Hernia : Penyebab, Gejala, dan Macamnya

Update terakhir: Mar 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 783.515 orang

Apa itu Hernia

Hernia adalah keluarnya isi usus dari suatu lubang yang menimbulkan benjolan. Jaringan dari organ dapat keluar dari rongga sehingga menimbulkan kondisi hernia. Hernia terjadi akibat kekuatan dinding otot yang melemah. 

Titik lemah tersebut membuat lapisan otot tidak kuat menjaga isi perut sehingga bagian dari usus akan keluar menjadi sebuah tonjolan. Berbagai jenis hernia dinamakan sesuai lokasi benjolan itu muncul. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Gejala yang timbul juga disesuaikan dengan kondisi hernia yang terjadi dan sirkulasi darah di dalam organ yang masuk ke rongga. Dalam topik ini anda akan mengenali latar belakang mengenai penyakit hernia.

Penyebab Hernia

Selain lemahnya struktur otot yang memiliki peran menjaga organ-organ dalam, terdapat faktor lain yang menyebabkan hernia terjadi. Faktor resiko yang mengundang terjadinya hernia adalah dari adanya tekanan pada bagian dalam tubuh. 

Salah satunya adalah mengangkat beban. Banyak binaragawan/wati dengan rutinitasnya mengangkat beban yang dimana tekanan daerah perut atas dan bawah akan meningkat sehingga menyebabkan hernia. 

Beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan tekanan di daerah perut lainnya yaitu batuk, konstipasi, melahirkan, asites, dan muntah berulang. 

Macam-macam Hernia

Hernia paling sering terjadi pada bagian abdominal atau perut, tetapi juga dapat terjadi pada daerah kelamin atau buah zakar pria. Beberapa perbedaan hernia yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut.

  • Inguinal Hernia
    Inguinal hernia adalah slah satu contoh hernia yang paling sering ditemukan. Kondisi ini terjadi akibat lemahnya otot pinggang sehinga bagian dari usus akan masuk ke ruang iguinal sehingga tampak benjolan. Inguinal hernia sering terjadi pada laki-laki. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • Femoral Hernia
    Fermoral hernia paling sering terjadi pada perempuan dimana lemahnya otot perut dan paha sehingga timbul benjolan di daerah atas paha.

  • Obturator Hernia
    Obturator hernia sering terjadi pada perempuan dimana bagian usus akan masuk ke lubang obturator yang besar di tulang pinggang. Kondisi ini banyak terjadi pada kehamilan yang sering. 

  • Umbilikal hernia
    Hernia umbilikal sering terjadi pada bayi baru lahir dimana terdapat benjolan di daerah pusar.

  • Hernia epigastrum
    Hernia epigastrum terjadi karena kelemahan otot dinding dada di sekita perut atas sehinga muncul benjolan di sekitar bawah ulu hati. 

Sifat Hernia

Sebelum kita mengetahui gejala apa saja yang dirasakan seseorang dengan hernia, anda perlu mengenali apa saja sifat-sifat hernia. Karena dari sifat hernia anda dapat mengetahui kondisi hernia seperti apa yang sedang dialami.

  • Hernia responsible
    Hernia di sini dapat simasukkan kembali secara manual dengan tangan sendiri atau dokter. Nyeri yang dirasakan sangat minim

  • Hernia irresponsible
    Sifat hernia seperti ini berlawanan dengan responsible, dimana benjolan tidak dapat dimasukkan kembali ke rongga perut.
  • Hernia strangulata
    Hernia strangulata dapat terjadi bila isi usus yang terperangkap sudah terjepit sekaligus terpuntir dan tidak bisa dikembalikan ke rongga perut sehingga sirkulasi darah menjadi tidak lancar.

    Hal ini menyebabkan nekrosis karena terhambatnya peredaran darah akibat jepit pada lubang hernia. Seseorang dengan hernia strangulata akan mengeluhkan rasa nyeri disertai demam.

Gejala Hernia

Gejala khusus yang timbul pada hernia yaitu: 

  • Terasa Benjolan
    Benjolan akan terasa pada lokasi sesuai terjadinya hernia, seperti benjolan dilipat paha pada femoral hernia. 

  • Nyeri
    Gejala hernia sangat tidak jauh dari kata nyeri, mungkin nyeri pada hernia responsible tidak terlalu terasa karena dapat mudah dikembalikan. Jika dikondisikan seperti hernia irresponsible atau strangulata, nyeri akan terasa tajam dan terbakar. 

  • Mual dan Muntah
    Rasa mual dan muntah akan dirasakan pada hernia dengan sifat inkarserata dimana terjebaknya bagian isi usus di kantung hernia karena tekanan pada rongga perut.

  • Demam
    Demam dirasakan pada hernia kronis karena ini merupakan tanda-tanda inflamasi atau nekrosis karena telah terjadi terkuncinya hernia di kantungnya, ditambah terhambatnya peredaran darah di bagian usus yang terjebak. 

  • Nyeri ulu hati
    Nyeri ulu hati juga dapat terjadi terutama pada hernia epigastrik karena lokasi hernianya tepat di epigastrum. 

Gejala lain yang mungkin tidak spesifik terjadi antara lain edema, pendarahan, retensi urin, dan urin berdarah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit