dibandingkan dengan udara luar.
  • Virus flu dapat tetap bertahan di udara untuk waktu yang lama, kemudian menulari orang lain ketika terhirup. Tetesan virus flu juga bisa menginfeksi dengan mendarat di area tubuh sensitif seperti mata , hidung, atau mulut .
  • Di musim dingin, manusia cenderung lebih lama berada di dalam ruangan, dengan demikian memiliki kontak lebih dekat satu sama lain, yang membuatnya lebih mudah untuk tertular virus flu.

Langkah Pencegahan Flu

Sudah tahu kan apa penyebab flu dan cara penularannya, nah sekarang pasti kebanyang bagaimana cara mencegah penyakit flu. Ada dua cara utama yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan flu, yaitu: kebersihan yang baik, seperti mencuci tangan dan menjaga kebersihan serta melakukan vaksinasi.

Kebersihan yang Baik

Berikut langkah-langkah yang dapat mengurangi penyebaran penyakit flu:

  • Pastikan mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir
  • Tidak menyentuh hidung, mulut, mata, dan daerah wajah sebelum mencuci tangan
  • Bersih permukaan benda-benda yang mungkin tercemar seperti keyboard, telepon dan pegangan pintu secara teratur.
  • Gunakan tisu untuk menutupi mulut dan hidung ketika batuk atau bersin
  • Buang tisu yang telah digunakan dalam kotak sampah sesegera mungkin
  • Jaga jarak dengan orang lain.

Vaksin Flu

Vaksin flu tahunan dapat membantu mengurangi risiko terkena flu setiap tahun, meskipun tidak 100% efektif karena tidak bekerja melawan setiap jenis virus penyebab flu seperti dijelaskan sebelumnya.

Jika sudah terlanjur kena, silahkan baca: Tips Agar Flu Cepat Sembuh

Untuk hasil optimal dianjurkan vaksinasi flu setiap tahun sehingga tetap dilindungi. Virus yang menyebabkan flu bisa berubah atau bermutasi setiap tahun, sehingga flu pada musim yang sekarang ini bisa berbeda dari musim lalu.

53 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Flu. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/flu/)
Influenza (flu) - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/flu/symptoms-causes/syc-20351719)
Flu Symptoms, Treatment, Influenza Vaccine & How Long Does It Last?. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/influenza/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app