Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Kesehatan Fisik

Tips Agar Flu Pilek Cepat Sembuh

Update terakhir: SEP 18, 2019 Tinjau pada SEP 18, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.585.115 orang

Tips Agar Flu Pilek Cepat Sembuh

Saat ini telah tersedia banyak obat untuk mengatasi penyakit flu atau pilek, di media-media masa pun banyak sekali iklan tentang obat flu. Andapun dapat memilih salah satu dari berbagai obat tersebut yang dapat membantu meringankan gejala. Atau Anda tidak suka obat?? Jika demikian, anda dapat memilih pendekatan alami untuk meredakan flu yang anda derita termasuk tips berikut ini.

Berikut adalah beberapa tips agar flu pilek cepat sembuh selain obat.

Jaga kebersihan diri. Mencuci tangan dengan sabun dan mandi 2 kali sehari dapat mengurangi terjadinya penularan.

Buang ingus sesering mungkin Sering-seringlah membuang ingus anda ketika mulai memenuhi hidung, hal ini penting daripada menghisap ingus tersebut dan masuk lagi ketubuh anda. Tentunya hal ini harus dilakukan dengan cara yang benar, yaitu ditiup satu persatu  dengan cara menutup lubang hidung sebelahnya secara bergantian, dan jangan lupa cuci tangan setelah membuang ingus. Karena ingus ini merupakan sarang kuman.

Ber Kumur Berkumur dapat memperingan sakit tenggorokan dan menimbulkan efek lega sementara. Dapat dicba dengan cara, satu sendok teh garam dilarutkan dalam air hangat, kumur empat kali sehari. Untuk mengurangi gatal di tenggorokan, cobalah kumur dengan zat astringent - seperti teh yang mengandung tannin - untuk mengencangkan membran. Atau gunakan obat kumur yang banyak tersedia di pasaran.

Istirahat cukup Istrihatkan tubuh anda ketika anda menderita flu atau pilek dengan tujuan energi yang kita miliki tersebut kita gunakan semaksimal mungkin untuk mengusir penyakit flu dari tubuh kita. Istirahat dengan berbaring di tempat tidur merupakan hal sangat membantu.

Minum air hangat, hindari air dingin (es) Minum air hangat dapat memperlancar aliran darah di bagian yang dilewatinya, dapat juga meredakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi, dan dapat menenangkan membran yang mengalami peradangan sehingga dapat lebih mudah sembuh. Sebaliknya air dingin (es) menyebabkan pembuluh darah menciut sehingga aliran darah kurang lancar akibatnya proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama. Dan perbanyaklah minum air putih (hangat). Konsumsi air putih minimal 2 liter sehari dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Mandi air hangat Flu biasanya disertai dengan demam, secara alami tubuh kita pun menghindari sesuatu yang dingin, seperti air mandi yang dingin. Oleh karena itu, lebih baik mandi menggunakan air hangat selain memberikan rasa yang lebih nyaman, air hangat juga berfungsi melancarkan peredaran darah dan merelaksasikan otot-otot yang tegang.

Tidur Dengan Bantal yang lebih tinggi Tidur dengan bantal yang tinggi ( 2 atau 3 bantal) akan memperlancar saluran pernafasan dan mencegah ingus dan lendir-lendir terkumpul di saluran nafas. Tak heran ketika orang  yang sedang flu mengalami hidung tersumbat ketika tidur dengan bantal yang tidak tinggi.

Perbanyak makan bbuah dan sayur. Buah dan sayur mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Apalagi ketika anda sedang flu, kebutuhan akan vitamin dan mineral sangat penting karena mereka dapat berperan sebagai penguat sistem kekebalan tubuh dan dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Manajemen stress

Mengurangi stress dengan melakukan hobi, berfikir positif dan rekreasi dapat membantu tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan berbagai jenis penyakit.

Ingat, kondisi serius bisa menyamar sebagai flu biasa dan infeksi ringan dapat berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius. Jika Anda memiliki gejala parah atau merasa sakit setiap harinya segeralah berkunjung ke dokter.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit